MERETAS JALAN PEMBEBASAN (Telaah atas Konsep Khudi menurut Sir Muhammad Iqbal)

Yayah Nurmaliyah

Abstract


Peradaban dunia dalam catatan sejarah pernah menempatkan umat Islam di posisi terdepan dalam peradaban manusia. Belakangan sebuah kenyataan juga tidak terbantahkan ketika umat Islam harus mengakui keunggulan komunitas lain dalam berbagai aspek kehidupan. Sebagai upaya mengembalikan kejayaan masa lalu, Muhammad Iqbal menyeru umat Islam untuk tidak terbuai dengan kegemilangan atau romantika masa lalu dan melarang untuk taqlid buta pada pemikiran masa lalu yang mengakibatkan hilangnya kreasi dan inovasi dalam menghadapi realitas perkembangan zaman. Muhammad Iqbal juga menyeru umat Islam untuk tidak bersikap apriori terhadap Barat, sebaliknya dapat memanfaatkannya dan meresponsnya dengan kritis. Hal ini disebabkan Muhammad Iqbal cukup lama mengikuti pendidikan di Barat yang dipenuhi oleh semangat penelaahan dan penelitian ilmu pengetahuan yang tinggi, sehingga ia dengan jelas melihat dan merasakan langsung bergantinya aktifitas ilmiyah dari Timur ke Barat. Hal ini cukup membuatnya kagum dan menginginkan umat Islam untuk mengikuti semangat Barat dalam melakukan kajian-kajian ilmiyah yang notebene pernah dilakukan sebelumnya. Kendatipun demikian, Muhammad Iqbal juga menyadari bahwa faktor tersebut tidak akan bermanfaat apa-apa apabila umat Islam sendiri tidak memiliki semangat dan kemauan untuk berobah. Keadaan umat Islam dewasa ini disebabkan oleh faktor; internal dan eksternal, sehingga kedua faktor itu harus dibenahi demi mengembalikan kecemerlangan masa lalu. Dengan mengutip QS. Al-Ra’d ayat 11, Muhammad Iqbal mencoba mengembangkan gagasannya mengenai khudi bagi kebangkitan umat. Menurutnya moralitas suatu bangsa ditentukan oleh pandangannya mengenai khudi ini, dan segala sesuatu di alam ini memiliki khudinya sendiri-sendiri. Setiap khudi akan bergerak maju sehingga mencapai titik perkembangan kesempurnaannya.

Keywords


Muhammad Iqbal, Khudi, Kebekuan, Kebangkitan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/tajdid.v20i2.81
Abstract views : 106 times
PDF : 380 times

References


Al-Nadwi, Abu Hasan Ali al-Husni, The Glory of Iqbal, diterjemahkan oleh Suyitno Percikan Kegeniusan Iqbal, Jakarta: Integrita Press, 1985

C.A. Qadir, Filsafat dan Ilmu Pengetahuan dalam Islam, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1998

Danusiri, Epistimologi dalam Tasawuf Iqbal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996

Fauzi, Ihsan Ali dan Nurul Agustina, Sisi Manusiawi Iqbal, Bandung: Mizan, 1992

Hassan, Parveen Feroze, The Political Philosophy of Iqbal, Lahore: Publisher United, 1978

Iqbal, Muhammad, Asrar-I-Khudi, diterjemahkan oleh Bahrum Rangkuti Rahasia-Rahasia Pribadi, Jakarta: Bulan Bintang, 1976

__________, Javid Nameh (Kitab Keabadian), Jakarta: Pustaka Panji Mas, 1987

__________, The Reconstruction of Religious Thought in Islam, New Delhi: Kitab Bhavan, 1981.

__________, The Development of Methaphysic in Persia, Lahore, 1976

K.G. Saiyidain, Iqbals Educational Phylosophy, diterjemahkan oleh MI. Solaeman Percikan Filsafat Pendidikan Iqbal, Jakarta: Bulan Bintang 1985

Khamenei, Sayyid Ali, Iqbal. Filsuf Penyair Kebangkitan Dunia Islam, Jurnal Ulumul Quran, Jakarta: LSAF, 1989.

Langgulung, Hasan, Peralihan Paradigma dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i, dkk, Sebuah Pengantar dalam Pendidikan Islam di Indonesia, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.

Muthahhari, Murtadha, Manusia Sempurna; Pandangan Islam tentang Hakikat Manusia, Jakarta, 2000

Nasution, Harun, Pembaharuan Dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1975

Nurdin, Ashraf, Pujangga Iqbal, Singapura: Pustaka Nasional, 1985


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji. 
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153
Handphone: +62 8126615808
E-mail: tajdid@uinib.ac.id

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

akun pro jepangsantuy4dkkn777data chinaslot pulsahttps://ti.adzkia.ac.id/vendor/clue/hacslot/akun pro kambojapaito warna sgpslot deposit pulsasantuy4dslot gacor 777prediksi hkslot pulsatogel sgphttps://surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-content/products/lagiterbaru/https://karir.ittelkom-sby.ac.id/stocks/https://surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-content/products/lagigacor/https://el.ubharajaya.ac.id/lib/okegacor/https://elearning.metrouniv.ac.id/syariah/course/slot777/https://elearningpps.unimed.ac.id/cache/cobadana/https://disnakbun.rokanhulukab.go.id/togelsini/macaukece/https://sandbox.telkomuniversity.ac.id/jobe/depopulsa/https://elearningpps.unimed.ac.id/cache/cobahong/https://digilib.unila.ac.id/77998/4/index.htmlslot gacorbet88https://pajak.bpkad.jatengprov.go.id/assets/vipthailand/https://conference.univpancasila.ac.id/plugins/malamini/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://poltekpelsumbar.ac.id/assets/css/slothoki/https://elearning.metrouniv.ac.id/syariah/contentbank/templates/lpsantuy/ https://conference.univpancasila.ac.id/plugins/prokambo/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/jasasensaslot gacor malam inijasasensarobopragmahttps://spadav2.unikal.ac.id/pix/demonew/