NEOMODERNISME VERSUS NEOTRADIONALISME; FENOMENA KAUM MUDO DAN KAUM TUO PADA AWAL ABAD 20 DI RANAH MINANG

Andri Ashadi

Abstract


Kaum Mudo , sebagai kelompok modernis tampak inklusif terhadap nilai-nilai modern Belanda misalnya dalam hal pendidikan, namun sangat anti pada kolonialismenya. Sementara Kaum Tuo, resisten terhadap pembaharuan dan modernitas—mengharamkan pakai dasi dan jas—justru kurang resisten terhadap penjajah Belanda. Apakah sikap ambivalen tersebut, hanya sebagai respon terhadap kehadiran Belanda sebagai satu-satunya kekuatan politik, atau merupakan sebuah dialektika. Apakah sikap tersebut hanya sebagai sikap politik atau sekaligus sikap keagamaan? Artikel ini menguji dan mengelaborasi asumsi tersebut dengan menggunakan pendekatan sejarah..

Keywords


kaum Mudo, Kaum Tuo, modernitas, dialektika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/tajdid.v16i1.82
Abstract views : 549 times
PDF : 314 times

References


Abdullah, Taufik, Penyinting, Sejarah dan Masyarakat Lintasan Historis Islam di Indonesia, Jakarta, Pustaka Firdaus, 1987

_______,ed, Islam dan Masyarakat Pantulan Sejarah Indonesia, Jakarta, LP3ES, 1987

_______,Sebuah Diktum”Keramat” dalam Sejarah Intelektual Minangkabau, dalam kumpulan makalah Seminar Reaktualisasi Adat basandi syarak, Syarak Basandi Kitabullah dalam Pembangunan Sumatera Barat, 22-23 Januari, 2000, Bukittinggi (makalah tidak diterbitkan)

______ (ed.), Sejarah dan Masyarakat, (Jakarta; Pustaka Firdaus, 1987

Abna, Bachtiar, Salah Tafsir terhadap Adat Basandi Syarak Penyebab Hancurnya Struktur Masyarakat Minang, dalam kumpulan makalah Seminar Reaktualisasi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah dalam Pembangunan Sumatera barat, 22-23 Januari, Bukittinggi (makalah tidak diterbitkan)

Amran, Rusli, (1981), Sumatera Barat Hingga Plakat Panjang, Jakarta, Sinar Harapan

A.Samad, Irhash dan Danil M.Chaniago, Islam dan Praksis Kultural Masyarakat Minangkabau, Jakarta, Tintamas, 2007

Baidhawy Zakiyuddin, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta, Erlangga, 2005

Andri Ashadi : Neomodernisme versus Neotradisionalisme 43

Bagir, Zainal Abidin dkk, pluralism kewargaan, Yogyakarta, CRCS, 2011

Djokosurjo dkk, Agama dan Perubahan Sosial Studi tentang Hubungan antara Islam, Masyarakat dan Struktur Sosial Politik Indonesia, Yogyakarta, LKPSM, 2001

Daya, Burhanuddin, Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam Kasus Sumatera Thawalib, Yogyakarta, Tiara Wacana, 1990

Djamal Murni, DR.H. Abdul Karim Amarullah Pengaruhnya dalam Gerakan Pembaharuan Islam di Minangkabau pada Awal Abad ke-20, Jakarta, INIS-Leiden, 2002

Hamka, Ayahku, Jakarta, Fa.Wijaya, 1967

Hassan Hanafi, Oksidentalisme Sikap Kita terhadap Tradisi Barat Terj. Jakarta, Paramadina, 1999

Hamka, (1985), Islam dan Adat Minangkabau, Jakarta, Firma Teka

Kementerian Penerangan Indonesia, Propinsi Sumatera Tengah, t.t

Kamaluddin, Syafruddin Halimy, Adat Minangkabau dalam Perspektif Hukum Islam, Padang, Hayfa Press 2005

MT Miron, Miryul, ed, Direktori Minangkabau, Padang, BP-PAAM Batasangkar bekerjasama dengan LKAAM Sumbar, 2012)

Munawar-Rachman, Budhy, Islam Pluralis Wacana Kesetaraan Kaum Beriman, Jakarta, PT Grafindo Persada, 2004

Mansoer, M.D dkk, ed, (1970), Sedjarah Minangkabau, Jakarta, Bhrata

Madjid, Nurcholish, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta, Para-madina, 1995

_______,Pesan-pesan takwa Nurcholish Madjid, Jakarta,Paramadina, 2000), h, 32-33

Navis, A.A. Alam Terkembang Jadi Guru Adat dan Kebudayaan Minangkabau, Jakarta, PT Pustaka Grafitipers, 1986

Noer, Deliar, Gerakan Moderen Islam di Indonesia 1900-1942, Jakarta, LP3ES, 1988


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji. 
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153
Handphone: +62 8126615808
E-mail: tajdid@uinib.ac.id

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

akun pro jepangsantuy4dkkn777data chinaslot pulsahttps://ti.adzkia.ac.id/vendor/clue/hacslot/akun pro kambojapaito warna sgpslot deposit pulsasantuy4dslot gacor 777prediksi hkslot pulsatogel sgphttps://surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-content/products/lagiterbaru/https://karir.ittelkom-sby.ac.id/stocks/https://surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-content/products/lagigacor/https://el.ubharajaya.ac.id/lib/okegacor/https://elearning.metrouniv.ac.id/syariah/course/slot777/https://elearningpps.unimed.ac.id/cache/cobadana/https://disnakbun.rokanhulukab.go.id/togelsini/macaukece/https://sandbox.telkomuniversity.ac.id/jobe/depopulsa/https://elearningpps.unimed.ac.id/cache/cobahong/https://digilib.unila.ac.id/77998/4/index.htmlslot gacorbet88https://pajak.bpkad.jatengprov.go.id/assets/vipthailand/https://conference.univpancasila.ac.id/plugins/malamini/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://poltekpelsumbar.ac.id/assets/css/slothoki/https://elearning.metrouniv.ac.id/syariah/contentbank/templates/lpsantuy/ https://conference.univpancasila.ac.id/plugins/prokambo/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/jasasensaslot gacor malam inijasasensarobopragmahttps://spadav2.unikal.ac.id/pix/demonew/