Kurikulum Pembelajaran Sejarah di Era Digital

Febriani Febriani, Ahmad Nurhuda

Abstract


Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), melalui pendekatan deskriptif analisis, yaitu yang penelitian yang menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi di lapangan sebagaimana adanya. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini yaitu: data primer adalah dosen prodi tadris IPS (sejarah) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pandangan dosen prodi tadris IPS (sejarah) tentang kurikulumpembelajaran sejarah di era digital ini adalah dimana dosen berpendapat bahwa pembelajaran yang dilakukan di era digital ini sangat penting dan baik untuk diikuti, karena pembelajaran di era digital ini bisa membuat dosen atau mahasiswa melakukan proses belajar mengajar dengan mudah, dan untuk mendapatkan materinya juga lebih mudah yaitu dengan membuka jurnal-jurnal di internet yang sesuai dengan materi yang diperlukan. Dan pembelajaran tersebut bisa dilaksanakan dimana saja asalkan ada HP android dan ada jaringannya. Karena pembelajaran digital ini dapat digunakan melalui aplikasi WA, meeting room, dan zoom. Strategi yang dilakukan seperti membuat video dikirim melalui aplikasi WA maupun aplikasi lainnya yang digunakan untuk proses belajar mengajar. Dan evaluasi (penilaian) juga bisa dilakukan dengan cara melihat bagaimana penampilan dalam berdiskusi, melihat bagaimana kesopanan dalam me WA, bagaimana dia aktif dalam berdiskusi, dan bagaimana dia aktif dalam mengerjakan tugas.


Full Text:

PDF Remote


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v2i2.2700
Abstract views : 70 times
PDF : 69 times Remote : 18 times

References


Abdullah Id. 1999. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Bawden. 2008. Information and Digital Literacy: a review of concept. Joournal of Dokementation, 57 (2) 218-259 Tibor Koltay. The Media and the Literacy, Information Literacy and Digital Literacy.

Ibrahim, Sutini. 2011. Belajar, Pengajaran, dan Pembelajaran (Konsep dan Implementasi).Pontianak: Fahruna Bahagia Press.

Margono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Mudlofir Ali. 2012. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta

Ramayulis. 2015.Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Kalam Mulia

Susanto Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Kontruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Yusuf Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Peneletian Gabungan. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Nurhuda, Febriani Febriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.