Gagasan Sistem Among Ki Hajar Dewantara dalam Membangun Pendidikan di Indonesia Sejak 1922 Sampai dengan 2021

Suryadi Fajri, Tuti Trisuryanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh sistem among yang yang merupakan hasil pemikiran tokoh pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian Library Research  dengan mendalami buku-buku yang berkaitan dengn hasil pemikiran Ki Hajar Dewantara. Hasil penelitian diantaranya adalah pegaruhnya dapat kita lihat pada sistem pendidikan nasional di Indonesia sekarang yang tidak lagi menggunakan sistem pendidikan barat secara keseluruhan, akan tetapi memasukan unsur kebudayaan dan budi pekerti dalam dunia pendidikan, dan tidak terlalu mengedepankan intelektualitas tetapi juga dibarengi dengan sikap yang baik. Kemudian penerapan Sistem Among juga dapat dilihat pada pendidikan kepramukaan yang secara jelas memakai semboyan yang menjadi dasar atau menjadi pedoman bagi seorang pamong/pendidik yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v3i1.2833
Abstract views : 1677 times
PDF : 2618 times

References


Affudin, dkk. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitia Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Apriliyanti, Fressi. 2019. Relevansi Pemikiran dan Kebudayaan Ki Hajar Dewantara dalam Menghadapi Era Education 4.0. Malang:Universitas Negeri malang.

A.Shamad, Irhas. 2003. Ilmu Sejarah. Jakarta. Ilmu Sejarah. Jakarta: Hayfa Press

A.Widyamartaya. 1990. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta:Penerbit Kanisius.

Azwar, Syaaifuddin.2010. Metode Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar Offset.

Cong Sajuna, Wayan. 2019. “Fungsi dan Tujuan Pendidikan di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 4, Nomor 1

Daliman. 2015. Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombat.

Darmawan, I Putu Ayub. 2016. “Pandangan dan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara”, Artikel

Ki Hadjar Dewantara,. 1957. Masalah Kebudajaan. Jogjakarta: Madjelis Luhur Persatuan Taman Siswa

Dewantara. Ki Hadjar. (1977). Karya Ki Hadjar Dewantara bagian pertama: pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Eko Mujito, Wawan, “Konsep Belajar Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XI, No. 1, Juni 2014.

Kusumawati, Andriana. 2015. Konsep Pendidikan Budi Pekerti Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jawa Timur: STAIN Ponorogo.

Raharjo, Suparto. 2018. Ki Hajar Dewantara Biografi Singkat 1889-1959. Jogjakarta: Garasi.

Sjamsuddin, Helius. 2016. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Affudin, dkk. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitia Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Apriliyanti, Fressi. 2019. Relevansi Pemikiran dan Kebudayaan Ki Hajar Dewantara dalam Menghadapi Era Education 4.0. Malang:Universitas Negeri malang.

A.Shamad, Irhas. 2003. Ilmu Sejarah. Jakarta. Ilmu Sejarah. Jakarta: Hayfa Press

A.Widyamartaya. 1990. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta:Penerbit Kanisius.

Azwar, Syaaifuddin.2010. Metode Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar Offset.

Cong Sajuna, Wayan. 2019. “Fungsi dan Tujuan Pendidikan di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 4, Nomor 1

Daliman. 2015. Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombat.

Darmawan, I Putu Ayub. 2016. “Pandangan dan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara”, Artikel

Ki Hadjar Dewantara. 1957. Masalah Kebudajaan. Jogjakarta: Madjelis Luhur Persatuan Taman Siswa

Dewantara. Ki Hadjar. (1977). Karya Ki Hadjar Dewantara bagian pertama: pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Eko Mujito, Wawan, “Konsep Belajar Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XI, No. 1, Juni 2014.

Kusumawati, Andriana. 2015. Konsep Pendidikan Budi Pekerti Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jawa Timur: STAIN Ponorogo.

Raharjo, Suparto. 2018. Ki Hajar Dewantara Biografi Singkat 1889-1959. Jogjakarta: Garasi.

Sjamsuddin, Helius. 2016. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suryadi Fajri, Tuti Trisuryanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.