Implementasi Pembiasaan Karakter Peduli Lingkungan melalui Pembelajaran Sejarah Di SMAN 2 Lubuk Basung

Rafly Surya Barkara, Nofriza Efendi

Abstract


Beberapa strategi  konstruktif yang diterapkan berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Pesantren Dr.Muhammad Natsir punya kapasitas mengangkat taraf hidup, mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan masyarakat sekitar melalui program padat modal, padat karya, penanggulangan anak putus sekolah. Melalui pengembangan usaha ekonomi produktif masyarakat sekitar mengenal jenis tanaman baru dan pekerjaan baru sehingga kesejahteraan mereka bisa terangkat dan dapat mempercepat usaha pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan dan pengangguran di wilayah perdesaan. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena peserta didik yang menunjukan indikasi pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan seperti membersihkan halaman sekolah sebelum berbunyi lonceng masuk Pembelajaran Sejarah. Semua kegiatan tersebut dilakukan secara sadar tampa ada  perintah dari guru yang bersangkutan, sehingga menjadi pertanyaan upaya yang dilakukan sekolah dalam mengimplementasikan nilai peduli lingkungan sehingga peserta didik mempunyai rasa peduli lingkungan yang cukup tinggi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembiasaan karakter peduli lingkungan melalui Pembelajaran Sejarah di kelas rendah SMAN 2 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kemudian data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi, selanjutnya dilakukan analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data hasil reduksi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa implementasi pembiasaan karakter peduli lingkungan melalui  Pembelajaran Sejarah dikelas rendah yaitu kegiatan perencanaan dengan mengintegrasikan nilai karakter peduli lingkungan menggunakan  Program tahunan, Program semester, silabus dan RPP sedangkan dalam pelaksanaan Pembelajaran Sejarah dilakukan dengan kegiatan rutin, spontan, keteladanan dan pengkondisian.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v3i1.2943
Abstract views : 163 times
PDF : 281 times

References


Asmani, J.M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta : Diva Press.

Creswell. (2010). Research design. Pendekatan kualitatif., kuantitatif dan mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Belajar.

Dini, P.P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak SMAN 2 Lubuk Basung di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1).

Hasan, S.H. (2011). Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter, Makalah dikemukakan pada Seminar Sejarah Nasional Himpunan Mahasiswa Sejarah, UNNES, 10.

Kunandar. (2011). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kemendiknas. (2010). Penguatan Metodologi Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jakarta.

Maleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad. (2017). Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di SD Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Geografi, 17 (1).

Novika, M.S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Di SD N 14 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. 5 (2).

Nopan, O. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan. 9 (3), :464-468.

Permendikbud. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Jakarta: Republik Indonesia.

Pusat Pengembangan Kurikulum. (2010). Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa bagi Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Imami, N.R. (2017). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia. 11 (1), :35-40.

Septikasari. (2015). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah Terpadu Di SMAN 2 Lubuk Basung. Jurnal prosiding ISBN: 978-602-70471-1-2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rafly Surya Barkara, Nofriza Efendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.