Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis pada Model Pembelajaran Blended Learning

Rani Noviyanti, Taufik Taufik

Abstract


Pembelajaran di masa pandemi covid-19 telah menghadirkan model pembelajaran berbasis digital. Model pembelajaran blended learning merupakan perpaduan pembelajaran luring maupun daring. Penelitian ini bertujuan dalam menjelaskan pentingnya model pembelajaran blended learning dalam pembelajaran sejarah serta contoh rancangan pelaksanaannya pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan yang banyak mengandalakan pengolahan data dari sumber tertulis. Sumber data utama yang digunakan yakni kurikulum dan silabus, sedang data sekundernya adalah buku maupun jurnal yang berkaitan dengan model blended learning. Teknik pengumpulan data menggunakan kartu data melalui fara frasa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan wacana mengenai pentingnya diterapkan model pembelajaran blended learning karena mampu memberikan optimalisasi peserta didik dalam pembelajaran sejarah, kemudian memberikan contoh rancangan dalam pelaksanaan yang berupa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang terterap dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v3i2.3447
Abstract views : 219 times
PDF : 352 times

References


Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. Vol. 7, No. 1. Pp. 855-866.

Akmal, A., Fikri, A., Rahmawati, T., Hendri, Z., & Sari, N. (2021). Measuring Online Learning Readiness During Corona Virus Pandemic: an Evaluative Survey on History Teachers and Students. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol 5, No 1 (2021).

Aqib, Zainal. (2011). Pendidikan Karakter: Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa.

Bandung: Yrama Widya.

Bibi, S, dan Handaru Jati. (2015). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 5. No. 1. Pp. 74-87.

Carman, M. Jared. (2002). Blended Learning Design: Five Key Ingredients. Director, Product Development Knowledge Net. 2.

Chamilia, et.al. (2018). The impact of teaching oriental music using blended learning approach: An experimental study. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 16(1), 81-103.

Edward, C. N., Asirvatham, D., & Johar, M. G. M. (2018). Effect of blended learning and learners’ characteristics on students’ competence: An empirical evidence in learning oriental music. Education and Information Technologies, 23, 2587–2606.

Garrison, D. R, & Vaughan, N. D. (2008). Blended Learning in Higher Education: Framework Principles and Guidelines. San Fransisco. Joyes. Bass.

Harjanto. (2008). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Haughey, M. dan Anderson, T. (1998). Networking Learning: The Pedagogy of the Internet. Montreal: Cheneliere/McGraw-Hill.

Idris, Husni. (2011). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Iqra. Vol. 5. No. 1. 61-73.

Kuntowijoyo. (1995). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Pradnyana, P.B., Marhaeni, A.A.I.N., & Candiasa, I.M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3.

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari, Milya. (2016). Blended Learning, Model Pembelajaran Abad Ke-21 Di Perguruan Tinggi.Ta'dib, Jurnal Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru, Universitas Batusangkar, 17(2), 126-136.

Sari, Milya. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol. 6. No. 1. Pp. 41-53.

Sivapalan, S. (2017) Sustainability, blended learning and the undergraduate communication skills classroom: negotiating engineering undergraduates’ expectations and perceptions. On the Horizon, 25 (1). pp. 7-23.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suprijono, Agus. (2013). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalsme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rani Noviyanti, Taufik Taufik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
email: tarikhuna@uinib.ac.id

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.