Efektivitas Penggunaan Metode Peer Tutoring dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Sejarah pada Kelas XI di MA Hasanah Islamic Boarding School
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan penggunaan Metode Peer Tutoring dalam mengatasi kesulitan belajar Sejarah Pada Kelas XI di MA PK Hasanah Islamic Boarding school. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Pengampu Mata pelajaran Sejarah, dan siswa Kelas XI MA PK Hasanah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan studi dokementasi. Hasil dari penelitian setelah di analisa menunjukkan bahwa penggunaan Metode Peer Tutoring dinilai efektif untuk mengatasi masalah kesulitan belajar Sejarah siswa Kelas XI MA PK Hasanah karena telah memenuhi beberapa syarat belajar yang efektif diantaranya adalah bisa mengantarkan siswa mencapai tujuan mata pelajaran serta bisa membuat siswa lebih atraktif pada saat pembelajaran Sejarah berlangsung di Kelas XI MA PK Hasanah Islamic Boarding School.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/thje.v3i2.3448
Abstract views : 210 times
PDF : 196 times
References
Afifatu, R. (2015). Efektifitas Pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini. Vo. 9 edisi 1.
Alawiyah. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung, Bandar Lampung: Universitas Bandar Lampung.
Andini, D., Endang S. (2018). Kompetensi Pedagogic Guru tehadap Efektivitas Pembelajaran Variabel Kontrol latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1
Arikunto, S. (1982). Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara
Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Praktis), Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, A, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyasa. (2005). Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hakim, T. (2000). Belajar Secara Efektif, Jakarta: Puspa Swara
Hamzah B. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Herlina. (2018). Belajar Yang Efektif, Bandung: UPI.
Huda, F. (2013). Pengertian Dan Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Peer Tutorial. https://fatkhan.web.id.PengertiandanLangkah-langkahMetodePembelajaranPeerTutorial. Diakses pada 14 Juni 2021
Lenggogeni, A, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Teman Sejawat (Peer Tutoring) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar,2021, https/:adesorayalenggogeni.wordpress.com.
Mulyadi. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Malang: Nuha Literasi
Pusparani, I. (2017). Efektivitas Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Berkesulitan Belajar Membaca, Yogyakarta: UNY.
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Sani, R, A. (2013). Inovasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Usman, M, U. (2009). Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya: Bandung.
Yopi, N, F. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic, vol. 2 no. 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Suryadi Fajri, Ekrisna Lisa, Sermal Sermal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.