Peranan Syekh Musthafa Husein Nasution dalam Mengembangkan Pendidikan Islam di Tapanuli Selatan pada Abad Ke-XX

Iwel Septia Damayanti, Buchari Nurdin, Muhammad Kosim

Abstract


Artikel ini menjelaskan dari suatu masalah yaitu masyarakat Tanobato dan sekitar Tapanuli Selatan masih jauh dari ilmu pengetahuan agama, muncullah Syekh Musthafa Husein Nasution yang ingin mendidik masyarakat agar memiliki pengetahuan yang memadai. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Syekh Musthafa Husein Nasution lahir pada tahun 1886 M/1303 H di desa Tanobato, dari pasangan Haji Husein Nasution dan Haji Halimah diberi nama Muhammad Yatim. Waktu kecil ia di didik dan dibesarkan oleh keluarganya sendiri. Pada usia 7 tahun dimasukkan oleh ayahnya ke Sekolah Rakyat (Volk School) Kayulaut. Setelah selesai di jenjang pendidikan tersebut Muhammad Yatim belajar kepada Syekh Abdul Hamid.Karena orang tuanya lebih cenderung untuk belajar agama kepada Syekh Abdul Hamid.Melihat kemauan yang keras dan keiinginannya untuk mendalami agama Islam, gurunya (Syekh Abdul Hamid) menganjurkan untuk belajar ke Makkah.Hal ini sesuai dengan harapan orang tuanya (Haji Husein).Muhammad Yatim berangkat ke Makkah pada bulan Rajab 1319 H (1900 M). Pada tahun 1912 kembali dari Makkah ke Purbabaru mendirikan madrasah yang diberi nama Madrasah Musthafawiyah. 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v3i2.3450
Abstract views : 164 times
PDF : 502 times

References


Anwar, A. (2013). Pembaharuan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri. Surabaya: IAIN SA Press.

Arifin, H, M. (1999). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umu. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, M. (1993). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmuni, Y. (1995). Pengantar Studi Pemikiran dan Gerakan Pembaahruan dalam Dunia Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azra, A. (1999). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milinium Baru. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Bahtiar, I. (2012). Kebijakan Pembaharuan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daliman. (2013). Metode Penelitian Sejarah. Yogyakart: Ombak.

Damapoli, M. (2011). Pesantren Modren IMMIM: Pencetak Muslim Modren. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nasution, H. (1995). Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran. Bandung: Mizan.

Nasution, M, B. (2013). Satu Abad Pesantren Mustafawiyah Purba Baru Mandailing Natal. Purba Baru: Mudir Mustafawiyah.

Pulungan, A. (2012). Syekh Mustafa Husein Nasution, Syekh Abdul Halim Khatib dan Haji Abdullah Mustafa. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Pulungan, A. (2020). Pesantren Mustafawiyah Purba Baru Mandailing. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Soerjono, S. (1998). Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjaun Singkat. Jakarta: Raja Grafindo.

Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iwel Septia Damayanti, Buchari Nurdin, Muhammad Kosim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.