Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah

Andika Dirsa

Abstract


Pendidikan multikultural bagi sekolah adalah suatu supaya yang dapat berperan dalam menanamkan kesadaran dalam masyarakat multikultur dan mengembangkan sikap empati dan toleran untuk menghargai segala perbedaan yang ada. Artikel ini dimaksudkan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural di sekolah. Metodologi yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat di sekolah meliputi nilai keberagaman, nilai empati, dan nilai toleransi. Nilai adalah penentu suasana kehidupan dalam bermasyarakat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v3i2.4095
Abstract views : 116 times
PDF : 191 times

References


Adhani, Yuli. (2014). Konsep pendidikan multikultural sebagai sarana alternatif pencegahan konflik. Sosio Didaktika, 1(1), 111-112.

Al Arifin, Akhmad Hidayatullah. (2012). Implementasi pendidikan multikultural dalam praksis pendidikan di indonesia. Yogyakarta: Madrasah Tsanawiyah Negeri Sleman. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1(1), 75.

Arifudin, Iis. (2007). Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. Jurnal Insania, 12 (2), 5-7.

Banks, James A. (2002). An introduction to Multicultural Education, Boston-London: Allyn and Bacon Press.

Blu, Lawrence. (1991). Antiracism, Multiculturalism, and Interrical Community: Three Educational Values for a Multicultural Society. Boston: University of Massachussets

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. (2009). Handbook of qualitative research. (Terjemahan Dariyatno, dkk.) Jakarta: Pustaka Pelajar.

Desanti, Hapsari. (2016). Implementasi Kebijakan Pendidikan Demokrasi di SMA Kolese De Britto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan. 2 (5), 211-212.

Desanty, Hapsari. (2016). Implementasi kebijakan pendidikan demokrasi di SMA Kolese De Britto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 2 (5), 212.

Mahfud, Choirul. (2016). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Maslikhah. (2007). Quo Vadis Pendidikan Multikultural Rekonstruksi Sistem Pendidikan Berbasis Kebangsaan. Jawa Tengah: IAIN Salatiga Press-JP Books

Naim, Ngainum dan Syauqi, Ahmad. (2008). Konsep dan Aplikasi Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Noel, Jana. (2000). Multicultural Education. Dushkin

Tilaar, H.A.R. (2003). Kekuasaan dan Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo

Tilaar, H.A.R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Grasindo.

Widiastuti. (2013). Analisis swot keragaman budaya Indonesia. Jakarta: Universitas Darma Persada. Jurnal Ilmiah Widya, 1(1), 8-9.

Zamroni. (2011). Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andika Dirsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.