Sejarah Lokal dan Desentralisasi Pendidikan di Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Toi, A. (2010). An empirical study of the effects of decentralization in Indonesian junior secondary education. Educational Research for Policy and Practice. https://doi.org/10.1007/s10671-010-9081-6
Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah dan Permasalahan yang Dihadapi. Jurnal Khazanah Pendidikan, Volume III No.2 Tahun 2011.
Amin, S. (2011). Pewarisan Nilai Sejarah Lokal Melalui Pembelajaran Sejarah Jalur Formal dan Informal pada Siswa SMA di Kudus Kulon. Jurnal Paramita Volume 21 No. 1 tahun 2011: Universitas Negeri Semarang.
Aulia, S. (2012). Desentralisasi Kebijakan Pendidikan (Studi Tentang Pelaksanaan Wajib Belajar 12 Tahun Di Kota Surabaya Pada Tingkat Pendidikan Menengah dan Kejuruan). Jurnal Politik Muda.
Azinar, T. A. (2016). Sejarah Kontroversial di Indonesia: Perspektif Pedagogy. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Aziz, A. Z. (2015). Manajemen Berbasis Sekolah: Alternatif Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. El-Tarbawi. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art5
Badaruddin., & Lalu, M. (2016). Integrasi Sejarah Lokal dalam Paket Pengajaran Sejarah Nasional. Prosiding Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia ISBN; 978-602-60420-0-2: Kajian Muatan dan Posisi Mata Pelajaran Sejarah di Kurikulum 2013: Universitas Negeri Yogyakarta.
Baihaqy, A. (2004). Decentralization in Indonesia: The Possible Impact on Education (Schooling) and Human Resource Development for Local Regions. The 2nd International Conference on Indonesia: Decentralization and Structural Reformation, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Diponegoro, Semarang, 7-8 July 2004
Cahyana, A. (2010). Upaya Peningkatan Mutu Sekolah melalui Satuan Otonomi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i2.437
Carr, H. E. (1961). What is History. United Kingdom: Cambridge University Press.
Cepy, S. (2006). Meneropong Desentralisasi Pengeiolaah Pendidikan dengan Kacamata Politik Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan No. 01/Tli. Il/April 2006 El: Universitas Negeri Yogyakarta
Christoper, B. (2003). Local Responses to Decentralization in Indonesia. Comparative Education Review, Vol. 47, No. 2 (May 2003), pp. 184-216. Comparative and International Education Society: University of Chicago Press.
Suryadarma, D. (2012). How corruption diminishes the effectiveness of public spending on education in Indonesia. Bulletin of Indonesian Economic Studies. https://doi.org/10.1080/00074918.2012.654485
Fatkhuri, F. (2019). Desentralisasi Pendidikan di Indonesia : Korupsi dan Problem Politik Kekuasaan. KEMUDI: Jurnal Ilmu Pemerintahan. https://doi.org/10.31629/kemudi.v3i2.874
Handayani, D. (2017). Konflik Desentralisasi Di Bidang Pendidikan Terhadap Penyalahgunaan Dana Biaya Operasional Sekolah Biaya Operasional Sekolah (Bos) Di Indonesia. Desi. Jurnal Pendidikan Islam.
Hartono. (2015). Otonomi Pendidikan. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam.
Hassan, H. (2008). Problematika Pendidikan Sejarah. Handbook Pendidikan Sejarah: FPIPS-UPI.
Ismail, F. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Kcalitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Iqra’. https://doi.org/10.30984/jpii.v2i2.541
Kemendiknas Republik Indonesia. (2008). Standar Pengembangan Kelompok Kerja Guru dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran.
Kuswandi, A. (2011). Desentralisasi Pendidikan Dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah Di Indonesia. Governance (Jurnal Ilmu Pemerintahan).
Margolis, Eric & Partners. (2001). Hidden Curriculum in Higher Education. New York and London: Routledge.
Muatan dan Posisi Mata Pelajaran Sejarah di Kurikulum 2013: Universitas Negeri Yogyakarta
Mukhsin, M. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Di Era Otonomi Pendidikan. Jupe : Jurnal Pendidikan Mandala. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i5.845
Musanna, A. (2012). Quo Vadis Praksis Evaluasi Kurikulum: Studi Pendahuluan terhadap Ranah Kurikulum yang Terlupakan*). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i1.64
Muttaqin, T., Van Duijn, M., Heyse, L., & Wittek, R. (2015). The impact of decentralization on educational attainment in Indonesia. In Decentralization and Governance in Indonesia. https://doi.org/10.1007/978-3-319-22434-3_4
Nazir. (1988). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta.
Pangandaran, Sjamsi. (2004). Desentralisasi Pendidikan dan Pemberdayaan Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 11 No.2 Tahun 2004: Universitas Negeri Malang.
Pasandaran, Sjamsi. (2016). Desentralisasi Pendidikan dan Masalah Pemberdayaan Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Sa’ud, U. S. (2013). Pengembangan Kebijakan Pendidikan Dalam Kerangka Otonomi Daerah. Journal of Chemical Information and Modeling.
Sarnoto, Ahmad Zain. (2012). Konsepsi politik pendidikan di Indonesia. EDUCHILD: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya.
Sejarah Lokal Mendapat Tempat di Kurikulum Pendidikan oleh Tribunnews.com: http://wartakota.tribunnews.com/2013/09/16/sejarah-lokal-mendapat-tempat-dalam-pendidikan. 16 Oktober 2013
Setyaningsih, K. (2017). Esensi Tranformasi Sistem Sentralisasi-Desentralisasi Pendidikan. Journal of Islamic Education Management.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung.
Supriyanta, S. (2018). Desentralisasi Pendidikan Di Era Otonomi Daerah. Cakrawala. https://doi.org/10.32781/cakrawala.v2i1.85
Syafi’i, S, Amirrachman, A. & Welch, A. (2009). Decentralising Indonesian Education: The Promise and the Price. In Decentralisation, School-Based Management, and Quality. https://doi.org/10.1007/978-90-481-2703-0_8
Taufik, Abdullah. (2005). Sejarah Lokal di Indonesia. UGMPress: Yogyakarta.
Wasino & Purnamasari, Iin. (2011). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Situs Sejarah Lokal di SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Jurnal Paramita Volume 21 No.2 Tahun 2011: Universitas Negeri Semarang.
Widodo, N. E, Dan Bima Wahyu. (2016). Desentralisasi Pendidikan Dan Peran Aktif Masyarakat Menuuju Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penelitian. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.866
Yuliana, Anisa. (2016). Pembelajaran Sejarah Lokal, Nilai-Nilai dan Aplikasi. Prosiding Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia ISBN; 978-602-60420-0-2: Kajian
DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v4i2.5650
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Noviyana Sari, Serly Fatma Yanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
email: tarikhuna@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.