Relevansi Materi Pembelajaran Sejarah Peminatan berbasis Kurikulum 2013 dengan Pelaksanaan Pembelajaran
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdul Haris Nasution, Flores Tanjung, “Kurikulum dan Pembelajaran Sejarah”. (Yayasan Kita Menulis, 2020), h.55.
Alfian, M. (2011). “Pendidikan Sejarah dan Permasalahan yang Dihadapi”. Khazanah Pendidikan, III (2).
Ali Muhammad, Adawiah Radiatul, “Relevansi Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Pada Mata Pelajaran Fisika Dan Hubungan Dengan Kinerja Individual Pengguna (Studi Kasus SMA SE-Kabupaten Kotabaru)”. Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 10, 2021.
Arikunto Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI”. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Chomaidi, Salamah, ”Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah”, Jakarta: PT Grasindo, 2018.
Departemen Pendidikan Nasional, “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, (Jakarta: Balai Pustaka), 2007.
Hamzah Yunus, Heldy Vanni Alam “Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013”,
Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama, 2015.
Hasan Baharun, “Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik”, Yogyakarta: Pustaka Nurja, 2017. Hidayat Abdul Salam, dkk, “Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Nomor Lari Berbasis Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar”, (Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung), 2021.
Hidayat Dudung Rahmat, dkk, “Ilmu & Aplikasi Pendidikan Bagian 3 Pendidikan Disiplin Ilmu”, (PT. Imperial Bhakti Utama), 2007.
Indah Sawitri, “Sejarah Peminatan Ilmu-ilmu Sosial Untuk SMA/MA Kelas XI”, (Surakarta: CV. Mediatama), 2016.
Irshanto Andre Bagus,“Konfrontasi Indonesia-Malaysia Perspektif Buku Teks Sejarah”, Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka, 2021.
Julistiana Eki, dkk,“Relevansi Materi Ajar Di Prodi PTB FT UNJ Dengan Materi Ajar Di SMK Program Keahlian Teknik Bangunan”. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, Vol. 7, 2018.
Misnah, et al, “Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Audiovisual Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigi”. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol.10, No.1, 2022.
Moleong Lexy, ”Metodologi Penelitian Kualitatif”, (Bandung: Remaja Rosdakarya), 2008. Mukni’ah, “Perencanaan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
dan Kurikulum (k-13)”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (Anggota IKAPI), 2016.
Nugrahani, Farida,“Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa”.
Surakarta: Piral Media, 2014.
Panggabean Suvriadi, dkk, “Konsep dan Strategi Pembelajaran”, (Yayasan Kita Menulis), 2021. Sugiyono,“Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”,(Bandung: Alfabeta), 2013.
Susanty, dkk, “Relevansi Materi Mata Pelajaran Pemeliharaan Engine Sepeda Motor Terhadap Tuntutan Industri”. Jurnal Of Mechanical Engineering Education , Vol. 5, 2018.
Suswandari, “Paradigma Pendidikan Sejarah Dalam Menghadapi Tantagan Masa Depan”.
Cakrawala Pendidikan, XXIX(1), 2010.
Tuti Iriani, Aghpin M Ramadhan, “Perencanaan Pembelajaran untuk Kejuruan”, (Jakarta: Kencana), 2019.
Ulhaq Zia, “Modul Pembelajaran SMA Sejarah Kelas XI (Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme dalam Bidang Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya, dan Pendidikan), Direktorat SMA, Direktorat Jenderal Paud, DIKDAS dan DIKMEN, 2020.
DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v5i1.6183
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ahmad Nurhuda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
email: tarikhuna@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.