Penguatan Manajemen Organisasi Pesantren Sabilul Jannah untuk Peningkatan Kualitas Lembaga di Pesisir Selatan
Abstract
Pondok Pesantren Sabilul Jannah tengah menghadapi masalah manajemen, hal itu ditandai dengan munculnya berbagai persoalan, di antaranya: terjadinya kekosongan pimpinan, pengelolaan keuangan yang tidak transparan, hingga proses perekrutan tenaga pengajar yang tidak terbuka. Permasalahan di atas merupakan tugas urgen untuk dicarikan jalan keluarnya agar proses pembelajaran di pondok pesantren Sabilul Jannah berjalan dengan lancar. Pondok Pesantren Sabilul Jannah berlokasi di Kampung Timbulun, Kenagarian Aur Duri Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini berupaya membantu mitra keluar dari masalah-masalah tersebut. Metode pendekatan yang digunakan untuk mencapai target luaran yaitu: Survey, Focus Group Discussion, Pelatihan, dan Pendampingan. Selain itu tim pengabdian juga menentukan prosedur dan langkah-langkah solutif dalam pemecahan masalah. Dalam pelaksanaan program melibatkan unsur pimpinan, guru-guru, serta pakar-pakar dalam bidangnya yang berpengalaman dalam pemberdayaan masyarakat, yakni pakar dalam manajemen organisasi pesantren. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah: Pertama, mitra mampu menyusun Statuta Pesantren. Kedua, mitra mampu menyusun Rencana Induk Pengembangan (RIP). Ketiga, mitra mampu menyusun Struktur Organisasi dan Tata Kelola dengan baik.
Keywords
References
Aini, E. Z. (2021). Manajemen pondok pesantren dalam pengembangan mutu pendidikan islam di pondok pesantren pangeran diponegoro sleman. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4750–4756.
Alquriyah, Y., & Ahmadi, A. (2021). Pentingnya Program Kecakapan Hidup (Life Skills) Untuk Para Santri di Pondok Pesantren. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 19(1), 82–94.
Andayani, E., & Al Arsy, A. F. (2018). Pendidikan Dan Pelatihan Manajemen Pondok Pesantren Upaya Peningkatan Kapabilitas Pengurus. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 197–204.
Ary Juru Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buleleng, N. (2020). Analisis Struktur Organisasi Terhadap Kinerja Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buleleng. 4(2).
Asifudin, A. J. (2016). Manajemen pendidikan untuk pondok pesantren. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 355–366.
Astuti, A., & Sukataman, S. (2023). Dasar-Dasar Manajemen Pesantren. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 7(1), 23–32.
Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 351–370.
Buku Participatory Rural Appraisal. (n.d.).
Fiqih, M. A. (2022). Peran pesantren dalam menjaga tradisi-budaya dan moral bangsa. PANDAWA, 4(1), 42–65.
Hudayana, B., Kutanegara, P. M., Setiadi, A., Indiyanto, Z., Fauzanafi, M., Dyah, F. N., Sushartami, W., & Yusuf, M. (2019). Participatory Rural Appraisal (PRA) untuk Pengembangan Desa Wisata di Pedukuhan Pucung, Desa Wukirsari, Bantul (Vol. 2, Issue 2).
Idrus L. (n.d.). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN.
Ilyasin, M. (2020). Transformation of Learning Management: Integrative Study of Islamic Boarding School Curriculum. Dinamika Ilmu, 20(1), 13–22.
Isbah, M. F. (2020). Pesantren in the changing indonesian context: History and current developments. Qudus International Journal of Islamic Studies (QIJIS), 8(1), 65–106
KASIH BANGSA Jl Kasih No, S. (n.d.). STRUKTUR ORGANISASI DAN TATA KELOLA (SOTK) STIE KASIH BANGSA.
Mujahid, I. (2021). Islamic orthodoxy-based character education: Creating moderate Muslim in a modern pesantren in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2), 185–212.
Nikmah, K. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OBSERVASI LAPANGAN PADA MATA KULIAH STUDI ARSIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA ARTICLE INFO ABSTRACT. ASANKA: Jounal of Social Science and Education, 04. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/asanka
Septuri. (2020). Manajemen Pondok Pesantren: Pengantar Penerapan Fungsi Manajemen. Pustaka Media.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen sarana dan prasarana. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 77–92.
Syaban, M. (2019). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Al-Wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 12(2), 131–141.
Syarifudin, A., Syah, M., Sumarna, C., & Haryanti, E. (2022). Strategic management to cultivate Islamic boarding schools’ educational quality: Blending model implementation. Eduvest-Journal of Universal Studies, 2(4), 816–828.
DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v12i2.10191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rido Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: turast@uinib.ac.id