EVOLUSI LAYANAN REFERENSI DAN INFORMASI PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI
Abstract
Artikel ini membahas secara teoritis perubahan layanan referensi perpustakaan, dilatar belakangi oleh era digital dalm hal ini dampak internet dan pengaruh perkembangan teknologi terhadap layanan perpustakaan. Evolusi layanan referensi perpustakaan sudah sangat dipengaruhi oleh munculnya teknologi baru. Layanan referensi telah bermigrasi dari layanan yang semata- mata hanya berorientasi pada meja layanan dan sumber daya informasi tercetak, serta terbatas pada ruang tertentu. Memperluas jangkauan layanan referensi yang lebih beragam dan menjangkau pemustaka informasi secara lebih luas melalui pemanfaatan media teknologi tanpa batasan ruang dan waktu. Perubahan utama yang terlihat dari penerapan teknologi dalam layanan referensi adalah peningkatan ketersediaan dan aksesibilitas sumber daya elektronik dalam layanan referensi khususnya pada perpustakaan perguruan tinggi. Melalui artikel ini kita akan melihat pengembangan layanan referensi pada perpustakaan perguruan tinggi dan meningkatkan pemahaman profesional informasi tentang pengembangan layanan referensi terurama saat teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan sosial masyarakat termasuk pada perpustakaan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/turast.v7i2.1071
Abstract views : 1570 times
PDF : 1636 times
References
Abdoulaye, K. and Majid, S., 2000. Use of the internet for reference services in
Malaysian academic libraries. Online Information Review, 24 (5), pp. 381-388.
Akhtar, M.Z., 2007. University libraries in Pakistan. Turkish Librarianship,
(3), pp. 372-384.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian:suatu pendekatan praktek. Ed.
Rev VI. Cet. Ketigabelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Berube, L., 2003. Digital reference overview: an issue paper from the
Networked Services Policy Task Group. Available at: http://www.ukoln.ac.uk/public/nsptg/virtual
Berube, L., 2004. Collaborative digital reference: an Ask a Librarian (UK)
overview. Program: Electronic Library and Information Systems, 38 (1), pp. 29- 41.
Bopp, R.E., 1995. History and varieties of reference services. In: Bopp, R.E.
and Smith, L.C., eds., Reference and information services: an introduction. 2nd ed. Colorado: Libraries Unlimited, pp. 3-35.
Boss, R.W. (2007) Tech Notes: virtual reference, Public Library Association,
ALA, http://www.ala.org/ala/mgrps/divs/pla/plapublications/plaechnotes/Virtual_reference.pdf
Bunge, C.A. and Bopp, R.E., 2001. History and varieties of reference services.
In: Bopp, R.E. and Smith, L.C., eds., Reference and information
services: an introduction. 3rd ed. Colorado: Libraries Unlimited.
Bunge, C.A., 1985. Information service in the real world. The Journal of
Academic Librarianship, 11(2), pp. 77-78. Bunge, C.A., 1999. Reference services. The Reference Librarian, 31 (66), pp. 185-199.
Chowdhury, G. and Margariti, S., 2004. Digital reference services: a snapshot
of the current practices in Scottish libraries. Library Review, 53 (1), pp. 50-60.
Janes, J., Carter, d., & Memmott, P. (1999). Digital reference services in
academic libraries. Reference & User Services Quarterly, 39(2), 145-150.
Lopes, R.R.V., 1992. Reference services in developing countries. Information
Development, 8 (1), pp. 35-40.
Meola, M. and Stormont, S., 2001. Real-time reference service for the remote
user. The Reference Librarian, 32 (67), pp. 29-40.
Rahmi, Lailatur. 2017. Perubahan Paradigma Pustakawan Dalam
Perkembangan Layanan Referensi Di Perpustakaan Universitas Indonesia. Depok: Universitas Indonesia
RUSA, 2010. Guidelines for Implementing and Maintaining Virtual Reference
Services. Available at:
http://www.ala.org/rusa/sites/ala.org.rusa/files/content/resources/guidelines/virtu al-reference-se.pdf
RUSA, 2013. Guidelines for Behavioural Performance of Reference and
Information Service Providers. Available at:
http://www.ala.org/rusa/resources/guidelines/guidelinesbehavioral
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi
(Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.
Smith, L.C., 2010. Reference services. In: Encyclopedia of Library and
Information Sciences. 3rd ed. [online]. New York: Taylor and Francis. pp. 4485- 4491. Available at:
http://www.tandfonline.com/doi/book/10.1081/EELIS3?doi=10.1081/EELIS3& sort=contrib
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id