EVOLUSI LAYANAN REFERENSI DAN INFORMASI PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Lailatur Rahmi

Abstract


Artikel ini membahas secara teoritis perubahan layanan referensi perpustakaan, dilatar belakangi oleh era digital dalm hal ini dampak internet dan pengaruh perkembangan teknologi terhadap layanan perpustakaan. Evolusi layanan referensi perpustakaan sudah sangat dipengaruhi oleh munculnya teknologi baru. Layanan referensi telah bermigrasi dari layanan yang semata- mata hanya berorientasi pada meja layanan dan sumber daya informasi tercetak, serta terbatas pada ruang tertentu. Memperluas jangkauan layanan referensi yang lebih beragam dan menjangkau pemustaka informasi secara lebih luas melalui pemanfaatan media teknologi tanpa batasan ruang dan waktu. Perubahan utama yang terlihat dari penerapan teknologi dalam layanan referensi adalah peningkatan ketersediaan dan aksesibilitas sumber daya elektronik dalam layanan referensi khususnya pada perpustakaan perguruan tinggi. Melalui artikel ini kita akan melihat pengembangan layanan referensi pada perpustakaan perguruan tinggi dan meningkatkan pemahaman profesional informasi tentang pengembangan layanan referensi terurama saat teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan sosial masyarakat termasuk pada perpustakaan.

 


Keywords


Layanan Referensi dan Informasi, Layanan Referensi Virtual, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Teknologi Informasi Perpustakaan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v7i2.1071
Abstract views : 1570 times
PDF : 1636 times

References


Abdoulaye, K. and Majid, S., 2000. Use of the internet for reference services in

Malaysian academic libraries. Online Information Review, 24 (5), pp. 381-388.

Akhtar, M.Z., 2007. University libraries in Pakistan. Turkish Librarianship,

(3), pp. 372-384.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian:suatu pendekatan praktek. Ed.

Rev VI. Cet. Ketigabelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Berube, L., 2003. Digital reference overview: an issue paper from the

Networked Services Policy Task Group. Available at: http://www.ukoln.ac.uk/public/nsptg/virtual

Berube, L., 2004. Collaborative digital reference: an Ask a Librarian (UK)

overview. Program: Electronic Library and Information Systems, 38 (1), pp. 29- 41.

Bopp, R.E., 1995. History and varieties of reference services. In: Bopp, R.E.

and Smith, L.C., eds., Reference and information services: an introduction. 2nd ed. Colorado: Libraries Unlimited, pp. 3-35.

Boss, R.W. (2007) Tech Notes: virtual reference, Public Library Association,

ALA, http://www.ala.org/ala/mgrps/divs/pla/plapublications/plaechnotes/Virtual_reference.pdf

Bunge, C.A. and Bopp, R.E., 2001. History and varieties of reference services.

In: Bopp, R.E. and Smith, L.C., eds., Reference and information

services: an introduction. 3rd ed. Colorado: Libraries Unlimited.

Bunge, C.A., 1985. Information service in the real world. The Journal of

Academic Librarianship, 11(2), pp. 77-78. Bunge, C.A., 1999. Reference services. The Reference Librarian, 31 (66), pp. 185-199.

Chowdhury, G. and Margariti, S., 2004. Digital reference services: a snapshot

of the current practices in Scottish libraries. Library Review, 53 (1), pp. 50-60.

Janes, J., Carter, d., & Memmott, P. (1999). Digital reference services in

academic libraries. Reference & User Services Quarterly, 39(2), 145-150.

Lopes, R.R.V., 1992. Reference services in developing countries. Information

Development, 8 (1), pp. 35-40.

Meola, M. and Stormont, S., 2001. Real-time reference service for the remote

user. The Reference Librarian, 32 (67), pp. 29-40.

Rahmi, Lailatur. 2017. Perubahan Paradigma Pustakawan Dalam

Perkembangan Layanan Referensi Di Perpustakaan Universitas Indonesia. Depok: Universitas Indonesia

RUSA, 2010. Guidelines for Implementing and Maintaining Virtual Reference

Services. Available at:

http://www.ala.org/rusa/sites/ala.org.rusa/files/content/resources/guidelines/virtu al-reference-se.pdf

RUSA, 2013. Guidelines for Behavioural Performance of Reference and

Information Service Providers. Available at:

http://www.ala.org/rusa/resources/guidelines/guidelinesbehavioral

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi

(Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.

Smith, L.C., 2010. Reference services. In: Encyclopedia of Library and

Information Sciences. 3rd ed. [online]. New York: Taylor and Francis. pp. 4485- 4491. Available at:

http://www.tandfonline.com/doi/book/10.1081/EELIS3?doi=10.1081/EELIS3& sort=contrib


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id