UNJUK KERJA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH
Abstract
Kompetensi profesional merupakan suatu keterampilan atau kualifikasi yang harus dimiliki oleh guru BK untuk penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling. penelitian ini membahas tentang kompetensi guru BK dalam memahami kebutuhan peserta didik yang ingin dilayani, kompetensi menguasai landasan teoritik bimbingan dan konseling, kompetensi untuk menyelenggarakan bimbingan dan konseling yang memandirikan, kompetensi mengembangkan pribadi dan profesionalitas secara berkelanjutan. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggambarkan sesuatu dengan apa adaya. Menggunakan cara observasi, wawancara dan dukumentasi. Hasil penelitian menunjukan guru BK mulai memahami kebutuhan peserta didik, belum terkuasai seutuhnya skill teoritik dalam konseling individual dan telah mampu membuat program-program bimbingan dan konseling namun kegiatan yang dilakukan belum mencapai hasil yang maksimal karena pelaksanaannya masih secara umum belum mendalam dikarenakan guru BK di SMPN 2 Kubung Kabupaten Solok masih butuh pengasahan kembali terhadap kompetensi-kompetensi profesional dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Diah, Yusmansyah, Martini Suci,”Analisi Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling pada SMA Negeri se kota Metro, Jurnal FKIP Lampung. 2013
Faisal Sanapiah, Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi, Malang: IKIP, 1990
Furqan dan Hazzrullah, Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling dalam Pemecahan Masalah Belajar Siswa di MAN Rukoh Banda Aceh, Jurnal ilmiah DIDAKTIKA, Vol.18, No.02
Hallen, Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Ciputat Press, 2001
Hasibuan Fitriani, Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan,Tesis, 2015
Herdi, Moch Dimyati, Syauqi Muhamad,”Unjuk Kerja Guru Bimbingan dan Konseling dalam Perspektif Siswa,”Jurnal FIP UNJ, 2014
Koentjaraningrat, Metode Penlitian Masyarakat, Jakarta : Gramedia, 1983
Moleong J. Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2007
Mugi lestari, dkk, Kompetensi Prefesionalan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling, IJGC 2.4.2013
Mulyadi, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Kencana, 2016
Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi (Konsep, Karakteristik, dan Impelentasi), Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002
Notanubun Zainuddin, Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital, Vol.03 No. 01, 2019
Nurahmi Hesty, Kompetensi Profesional guru Bimbingan dan konseling, 2017.
Permendiknas No.27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor, Jakarta: Depdiknas, 2011
Prayitno,Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Universitas Negeri Padang, 2004
Sudrajat Akhmad, Aspek dan Indikator kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling,Tentang Pendidikan, 2012
Sukardi Ketut Dewa, Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Bina Aksara, 1988
Supriatna Mamat, Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2011
Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2017
Uno B. Hamzah, Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.2017
Widada, Peningkatan Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling, ISBN, 978602704712, 2012
W.S. Winkel, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Jakarta: PT Grasindo, 1991
DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v9i1.2101
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: turast@uinib.ac.id