Pembelajaran Bermakna Dalam Suasana Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Yuli Permatasari, Welhendri Azwar

Abstract


Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan pada masa pandemi pada semua tingkat pendidikan benyak mempertanyakan kualitas hasil dari belajar PJJ tersebut. Artikel ini membahas tentang pembelajaran bermakna kepada peserta didik dalam suasana pemberlajaran jarak jauh (pjj) di masa pandemi ini. beberapa konsep tentang memori, lupa dan ingatan digunakan untuk menganalisis pembelajaran bermakna selama proses PJJ dimasa pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui belajar bermakna agar pembelajaran belajar daring tetap efektif dan tersimpan pada memori peserta didik. kajian ini menggunakan metode kualitatif  dengan  menggambarkan sesuatu  keadaaan  apa  adanya,   menggunakan  observasi  dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pembelajaran daring belum mampu menghadirkan pembelajaran yang bermaknna bagi peserta didik. Kedua, banyak yang menyebabkan pembelajaran bermakna tidak maksimal yaitu kondisi lungkungan belajar kuang kurang kondusif, metode daring guru yang menoton dan penyampaian makna yang disampaikan oleh guru berbeda  terhadap pemrosesan informasi yang ditangkap oleh peserta didik.


Keywords


Pembelajaran bermakna, PJJ, pemrosesan informasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v8i2.2103
Abstract views : 214 times
PDF : 119 times

References


Acep Roni Hamdani dan Asep Priatna. Efektifitas implementasi pembelajaran daring (full online) Dimasa pandemi covid- 19 pada jenjang sekolah dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, Vol.VI (1) (2020), hal. 1-9

Burhanuddin; Nur Wahyuni, Esa. Teori belajar dan pembelajaran. Jogjakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media, 2010.

Ellis Henry C. Fondamentals Of Human Learning, Memory And Cognition (2nd Edition). Lowa: Wm. C. Brown Company Publisher,1978.

Faisal, Sanapiah. Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar Dan Aplikasi. Malang: IKIP, 1990

In Setyorini. Pandemi covid-19 dan online learning : apakah berpengaruh terhadap Proses pembelajaran pada kurukulum 13? Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR) Vol. 1 (1) (2020) hal. 96-102

Iis Prasetyo dan Arifah Prima Satrianingrum. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.5 (1) (2021) hal. 633-640

Irwanto, dkk. Psikologi Umum. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.1996

Lia Nur Atiqoh Bela Dina. Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. THUFULI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol.2 (1) (2020 hal. 45-55

Nur Rahmah. Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi, Vol.I (2013) hal. 43-48

Syamsul Jamal. Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Di Smk Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol.8 (1)(2020) hal. 17-22

Sarlito W, Sarwono. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers. 2009

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan .Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005

Suryabrata,Sumardi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press, 1991

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id