SOSIALISASI EDMODO APLICATION SEBAGAI ONLINE LEARNING EFFECTIVE DI ERA PANDEMI COVID-19 DI MI AZ-ZAINIYAH II GRINTING PAITON

Warda Maghfiroh Husein

Abstract


Di era modern sekarang ini, sistem pendidikan sedang menghadapi situasi yang mana para pendidik dituntut untuk dapat menguasai media pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring. Dikarenakan, saat ini dunia sedang menghadapi suatu permasalahan dibidang kesehatan yaitu pandemi covid-19. Sistem pendidikan pembelajaran dalam jaringan (daring) merupakan pembelajaran yang dilakukan menggunakan internet sebagai tempat penyaluran ilmu pengetahuan. Di era perkembangan teknologi, pembelajaran daring semakin canggih dengan berbagai aplikasi dan fitur yang semakin memudahkan kita sebagai pengguna. Oleh karena itu, Sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) menjadi satu-satunya solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran tatap muka dan menjadi satu-satunya pilihan yang dapat dilakukan oleh pendidik agar peserta didik tetap bisa meningkatkan mutu pembelajaran. Salah satu pemanfaatan pembelajaran daring berupa pemanfaatan Aplikasi Edmodo. Aplikasi Edmodo merupakan sebuah pembelajaran daring yang menyediakan beragam fitur untuk kegiatan pembelajaran. Namun, pemanfaatan aplikasi edmodo dalam mendukung proses belajar mengajar belum diterapkan dalam pembelajaran di lembaga MI Az- Zainiyah II. Untuk itu, kegiatan pengabdian ini melakukan pengabdian masyarakat dengan memperkenalkan aplikasi edmodo dalam mendukung proses belajar mengajar, serta membantu pendidik dalam menciptakan sebuah proses pembelajaran jarak jauh yang tidak monoton. Pengabdian dilakukan dengan mensosialisasikan aplikasi edmodo sebagai efektivitas pembelajaran daring di era pandemi ini. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode ceramah, metode diskusi (Tanya jawab), dan metode demonstrasi. Subjek pengabdian adalah pendidik, wali murid (orangtua) dan  peserta didik MI Az-Zainiyah II Grinting Paiton Probolinggo. Adanya sosialisasi ini diharapkan semua komponen yang bersangkutan bisa memahami aplikasi edmodo, baik fungsi dan cara penggunaannya sebagai salah satu keefektivan pembelajaran selama pandemi.


Keywords


Sosialisasi, Aplikasi Edmodo, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19



DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v8i2.2880
Abstract views : 61 times

References


Abidin, Muhammad Zainal. 2012. Pemanfaatan Jejaring Edmodo dalam Pembelajaran Matematika. [Online]. Tersedia: http://www.masbied.com/2012/12/ 11/pemanfaatan-jejaring-edmodo_dalam-pembelajaran-matematika/ [27 Oktober 2018].

Amar, Mufhidin. 2013. Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Sebagai Kegiatan Penunjang Pembelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan di SMK N 1 Majalengka. UPI

Ansyori, A. (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pendidikan Islam Informal Pada Remaja: Solusi di Masa Pandemi Covid-19. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan …, 18(3), 302–313. Retrieved from http://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/887

Basori, B. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network ”Edmodo” Dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif Di Prodi Ptm Jptk Fkip Uns. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 6(2). https://doi.org/10.20961/jiptek.v6i2.12562

Buana, R. D. (2017). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Sosial Dan Budaya, Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, 53(9), 1689–1699. Retrieved from file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf

Cahyono, Y. D. (2015). E-learning (Edmodo) Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal Penelitian, 18(2), 102–112. Retrieved from https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/view/813

Darmawan,D.(2014). Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakary

Didik, P., Tengah, D. I., & Covid, P. (2020). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MOODLE TERHADAP MOTIVASI MINAT BAKAT. 1(2), 117–124.

Efendi, A. (2017). E-Learning Berbasis Schoology Dan Edmodo: Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smk. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 49–58. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16416

Feby Inggriyani, A. R. H. (2018). APLIKASI EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING. XV(2), 3–11.

Fitriasari, P. (2016). APLIKASI EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING. (2011), 68–70.

Gafar, A. (2008). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.8 No. 2 Juli 2008 Penggunaan Internet Sebagai Media Baru dalam Pembelajaran Abdoel Gafar 1. Penggunaan Internet Sebagai Media Baru Dalam Pembelajaran, 8(2), 36–43. Retrieved from http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/download/245/239

Hamidah, & Nurmatin, S. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring Menggunakan Edmodo. AL-ABHATS : Islamic and Humanities Research, 01(01), 1–6.

Ibrahim, D. S., Suardiman, S. P., & Yogyakarta, U. N. (2014). The Effectsof The Useof E-learningon The Learning Motivation And Achievmentin Mathematics. Jurnal Prima Edukasia 2, 66–79

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease ( Covid-19) di Perguruan Tinggi. 1–2. Retrieved from www.hukumonline.com/pusatdata

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640

Nurdin Hidayat, Kharisma Idola Arga, A. (2016). Nurdin Hidayat, Kharisma Idola Arga, Abdulloh.

Rusman. 2014. Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Sa’diyah, H., Utami, tatik susilowati, & Tianisa, wan tiara. (2016). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vii Di Smp Muhammadiyah 3 Depok. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2016, 84–87.

Salman, F. M., & Abu-Naser, S. S. (2020). Expert System for COVID-19 Diagnosis. International Journal of Academic Information Systems Research, 4(3), 1–13. Retrieved from www.ijeais.org/ijaisr

Santoso, D. T., & Sari, R. P. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Video Conference Bagi Dosen Dan Mahasiswa Untuk Menunjang Pembelajaran Daring Di Masa Pandemic Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1240–1249. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3110

Sarie, F. N. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Melalui Aplikasi Edmodo Bagi Siswa Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 2(2), 249–254. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1497

Utomo, Junaidi. 2001. Dampak Internet Terhadap Pendidikan : Transformasi atau Evolusi, Seminar Nasional Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Yul, F. A., & Ramadani, N. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Online Untuk Guru Smk 5 Di Kota Bengkulu. RANGKIANG: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 38–41. https://doi.org/10.22202/rangkiang.2020.v2i1.4106

Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356

Zailani, A. U., Agung, A., Agung, N., Sholihin, S., & Samsoni, S. (2020). Sosialisasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Akibat Dampak Pandemic Covid 19 Di Smpit Al-Mustofa. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 23. https://doi.org/10.24127/sss.v4i2.1313

Zhang, D., Zhou, L., & Briggs, R. (2006). Instructional video in e_learning: Assessing the impact of interactive video on learning effectiveness. Information &Management. 43(1),15-27


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai III
Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id
https://pppi.sulselprov.go.id/-/slot-gacor/https://izv-tn.tti.sfedu.ru/-/slot-pulsa/http://dopovidi-nanu.org.ua/sites/default/files/slot-gacor/https://chasopys-ppp.dp.ua/public/site/slot-deposit-pulsa/https://www.ncst.mw/wp-content/uploads/slot-online/https://malawidiaspora.gov.mw/slot-deposit-pulsa/https://dopovidi-nanu.org.ua/ojs/styles/situs-slot-gacor/http://ojs3.bkstm.org/public/journals/1/togel-online/http://revistaaristas.tij.uabc.mx/public/link-slot-gacor/https://penerbit.undip.ac.id/pages/slot-deposit-pulsa/https://jurnal.madiunkab.go.id/pages/slot-gacor-4d/https://jurnal.madiunkab.go.id/public/site/slot-gacor-4d/https://perizinan.jambikota.go.id/frontend/web/slot-online/https://aar-healthcare.com/ke/wp-content/slot-dana/https://jurnal.madiunkab.go.id/pages/slot-gacor/http://ejournalbidan.poltekkes-kaltim.ac.id/slot-gacor-maxwin/https://sitenar.madiunkab.go.id/public/-/slot88/https://pendidikanbahasaindonesia.umnu.ac.id/-/slot-dana/https://perizinan.jambikota.go.id/frontend/web/slot/https://siagaki.sulselprov.go.id/frontend/slot88/https://peternakan.umnu.ac.id/-/slot-deposit-pulsa/https://datadesacenter.dpmd.jatimprov.go.id/puem/assets/https://datadesacenter.dpmd.jatimprov.go.id/assets/slot-pulsa/https://amerta.kemenkumham.go.id/file/slot-demo/https://www.ufrgs.br/nupegem/wp-content/slot-gacor/https://www.ufrgs.br/nupegem/slot-pulsa/https://188.166.227.65/http://prosiding.fisip.unsri.ac.id/-/slot-gacor/https://penerbit.undip.ac.id/-/slot-gacor/http://jurnal.amy.ac.id/public/-/slot-gacor/https://sipenta.bappeda.tulungagung.go.id/storage/slot-online/https://jurnalpangriptav3.malangkota.go.id/pages/slot-gacor-maxwin-4d/https://jurnalpangriptav3.malangkota.go.id/js/slot-deposit-pulsa-terpercaya/http://prosiding.fisip.unsri.ac.id/pages/slot-pulsa-terpercaya/http://prosiding.fisip.unsri.ac.id/js/slot-dana/https://kecamatanrancabali.bandungkab.go.id/public/css/slot-deposit-pulsa/https://jurnalpangriptav3.malangkota.go.id/demo-slot/https://jurnalpangriptav3.malangkota.go.id/-/joker123/http://prosiding.fisip.unsri.ac.id/pages/slot-bonus-100/https://jurnalpangriptav3.malangkota.go.id/styles/sv388/https://www.ufrgs.br/rbml/styles/slot-demo/https://kec-girimaya.pangkalpinangkota.go.id/-/slot-gacor/https://stisnu-aceh.ac.id/wp-content/uploads/2022/10/togel-online/https://ptik.unp.ac.id/wp-content/slot-deposit-pulsa/https://www.ufrgs.br/rbml/-/bola88/https://siagaki.sulselprov.go.id/frontend/slot-gacor/https://siagaki.sulselprov.go.id/frontend/slot-online/https://paper.icprp.uii.ac.id/public/togel-online/https://jescee.universitaspertamina.ac.id/pages/slot-dana/https://wirausaha.deliserdangkab.go.id/https://www.ufrgs.br/rbml/pages/pragmatic88/https://kecamatanrancabali.bandungkab.go.id/public/css/slot-online/https://paper.icprp.uii.ac.id/public/slot88/https://jurnalergonomik3.ti.itb.ac.id/js/https://penerbit.undip.ac.id/js/slot-deposit-pulsa/https://paper.icprp.uii.ac.id/public/slot-deposit-pulsa/https://penerbit.undip.ac.id/styles/slot/https://subdomainmaker.deliserdangkab.go.id/-/slot-gacor/https://ptik.unp.ac.id/wp-content/themes/slot-pulsa/https://paper.icprp.uii.ac.id/public/slot-gacor-maxwin/https://www.kecamatankutawaringin.bandungkab.go.id/public/slot777/http://prosiding.fisip.unsri.ac.id/pages/link-slot-gacor/https://dcs-ditkapel.dephub.go.id/storage/slot-deposit-pulsa/https://dcs-ditkapel.dephub.go.id/storage/slot-dana/https://www.ufrgs.br/nupegem/slot-pulsa/https://jurnalergonomik3.ti.itb.ac.id/js/slot-dana/