TEMA-TEMA TABLIGH YANG BERKAITAN DENGAN SOCIAL CAPITAL MASYARAKAT KOTA PADANG

Nazirman Nazirman, Abdul Manan

Abstract


Penelitian ini mengkaji tema-tema tabligh yang diangkatkan oleh para mubaligh yang erat kaitannya dengan
modal sosial (social capital) masyarakat kota Padang. Penelitian ini berangkat dari fenomena sosial masyarakat
kota Padang yang menjadi bagian dari masyarakat Sumatera Barat (Minangkabau) yang berfalsafah adat
basandi syara`, syara` basandi kitabullah. Disamping itu ungkapan kok barek samo dipikua, ringan samo
dijinjiang menggambarkan bahwa masyarakat Minagkabau termasuk Padang memiliki karakter yang sejalan
dengan agama Islam dan memiliki modal sosial yang cukup tinggi sebagai modal pembangunan di berbagai
sektor. Kondisi ini perlu dipertahankan karena ada kecenderungan mulai menipis dan tinggal selogan saja. Oleh
karena itu penelitian mempertanyakan dan menjawab bagaimana proses penyajian tema yang diangkat oleh
mubaligh yang berkaitan dengan modal sosial. Lebih dari itu pertanyaan penelitian ini diarhkan kepada tematema,
metode dan pedekatan serta
alasan para
mubaligh menyajikan tema tablighnya. Untuk
menemukan
dan
menjawab pertanyaan
penelitian tersebut digunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Kemudian

teori
dan konsep yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi—effek komunikasi, teori
pengembangan
masyarakat
Islam
dan konsep-konsep dakwah itu sendiri. Hasil
penelitian ini menemukan
bahwa
secara
umum tema yang diangkat oleh para
mubaligh meliputi hidup tolong-menolong, kerjasama
dan
membiasakan hidup berbagi. Metode
dan pendekatan yang digunakan dalam penyajian pesan lebih
didominasi
oleh metode dialogis, monologis dan pratik
langsung. Alasan
pemilihan dan penetapan tema
dalam
tabligh secara
umum para
mubaligh didasari oleh hasil observasi,
permintaan
langsung dari jamaah
serta
kemauan dari mubaligh itu sendiri (inisiatif mubaligh).

Keywords


ablig, Sosial Capital, Tema, Metode

Full Text:

PDF

References


Amin, M. Masyhur. (1995). Dinamika Islam

(sejarah Transpormasi dan Kebangkitan.

Yogyakarta: LKPSM.

Harun, Rochajat, dkk. (2011). Komunikasi

Pembangunan Perubahan Sosial. Jakarta:

Rajawali.

Hasim, dkk. (2009). Community Development

berbasis Ekosistem Sebuah Alternatif

Pembangunan Masyarakat. Jakarta: Diadid

Media.

Machendraty, Nanih. (2001). Pengembangan

Masyarakat Islam dari Ideologi, Strategi

sampai Tradisi. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Maderista, Fuad. (2008). Fasilitasi Pemberdayaan

Masyarakat—Strategi dan Proses Bekerja

Berbasis Kelompok. Padang: Fak. Pertanian

UNAND.

Muhddin, Asep. dkk. (2014). Kajian Dakwah

Multi Perspektif. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Putra, Nursa. (2011). Reseach Development,

Penelitian dan Pengembangan Suatu

Pengantar, Jakarta: Rajawali.

Sadiah, Dewi. (2015). Metode Penelitian Dakwah.

Bandung: Rosdakarya.

Salihin, Nurus, dkk. (2015). Pemeta Masalah

Kehidupan Beragama di Sumatera Barat,

Padang. Imam Bonjol Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif.

Bandung: Alfabeta.

Thibi, Bassan. (1991). Islam and Cultural

Accomondation of Social Change. Wastivew

Press. Bouder San Pransisko.




DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v4i2.341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: turast@uinib.ac.id