MELEJITKAN POTENSI ANAK DALAM KELUARGA, DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM

Ahmad Sarkawi

Abstract


Pelaksanaan pendidikan yang dilakukan oleh keluarga adalah pendidikan pertama yang di tempati oleh
anak. Orang tua merupakan pendidik pertama bagi anak-anak, karena dari orang tua anak mula-mula
mendapatkan pendidikan. Situasi pendidikan dalam keluarga akan terwujud apabila semua pihak yang
ada dalam keluarga dapat menjalin kerjasama yang baik, juga berkat pergaulan dan hubungan pengaruh
mempengaruhi secara timbal balik antara orang tua dan anak. Jika iklim dalam keluarga baik dan
menanamkan nilai-nilai keislaman yang luhur maka tidak dapat dipungkiri tumbuh kembang anak akan
berjalan dengan optimal sehingga perkembangan potensi anak juga akan berkembang dengan baik.

Keywords


Melejitkan, Potensi, anak, Perspektif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v4i2.346
Abstract views : 225 times
PDF : 562 times

References


Ahmadi, Abu. (2003). Psikologi Umum. Jakarta:

PT. Rineka Cipta.

Aziz Alimul, Hidayat. (2008). Pengantar Ilmu

Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan,

Jakarta: Salemba Medika.

Bin Hambal, Ahmad. (tt). Musnad Ahmad bin

Hambal. Jilid II. Beirut: Dar al-Fikr.

Bukhari, Imam. (1981). Shahiah Bukhari. Beirut:

Dar al Fikr.

Hawari, Dadang. (1997). Al-Qur’an Ilmu

Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. Jakarta:

Dana Bhakti Prima Yasa.

Mazhahiri, Husain. (1999). Pintar Mendidik

Anak. Terjemah. Segaf Abdillah Segaf &

Miqdad Turkan. Tarbiyyah ath-thifl fiar–

ru’yah al-Islamiya. Jakarta: Lintere.

Nashih Ulwah, Abdullah. (1981). Pedoman

Pendidikan Anak dalam Islam. Semarang:

Asy-syifa.

Purwakania Hasan, Aliah B. (2008). Psikologi

Perkembangan Islami. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Ramayulis. (2002). Pengantar Psikologi Agama.

Jakarta Pusat: Kalam Mulia.

Severe, Sal. (2005). Bagaimana Bersikap pada

Anak agar Anak Bersikap Baik Berdasarkan

Kisah-Kisah dari Para Orang Tua. Jakarta:

PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sholeh Y.A. Ichron, Mohammad. (1996).

Identifikasi dan Pendidikan Dini Anak

Berbakat, Surakarta: Departemen Pendidikan

dan Kebudayaan. Direktorat Jendral

Pendidikan Tinggi.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Surya, Sutan. (2007). Melejitkan Multiple

Intelligience Anak Sejak Dini. Yogyakarta:

C.V Andi Offset.

Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian

Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id