MELEJITKAN POTENSI ANAK DALAM KELUARGA, DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM
Abstract
anak. Orang tua merupakan pendidik pertama bagi anak-anak, karena dari orang tua anak mula-mula
mendapatkan pendidikan. Situasi pendidikan dalam keluarga akan terwujud apabila semua pihak yang
ada dalam keluarga dapat menjalin kerjasama yang baik, juga berkat pergaulan dan hubungan pengaruh
mempengaruhi secara timbal balik antara orang tua dan anak. Jika iklim dalam keluarga baik dan
menanamkan nilai-nilai keislaman yang luhur maka tidak dapat dipungkiri tumbuh kembang anak akan
berjalan dengan optimal sehingga perkembangan potensi anak juga akan berkembang dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/turast.v4i2.346
Abstract views : 225 times
PDF : 562 times
References
Ahmadi, Abu. (2003). Psikologi Umum. Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Aziz Alimul, Hidayat. (2008). Pengantar Ilmu
Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan,
Jakarta: Salemba Medika.
Bin Hambal, Ahmad. (tt). Musnad Ahmad bin
Hambal. Jilid II. Beirut: Dar al-Fikr.
Bukhari, Imam. (1981). Shahiah Bukhari. Beirut:
Dar al Fikr.
Hawari, Dadang. (1997). Al-Qur’an Ilmu
Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. Jakarta:
Dana Bhakti Prima Yasa.
Mazhahiri, Husain. (1999). Pintar Mendidik
Anak. Terjemah. Segaf Abdillah Segaf &
Miqdad Turkan. Tarbiyyah ath-thifl fiar–
ru’yah al-Islamiya. Jakarta: Lintere.
Nashih Ulwah, Abdullah. (1981). Pedoman
Pendidikan Anak dalam Islam. Semarang:
Asy-syifa.
Purwakania Hasan, Aliah B. (2008). Psikologi
Perkembangan Islami. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Ramayulis. (2002). Pengantar Psikologi Agama.
Jakarta Pusat: Kalam Mulia.
Severe, Sal. (2005). Bagaimana Bersikap pada
Anak agar Anak Bersikap Baik Berdasarkan
Kisah-Kisah dari Para Orang Tua. Jakarta:
PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sholeh Y.A. Ichron, Mohammad. (1996).
Identifikasi dan Pendidikan Dini Anak
Berbakat, Surakarta: Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan. Direktorat Jendral
Pendidikan Tinggi.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Surya, Sutan. (2007). Melejitkan Multiple
Intelligience Anak Sejak Dini. Yogyakarta:
C.V Andi Offset.
Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian
Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id