MEMBACA KEPRIBADIAN DOSEN IAIN IMAM BONJOL PADANG PENGGUNA FACEBOOK

Refmona Alfionita

Abstract


Facebook telah menjadi fonemona dalam kehidupan sehari-hari masyarakat termasuk di IAIN Imam Bonjol
Padang. Melalui facebook dapat melihat kepribadian orang, salah satunya dengan menggunakan teori big five
personality. Studi ini mengkaji, apa yang melatar belakang dosen IAIN Imam bonjol Padang menggunakan
facebook dan bagaimana kepribadian yang ditampilkan dosen IAIN Imam Bonjol Padang melalui update
status, uploud foto dan komentar di facebook. Hasil studi ini mengungkapkan bahwa yang melatar belakangi
dosen IAIN Imam Bonjol Padang menggunakan facebook yaitu teman-teman dan kemajuan teknologi yang
semakin berkembang, keuntungan dari penggunaan facebook bagi dosen IAIN Imam Bonjol Padang sebagai
berbagi ilmu pengetahuan, menemukan teman yang sudah lama tidak bertemu, mempererat tali silaturahmi
dan dapat menemukan pasangan hidup (jodoh). Gambaran kepribadian dosen IAIN Imam Bonjol Padang
yang terlihat dari teori big five personality seperti extraversion, conscienntiousness, openness to experience dan
temuan baru dalam studi ini mengenai keagamaan.

Keywords


Facebook, Dosen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v4i2.348
Abstract views : 182 times
PDF : 180 times

References


Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Malang:

Universitas Muhamadiyah Malang.

Andi. (2009). Menjadi Terkenal Lewat Facebook.

Ed I. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Arikunto, Suhasimi. (2006). Prosedur Penelitiaan

Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Cipta.

Ariyanto. (2014). Hubungan Interpersonal

melalui Facebook pada Mahasiswa IAIN

Imam Bonjol Padang. Skripsi Tidak

Dipublikasikan. IAIN Padang.

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian

Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Corvone, daniel. Pervin.A, lawrence. (2012).

Kepribadian Teori dan Penelitian, ed. 10.

Jakarta: Salemba Humanika.

Departemen Agama RI. (2005). Al-Qur’an dan

Terjemahanya. Bandung. Diponegoro.

Feist Jess, Feist J. Gregrory. (2011). Teori

Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Ghufron, M. Nur. (2011). Teori-teori Psikologi.

Jogjakarta : Ar-Ruz Media

Hartati, Netty, dkk. (2005). Islam dan Psikologi.

edisi 1-2. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Istarani. (2014). Kurikulum Sekolah Berkarakter.

Medan: CV. Iscom Medan.

J.P., Chaplin. (2009). Kamus Lengkap Psikologi.

edisi 1-13. Jakarta: Rajawali Pers.

Lufri. (2005). Metode Penelitian: Buku Ajar.

Fakultas Matematika dan IPA Universitas

Negeri Padang.

Marko, M. Skoric and Grace Chi En Kwan.

(2011). Platforms for mediated sociability

and online social capital: the role of Facebook

and massively multiplayer online games.

Asian Journal of Communication.

Moleong, Lexy. (2010). Metode Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poerwandari. E Kristi. (2005). Pendekatan

Kualitatif. Jakarta: LPSP3 UI.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumardi. (2011). Psikologi

Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo.

Waridah, Ernawati. (2013). Kamus Besar Bahasa

Indonesia Untuk Pelajar, Mahasiswa &

Umum. Bandung : Ruang Kata.

Wati Mardiana, Rizky, A.R. (2009). 5 Jam Belajar

Cepat Menggunakan Facebook. Bandung:

CV.Yrama Widya.

Sumber Lain:

https://www.facebook.com/ diakses dari bulan

Mei-Juni 2014.

http://www.Pendidikan-Karakter.com/PeranPendidikan-Karakter-dalam-MelengkapiKepribadian/

diakses 29-06-14 . 2.55 PM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id