PENDIDIKAN ISLAM DAN KENAKALAN REMAJA

Arjoni Arjoni

Abstract


Pendidikan Agama Islam mempunyai arti sangat penting bagi remaja khususnya anak didik yaitu sebagai
pondasi yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan dan pengamalan ajaran Islam dari pesarta
didik. Pendidikan Agama Islam hendaknya mewarnai kepribadian siswa. Kenyataan sehari-hari menunjukan
bahwa peserta didik yang melakukan kenakalan sebagian tidak mematuhi peraturan sekolah. Bentuk-bentuk
kenakalan yang ada berbentuk kenakalan yang bersifat pergroup seperti tawuran, kebutkebutan, kelompok
memalak dan sebagainya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja yaitu faktor pribadi, keluarga,
sekolah dan lingkungan. Pendidikan Agama Islam yang diberiakan secara maksimal untuk meminimalisir
adanya kenakalan remaja. Usaha usaha preventif untuk menanggulangi kenakalan remaja seperti kegiatan
shalat berjamaah di sekolah, kegiatan pesantren kilat dan perayaan hari besar Islam.

Keywords


Pendidikan, Kenakalan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v5i2.368
Abstract views : 559 times
PDF : 5950 times

References


Arif, Arma’i. (2002). Pengantar Ilmu dan

Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat

Press.

Arifin, M. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:

PT. Bumi Aksara.

Az-Zahrani, Musfir bin Said. (2005). Konseling

Terapi. Jakarta: Gema Insani.

Bastaman, Hanna Djumhana. (2001). Integrasi

Psikologi Dengan Islam: Menuju Psikologi

Islami. Yogyakarta: Yayasan Insan Kamil.

Daradjat, Zakiah. dkk. (1992). Ilmu Pendidikan

Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Jalaluddin. (1997). Psikologi Agama. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Kartono, Kartini. (1992). Patologi Sosial 2.

Jakarta: Rajawali Pers.

Mappiare, Andi. (2002). Psikologi Remaja.

Surabaya: Usaha Nasional.

Moeloeng, Lexy J. (1998). Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Mulyono, Bambang. (1994). Pendekatan Analisis

Kenakalan Remaja dan Penanggulangannya.

Yogyakarta: Kanisius,.

Nata, Abudin. (2003). Manjemen Pendidikan.

Jakarta: Prenada Media.

Perwanti, Endang & Widodo, Nur. (2002).

Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM

Pers.

Purwanto, Ngalim. (1995). Ilmu Pendidikan

Teoritis dan Praktis. Bandung: Rosdakarya.

Sarwono, Sarlito. W. (2004). Psikologi Remaja.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shaleh, Abdul Rachman. (2000). Pendidikan

Agama dan Keagamaan, Visi, Misi dan Aksi.

Jakarta: Gema Windu Panca Perkasa.

Sudarsono. (2005). Etika Islam Tentang Kenakalan

Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarsono. (2004). Kenakalan Remaja. Jakarta:

Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan.

Bandung: Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. (2003). Metodologi Pembelajaran

Agama Islam. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan

Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuhairini. (1993). Metodologi Pendidikan Agama.

Solo: Ramadhani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id