PENDIDIKAN ISLAM DAN KENAKALAN REMAJA
Abstract
pondasi yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan dan pengamalan ajaran Islam dari pesarta
didik. Pendidikan Agama Islam hendaknya mewarnai kepribadian siswa. Kenyataan sehari-hari menunjukan
bahwa peserta didik yang melakukan kenakalan sebagian tidak mematuhi peraturan sekolah. Bentuk-bentuk
kenakalan yang ada berbentuk kenakalan yang bersifat pergroup seperti tawuran, kebutkebutan, kelompok
memalak dan sebagainya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja yaitu faktor pribadi, keluarga,
sekolah dan lingkungan. Pendidikan Agama Islam yang diberiakan secara maksimal untuk meminimalisir
adanya kenakalan remaja. Usaha usaha preventif untuk menanggulangi kenakalan remaja seperti kegiatan
shalat berjamaah di sekolah, kegiatan pesantren kilat dan perayaan hari besar Islam.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/turast.v5i2.368
Abstract views : 559 times
PDF : 5950 times
References
Arif, Arma’i. (2002). Pengantar Ilmu dan
Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat
Press.
Arifin, M. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:
PT. Bumi Aksara.
Az-Zahrani, Musfir bin Said. (2005). Konseling
Terapi. Jakarta: Gema Insani.
Bastaman, Hanna Djumhana. (2001). Integrasi
Psikologi Dengan Islam: Menuju Psikologi
Islami. Yogyakarta: Yayasan Insan Kamil.
Daradjat, Zakiah. dkk. (1992). Ilmu Pendidikan
Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Jalaluddin. (1997). Psikologi Agama. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Kartono, Kartini. (1992). Patologi Sosial 2.
Jakarta: Rajawali Pers.
Mappiare, Andi. (2002). Psikologi Remaja.
Surabaya: Usaha Nasional.
Moeloeng, Lexy J. (1998). Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Mulyono, Bambang. (1994). Pendekatan Analisis
Kenakalan Remaja dan Penanggulangannya.
Yogyakarta: Kanisius,.
Nata, Abudin. (2003). Manjemen Pendidikan.
Jakarta: Prenada Media.
Perwanti, Endang & Widodo, Nur. (2002).
Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM
Pers.
Purwanto, Ngalim. (1995). Ilmu Pendidikan
Teoritis dan Praktis. Bandung: Rosdakarya.
Sarwono, Sarlito. W. (2004). Psikologi Remaja.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shaleh, Abdul Rachman. (2000). Pendidikan
Agama dan Keagamaan, Visi, Misi dan Aksi.
Jakarta: Gema Windu Panca Perkasa.
Sudarsono. (2005). Etika Islam Tentang Kenakalan
Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarsono. (2004). Kenakalan Remaja. Jakarta:
Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan.
Bandung: Rosdakarya.
Tafsir, Ahmad. (2003). Metodologi Pembelajaran
Agama Islam. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan
Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zuhairini. (1993). Metodologi Pendidikan Agama.
Solo: Ramadhani.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id