Dampak Kegiatan Kuliah Kerja Nyata dalam Meningkatkan Kegiatan Literasi Anak di Lingkungan Sekolah Desa Kertaraharja
Abstract
Permasalahan yang ada di daerah kertaraharja yang lebih signifikan yaitu kurangnya sistem pendidikannya, salah satunya yaitu kurang minat membaca atau literasi di kalangan anak-anak yang masih menjenjang pendidikan sekolah, dan juga kurangnya pemahaman. Karena membaca akan mempengaruhi pengetahuan dan wawasan terhadap seseorang. Tujuan penelitian ini Upaya meningkatkan minat baca anak-anak dan membangun motivasi serta kemauan dengan mengadakannya penmbahan koleksi pustaka. Dengan menggunakan Metode (Kualitatif) khususnya menggunakan metode participatory action research (PAR). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dorongan, motivasi, pengayaan koleksi pustaka, serta inisiasi dan pengembangan intuisi anak, dapat secara signifikan meningkatkan minat membaca dan minat belajar pada anak.
Keywords
Full Text:
PDF


References
Fikriyah; Titi Rohaeti; Anri Solihati. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. DWIJA
CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94–107.
Heidemans, Nency A., et al. "Kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Masa Pandemi Covid-19." DEDICATIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2.1 (2021): 31-40.
Hidayah. A (2017)."Pengembangan Model TIL (The Information Literacy) Tipe The Big6 Dalam Proses Pembelajaran Sebagai upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Di Sekolah," Jurnal Penelitian dan Penalaran, vol. 4, pp. 623-635
Kharizmi Muhammad, (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi, dalam JUPENDAS, Vol. 2 No. 2.
MacDonald Cathy (2012). Understanding Participatory Action Research: Qualitative Research Methodology Option, Canadian Journal of Action Research, vol: 13
Monawaroh Erik, (2019). Program Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, (Yogyakarta).
Muldian Wien, Perpustakaan Literasi dan Teknologi: Sarana Pengetahuan Milik Rakyat yang Menyejahterakan, (Perpustakaan Umum Literasi Informasi).
Nadhifah, Riezka Zannatun, Mulyadi Mulyadi, and Herlina Herlina. "Upaya Meningkatkan Literasi Public Speaking Siswa MI Insan Cendikia Melalui Media Audio Visual." Kreativitas: Jurnal PKM Ilmu Perpustakaan 2.2 (2020): 10-16.
Nurjanati, Dwi. "Pemasukan Materi Literasi Keuangan dalam Kurikulum Program Kuliah Kerja Nyata (Kkn) sebagai Media Edukasiliterasi Keuangan Pelaku UMKM." Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Vol. 3. No. 1. 2017.
Rahman, Abd, et al. "Pengembangan Literasi Dasar dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis pada Anak Usia Dini di Perumahan Indah Permai Desa Petatal." Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5.1 (2021): 674-680.
Teguh, Mulyo. "Gerakan literasi sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 1.2 (2020): 1-9.
Vivi, R. K., and Reni Kusmiarti. "Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi Serta Membantu Administrasi Sekolah Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Studi Kasus Smp Negeri 39 Bengkulu Utara." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKULIAH KERJA NYATA) 2.2 (2022): 480-484.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Trisna Taufik Darmawansyah, Yani Aguspriyani, Rezky Mehta Setiadi, Siti Marfu'ah, Miko Polindi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id