Dampak Kegiatan Kuliah Kerja Nyata dalam Meningkatkan Kegiatan Literasi Anak di Lingkungan Sekolah Desa Kertaraharja

Trisna Taufik Darmawansyah, Yani Aguspriyani, Rezky Mehta Setiadi, Siti Marfu'ah, Miko Polindi

Abstract


The significant problem in the Kertaraharja region is the lack of educational systems, one of which is the lack of interest in reading or literacy among school-aged children, as well as a lack of understanding. Reading has a significant impact on an individual's knowledge and perspective. The purpose of this research is to increase children's interest in reading and build motivation and willingness by adding library collections. The Participatory Action Research (PAR) method was used for this study. The results of this research indicate that encouragement, motivation, library collection enrichment, as well as initiation and development of children's intuition, can significantly increase children's interest in reading and learning.


Permasalahan yang ada di daerah kertaraharja yang lebih signifikan yaitu kurangnya sistem pendidikannya, salah satunya yaitu kurang minat membaca atau literasi di kalangan anak-anak yang masih menjenjang pendidikan sekolah, dan juga kurangnya pemahaman. Karena membaca akan mempengaruhi pengetahuan dan wawasan terhadap seseorang. Tujuan penelitian ini Upaya meningkatkan minat baca anak-anak dan membangun motivasi serta kemauan dengan mengadakannya penmbahan koleksi pustaka. Dengan menggunakan Metode (Kualitatif) khususnya menggunakan metode participatory action research (PAR). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dorongan, motivasi, pengayaan koleksi pustaka, serta inisiasi dan pengembangan intuisi anak, dapat secara signifikan meningkatkan minat membaca dan minat belajar pada anak.

Keywords


Kegiatan Literasi, Intuisi Anak, Koleksi Pustaka.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v11i1.4714
Abstract views : 600 times
PDF : 326 times

References


Fikriyah; Titi Rohaeti; Anri Solihati. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. DWIJA

CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94–107.

Heidemans, Nency A., et al. "Kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Masa Pandemi Covid-19." DEDICATIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2.1 (2021): 31-40.

Hidayah. A (2017)."Pengembangan Model TIL (The Information Literacy) Tipe The Big6 Dalam Proses Pembelajaran Sebagai upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Di Sekolah," Jurnal Penelitian dan Penalaran, vol. 4, pp. 623-635

Kharizmi Muhammad, (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi, dalam JUPENDAS, Vol. 2 No. 2.

MacDonald Cathy (2012). Understanding Participatory Action Research: Qualitative Research Methodology Option, Canadian Journal of Action Research, vol: 13

Monawaroh Erik, (2019). Program Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, (Yogyakarta).

Muldian Wien, Perpustakaan Literasi dan Teknologi: Sarana Pengetahuan Milik Rakyat yang Menyejahterakan, (Perpustakaan Umum Literasi Informasi).

Nadhifah, Riezka Zannatun, Mulyadi Mulyadi, and Herlina Herlina. "Upaya Meningkatkan Literasi Public Speaking Siswa MI Insan Cendikia Melalui Media Audio Visual." Kreativitas: Jurnal PKM Ilmu Perpustakaan 2.2 (2020): 10-16.

Nurjanati, Dwi. "Pemasukan Materi Literasi Keuangan dalam Kurikulum Program Kuliah Kerja Nyata (Kkn) sebagai Media Edukasiliterasi Keuangan Pelaku UMKM." Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Vol. 3. No. 1. 2017.

Rahman, Abd, et al. "Pengembangan Literasi Dasar dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis pada Anak Usia Dini di Perumahan Indah Permai Desa Petatal." Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5.1 (2021): 674-680.

Teguh, Mulyo. "Gerakan literasi sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 1.2 (2020): 1-9.

Vivi, R. K., and Reni Kusmiarti. "Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi Serta Membantu Administrasi Sekolah Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Studi Kasus Smp Negeri 39 Bengkulu Utara." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKULIAH KERJA NYATA) 2.2 (2022): 480-484.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Trisna Taufik Darmawansyah, Yani Aguspriyani, Rezky Mehta Setiadi, Siti Marfu'ah, Miko Polindi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id