MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL MATERI MENGGAMBAR ILUSTRASI DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SUTERA

Nurhazirah Nurhazirah, Suib Awrus

Abstract


as for the purpose of the research that the researchers did, namely to improve student learning outcomes on illustration drawing material in class XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sutera through the use of video tutorial learning media. The researcher uses this type of Classroom Action Research. The implementation of the research starts from July to August in the odd semester of the 2022/2023 school year. The data collection tools the researchers used were (1) teacher observation sheets, (2) student observation sheets, and (3) learning outcomes test sheets. From the research findings through the use of video tutorial learning media, the achievement of student learning outcomes has increased very well. It was proven that there was a significant increase in student learning outcomes at the beginning, the average pre-cycle score was 73.00. then in the first cycle the average increased to 79.00 then in the second cycle it increased to 91.00.

 

Adapun tujuan dari penilitian yang peneliti lakukan yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menggambar ilustrasi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sutera melalui penggunaan media pembelajaran video tutorial. Peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan Juli sampai Agustus pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Alat pengumpulan data peneliti gunakan yaitu (1) Lembar observasi guru, (2) lembar observasi siswa, dan (3) lembar tes hasil belajar. Dari hasil temuan penelitian melalui penggunaan media pembelajaran video tutorial pencapaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat baik. Terbukti adanya kenaikan yang signifikan hasil belajar siswa pada awalnya nilai rata-rata prasiklus 73.00. lalu pada pelaksanaan siklus I rata-rata meningkat menjadi 79.00 kemudian pada siklus II meningkat senilai 91.00.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v10i2.4792
Abstract views : 424 times
PDF : 104 times

References


Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fadllah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suhanta, R. Y., Zubaidah, M. P., & Wisdiarman, M. P. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran Seni Rupa Di SMP Negeri Batusangkar. Serupa The Journal of Art Education, 7(1).

Yanti, N. H. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Bidang Studi Seni Budaya Tahun Ajaran 2016-2017 Pada Kelas X Sma Negeri 1 Longkali Kabupaten Paser. (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurhazirah Nurhazirah, Suib Awrus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id