KIAT MEMBUAT PEMBELAJARAN IPS TERPADU MODEL CONNECTED BAGI GURU DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penguasaan seorang guru dalam melakukan pembelajaran tepadu merupakan hal penting dalam setiap pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar. Tercapainya pembelajaran yang dilakukan seorang guru tidak terlepas dari model-model pembelajaran yang digunakan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didasarkan atas kenyataan bahwa tidak semua guru yang ada di Sekolah Dasar menguasai materi pembelajaran, hal tersebut dikarenakan para guru tersebut merupakan lulusan dari multidisiplin ilmu. Sehingga pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengalami kendala dalam proses penyampaian materi kepada peserta didik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru untuk menguasai model-model pembelajaran IPS terpadu yang sesuai dengan pembelajaran pada abad 21 dan khususnya pembelajaran pada masa pandemi ini. Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode observasi, wawancara dan participant-centered melalui teknik simulasi secara langsung, dan dilanjutkan dengan evaluasi pada tahap akhir kegiatan. Adapun target luaran yang dihasilkan dalam kegiatan ini adalah pengembangan model pembelajaran IPS terpadu yang inovatif pada era new normal.



References
Murfiah. (2017). Model Pembelajaran terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 1(1).
Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Priansa. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, Prestatif dalam Memahami Peserta Didik (1st ed.). Bandung: Pusataka Setia.
Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metodologi Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tirtoni. (2017). Pembelajaran terpadu di Sekolah Dasar. Sidoarjo: Umsida Press.
Trianto. (2007). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Amarila, R. S., Habibah, N. A., & Widiyatmoko, A. 2014. Pengembangan alat evaluasi kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa terpadu model webbed tema lingkungan. Unnes Science Education Journal, 3(2).
Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177-186.
Dewi, F. (2015). Proyek buku digital: Upaya peningkatan keterampilan abad 21 calon guru sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2).
Rachmawati, N., Setyowati, D. L., & Rusilowati, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Outdoor Learning. Journal of Primary Education, 2(2), 77-83.
Sholekhah, I. M. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan
Keluarga terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu melalui Motivasi Belajar SMP Negeri 1 Ambarawa (Studi Kelas VII Tahun Ajaran 2013/2014). Economic Education Analysis Journal, 3(2).
Sukmadinata, N. S. (2010). Pengembangan model pembelajaran terpadu berbasis budaya untuk meningkatkan apresiasi siswa terhadap budaya lokal. Cakrawala Pendidikan, (2), 81228.
Suryanda, A., Azrai, E. P., & Setyorini, D. (2021). Peningkatan Keterampilan Guru IPA dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4).
Sulistyo, I., Darsono, D., & Pujiati, P. (2014). Model Connected Dalam Pembelajaran IPS Berkarakter. Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies, 2(3).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sri Rahayu, Wibi Wijaya, Trina Febriani, Yanti Sri Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai III
Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id