Hakikat Sumber Daya (Fitrah, Akal, Qalb, dan Nafs) Manusia dalam Pendidikan Islam dan Pengembangannya dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer

Hendri Irawan

Abstract


This study aims to find out the nature of human resources (Fitrah, reason, heart and Nafsi) based on Islamic education and their development and relevance to contemporary Islamic education to become references and also sources of reading. This study is a qualitative study using a bibliographical approach, namely the research subject in the form of literature. The data in this study were obtained from documentation techniques originating from various scientific journals and books relevant to the object under study. The data collected was obtained through documentation techniques by selecting data from certain documents related to research problems. Documentation in this study is done through collecting, analyzing and making conclusions from the data that has been obtained. The results of the study explain that the nature of human resources (Fitrah, mind, heart and Nafsi) is a capacity and also a gift from Allah SWT which becomes innate since the human is born. In fact, every human being has a fitrah, namely knowing and believing in the oneness of God because. Furthermore, in human nature God provides potentials and is privileged by being given reason and lust so that he is different from other creatures created by God because. The process of Islamic education seeks to optimize every human potential so that it can develop for the better so that it expects that every human being can become a person who has Muslim character and is in accordance with Islamic law.

Penelitian ini bertujuan guna mencari tahu hakikat dari sumber daya(Fitrah, akal, qolbu dan Nafsi) manusia berdasarkan pendidikan Islam dan pengembangannya dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer untuk bisa menjadi referensi dan juga sumber bacaan. Studi ini merupakan studi kualitatif yang menggunakan pendekatan kepustakaan yakni subjek penelitian berupa literatur literatur pustaka. Data dalam penelitian ini diperoleh dari teknik dokumentasi yang asalnya dari berbagai jurnal serta buku ilmiah yang relevan terhadap objek yang diteliti. Data yang dikumpulkan diperoleh melalui teknik dokumentasi melalui pemilihan data-data dari dokumen-dokumen tertentu yang berhubungan terhadap permasalahan penelitian. Dokumentasi dalam studi ini dilakukan melalui pengumpulan, analisis dan membuat kesimpulan dari data yang telah diperoleh. Hasil studi menjelaskan bahwasanya hakikat sumber daya (Fitrah, akal, kalbu dan Nafsi) manusia merupakan kapasitas dan juga anugerah dari Allah SWT yang menjadi bawaan semenjak manusia tersebut dilahirkan. Sejatinya tiap-tiap manusia mempunyai Fitrah yakni mengenal dan percaya akan keesaan Tuhan karena. Selanjutnya di dalam fitrah manusia dibekali Allah potensi-potensi serta diistimewakan dengan diberikan akal, dan nafsu supaya beda dengan makhluk ciptaan Allah lainnya karena. Proses dari pendidikan Islam berupaya untuk mengoptimalkan setiap potensi dari manusia agar bisa berkembang untuk menjadi lebih baik sehingga mengharapkan bahwa setiap manusia dapat menjadi pribadi yang memiliki karakter muslim dan sesuai dengan syariat Islam.

Keywords


The nature of human resources, development, relevance, Islamic education

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v8i1.5104
Abstract views : 201 times
PDF : 2917 times

References


Aisyah, S. (2019). Pendidikan Fitrah dalam Perspektif Hadist (Studi tentang Fitrah Anak Usia 7-12 Tahun). Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Amarullah, A. I. (2019). STUDI KEDUDUKAN QALB DI DALAM BELAJAR MENURUT AL-GHAZALI.

Ardiansyah, S. (2021). Penafsiran Al-Sya’rawi Terhadap Ayat-ayat yang berkaitan dengan Al-Nafs. Jurnal Iman dan Spiritualitas.

Bangil, S. T. A. I. P. (n.d.). FUNGSI DAN TUJUAN KEHIDUPAN MANUSIA.

Benuf, K.,& Azhar, M. (2020). Metodologi penelitian hukum sebagai instrumen mengurai permasalahan hukum kontemporer. Gema Keadilan.

Faiz, A., Yandri, H., Kadafi, A., Mulyani, R. R., Nofrita, N.,& Juliawati, D. (2019). Pendekatan Tazkiyatun An-Nafs untuk membantu mengurangi emosi negatif klien. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Handayani, A. B.,& Suyadi, S. (2019). Relevansi konsep akal bertingkat Ibnu Sina dalam pendidikan Islam di era milenial. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam.

Huda, A. M. (2020). Otak dan Akal dalam Kajian Al-Qur’an dan Neurosains. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia.

Komarudin, D. (2020). Pemikiran Murtadha Muthahhari tentang Fitrah Manusia. Penerbit Fakultas Ushuluddin. Mansur, R. (2019). FILSAFAT MENGAJARI MANUSIA BERPIKIR KRITIS. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam.

Laksana, S. D. (2016). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (UNESCO) dan Tiga Pilar Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam.

Miftah, M. (2020). Quantum Learning dan Fitrah Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan.

Mumtahanah, N. (2019). Tafsir Ayat Al-Qur’an Tentang Qalb (kajian Tafsir Maudhu’i). Akademika.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar” perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran.

Mutholingah, S. (2021). Metode Penyucian Jiwa (Tazkiyah Al-Nafs) dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Islam. Talimuna: Jurnal Pendidikan Islam.

Mutmainah, M. (2021). Metode Muhasabah: Analisis Pendekatan psikologi Sufistik Perspektif Al-Ghazali: (Konsep Pendidikan Ruhaniyah Melalui Tazkiyatun Nafs). Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam.

Ni’mah, Z. A. (2021). ELAN ZIKIR SEBAGAI GENERATOR PERUBAHAN SOSIAL. Goresan Pena.

NurJanah, N.,& Suyadi, S. (2022). Akal dan Qalb dalam Perspektif Al Qur’an dan Neurosains. MANAZHIM.

Oktori, A. R. (2021). Hakikat Fitrah Manusia dan Pendidikan Anak dalam Pandangan Islam (Suatu Tinjauan Teoritis). AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik.

Saihu, S. (2019). Konsep Manusia dan Implementasinya dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam.

Shidiq, G. (2022). Teori maqashid al-Syari’ah dalam hukum Islam. Majalah Ilmiah Sultan Agung.

Warsah, I. (2018). Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah kajian Psikologi Islami. Psikis: Jurnal Psikologi Islami.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hendri Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id