Hakikat Sumber Daya (Fitrah, Akal, Qalb, dan Nafs) Manusia dalam Pendidikan Islam dan Pengembangannya dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna mencari tahu hakikat dari sumber daya(Fitrah, akal, qolbu dan Nafsi) manusia berdasarkan pendidikan Islam dan pengembangannya dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer untuk bisa menjadi referensi dan juga sumber bacaan. Studi ini merupakan studi kualitatif yang menggunakan pendekatan kepustakaan yakni subjek penelitian berupa literatur literatur pustaka. Data dalam penelitian ini diperoleh dari teknik dokumentasi yang asalnya dari berbagai jurnal serta buku ilmiah yang relevan terhadap objek yang diteliti. Data yang dikumpulkan diperoleh melalui teknik dokumentasi melalui pemilihan data-data dari dokumen-dokumen tertentu yang berhubungan terhadap permasalahan penelitian. Dokumentasi dalam studi ini dilakukan melalui pengumpulan, analisis dan membuat kesimpulan dari data yang telah diperoleh. Hasil studi menjelaskan bahwasanya hakikat sumber daya (Fitrah, akal, kalbu dan Nafsi) manusia merupakan kapasitas dan juga anugerah dari Allah SWT yang menjadi bawaan semenjak manusia tersebut dilahirkan. Sejatinya tiap-tiap manusia mempunyai Fitrah yakni mengenal dan percaya akan keesaan Tuhan karena. Selanjutnya di dalam fitrah manusia dibekali Allah potensi-potensi serta diistimewakan dengan diberikan akal, dan nafsu supaya beda dengan makhluk ciptaan Allah lainnya karena. Proses dari pendidikan Islam berupaya untuk mengoptimalkan setiap potensi dari manusia agar bisa berkembang untuk menjadi lebih baik sehingga mengharapkan bahwa setiap manusia dapat menjadi pribadi yang memiliki karakter muslim dan sesuai dengan syariat Islam.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/turast.v8i1.5104
Abstract views : 201 times
PDF : 2917 times
References
Aisyah, S. (2019). Pendidikan Fitrah dalam Perspektif Hadist (Studi tentang Fitrah Anak Usia 7-12 Tahun). Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Amarullah, A. I. (2019). STUDI KEDUDUKAN QALB DI DALAM BELAJAR MENURUT AL-GHAZALI.
Ardiansyah, S. (2021). Penafsiran Al-Sya’rawi Terhadap Ayat-ayat yang berkaitan dengan Al-Nafs. Jurnal Iman dan Spiritualitas.
Bangil, S. T. A. I. P. (n.d.). FUNGSI DAN TUJUAN KEHIDUPAN MANUSIA.
Benuf, K.,& Azhar, M. (2020). Metodologi penelitian hukum sebagai instrumen mengurai permasalahan hukum kontemporer. Gema Keadilan.
Faiz, A., Yandri, H., Kadafi, A., Mulyani, R. R., Nofrita, N.,& Juliawati, D. (2019). Pendekatan Tazkiyatun An-Nafs untuk membantu mengurangi emosi negatif klien. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Handayani, A. B.,& Suyadi, S. (2019). Relevansi konsep akal bertingkat Ibnu Sina dalam pendidikan Islam di era milenial. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam.
Huda, A. M. (2020). Otak dan Akal dalam Kajian Al-Qur’an dan Neurosains. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia.
Komarudin, D. (2020). Pemikiran Murtadha Muthahhari tentang Fitrah Manusia. Penerbit Fakultas Ushuluddin. Mansur, R. (2019). FILSAFAT MENGAJARI MANUSIA BERPIKIR KRITIS. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam.
Laksana, S. D. (2016). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (UNESCO) dan Tiga Pilar Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam.
Miftah, M. (2020). Quantum Learning dan Fitrah Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan.
Mumtahanah, N. (2019). Tafsir Ayat Al-Qur’an Tentang Qalb (kajian Tafsir Maudhu’i). Akademika.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar” perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran.
Mutholingah, S. (2021). Metode Penyucian Jiwa (Tazkiyah Al-Nafs) dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Islam. Talimuna: Jurnal Pendidikan Islam.
Mutmainah, M. (2021). Metode Muhasabah: Analisis Pendekatan psikologi Sufistik Perspektif Al-Ghazali: (Konsep Pendidikan Ruhaniyah Melalui Tazkiyatun Nafs). Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam.
Ni’mah, Z. A. (2021). ELAN ZIKIR SEBAGAI GENERATOR PERUBAHAN SOSIAL. Goresan Pena.
NurJanah, N.,& Suyadi, S. (2022). Akal dan Qalb dalam Perspektif Al Qur’an dan Neurosains. MANAZHIM.
Oktori, A. R. (2021). Hakikat Fitrah Manusia dan Pendidikan Anak dalam Pandangan Islam (Suatu Tinjauan Teoritis). AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik.
Saihu, S. (2019). Konsep Manusia dan Implementasinya dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam.
Shidiq, G. (2022). Teori maqashid al-Syari’ah dalam hukum Islam. Majalah Ilmiah Sultan Agung.
Warsah, I. (2018). Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah kajian Psikologi Islami. Psikis: Jurnal Psikologi Islami.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hendri Irawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id