Pelatihan Karya Tulis Ilmiah untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Madrasah di Kota Singkawang

Sukino Sukino, Ajat Sudarjat, Uyung Yuliza, M Amin, Rohmawati Rohmawati, Sri Lestari, Ahmad Yani

Abstract


The problem of developing professional competency among teachers through scientific works is still a major issue in Indonesia. The difficulty in writing academic papers has not yet found a proper solution in every educational institution. The purpose of this activity is to provide assistance in the form of Scientific Writing training to the teachers of State Madrasah Tsanawiyah and State Madrasah Ibtidaiyah in Singkawang City. The methods used are lectures, demonstrations, discussions, and writing practices. The training was conducted offline at the Ministry of Religious Affairs Hall in Singkawang, with 25 participants from State Madrasah Tsanawiyah and Ibtidaiyah in Singkawang City. The results showed that after the training, 100% of the madrasah teachers had conceptual knowledge of writing scientific papers well. Their writing ability improved by 70% after understanding the concept of academic writing, with a writing completion rate of 85%, and further follow-up is needed in online mentoring sessions. There are seven articles from teachers ready for review and publication, and two articles are ready for publication.

Masalah pengembangan kompetensi profesional guru melalui karya ilmiah masih menjadi isu utama di Indonesia. Kesulitan penulisan karya ilmiah belum menemukan solusi yang tepat di setiap lembaga pendidikan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan bantuan berupa pelatihan Karya Tulis Ilmiah kepada para guru Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Singkawang. Metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik menulis. Pelatihan dilakukan secara luring di Aula Kementerian Agama Singkawang, dengan peserta 25 orang dari Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Ibtidaiyah Kota Singkawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pelatihan, 100% guru madrasah memiliki pengetahuan konseptual menulis karya ilmiah dengan baik. Kemampuan menulis mereka meningkat 70% setelah memahami konsep penulisan akademik, dengan tingkat penyelesaian menulis 85%, dan tindak lanjut lebih lanjut diperlukan dalam sesi pendampingan online. Ada tujuh artikel dari guru yang siap direview dan dipublikasikan, dan dua artikel siap dipublikasikan.

Keywords


Training, Increase, Professional Competency, Scientific Writing, Madrasah Teachers, Singkawang.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v11i1.5870
Abstract views : 474 times
PDF : 332 times

References


Agustina, E. S. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 11(1).

Alimin, A. A., Hartati, M., & Simarmata, M. Y. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Kepada Guru Smp Se-Kota Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 21. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1537

Anshori, S. (2016). Strategi pembelajaran di era digital (tantangan profesionalisme guru di era digital). Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru.

Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(1).

Arif Widodo, U. (2021). analisis kesulitan mahasiswa PGSD dalam menulis ilmiah. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.55129/jp.v10i2.1312

Arifin, I., Juharyanto, J., Sultoni, S., Saputra, B. R., Adha, M. A., Bhayangkara, A. N., Rizkita, K., & Wulandari, P. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Layak Jurnal Nasional Ber-ISBN Berbasis Sitasi Online Bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Bondowoso. Jurnal KARINOV, 3(1). https://doi.org/10.17977/um045v3i1p16-21

Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3). https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678

Hendrik, M., & Martahayu, V. (2018). Pemahaman dan Partisipasi Guru Sekolah Dasar Dalam Menulis Karya Ilmiah. Society, 6(1). https://doi.org/10.33019/society.v6i1.61

Ibda, H. (2018). Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 1(1), 1–21. https://doi.org/10.24260/JRTIE.V1I1.1064

Juanda, J., & Azis, A. (2020). PKM Guru SMP dalam Peningkatan Penulisan Karya Ilmah Dengan Aplikasi Program Mendeley Di Kabupaten Pinrang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 895–898.

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat). https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128

M. Moeliono, A., Lapoliwa, H., & Alwi, H. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi keempat. In Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi keempat.

Mardin, H., Baharuddin, B., & Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa Style Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdidas, 1(3). https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.37

MenPAN-RB No. 16. (2009). Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, 2009(75), 31–47.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 11406.

Sudirman, A. M., Irmayani, I., Suardi, S., Upa, R., &

Darmawansyah, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Menggunakan Dasar- Dasar Aplikasi Mendeley. Abdimas

Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.30605/atjpm.v2i2.1228

Suhardi, M., & Gunawan, I. M. S. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru Di Indonesia. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.51878/community.v1i1.556

Ulum, B., Arifin, B., & AM, I. A. (2020). Pelatihan Penyusunan dan Publikasi Artikel Ilmiah Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v2i1.14891

Widayati, W., & Istihapsari, V. (2019). Workshop Penyusunan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Smp Muhammadiyah Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada

Masyarakat, 3(2), 225. https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.565

Yasir, M. (2020). Profil Artikel Ilmiah Hasil Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru Biologi SMA Se-Kab. Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i1.6849


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sukino, Ajat Sudarjat, Uyung Yuliza, M. Amin, Rohmawati, Sri Lestari, Ahmad Yani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id