PENGUATAN IDEOLOGI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN
Abstract
Pendidikan di era globalisasi seharusnya menekankan pada tumbuhnya pribadi yang terikat kepada norma-norma etnisitas atau kearifan lokal yang berkembang sesuai perkembangan zaman dan pribadi yang mempunyai identitas sebagai kelompok bangsa tertentu. Untuk menumbuhkan pribadi yang memiliki identitas budaya dalam menghadapi globalisasi tersebut dibutuhkan pendidikan yang trasformatif, yaitu pendidikan yang mampu mengembangkan kemampuan pribadi dalam memilih secara personal berbagai pengaruh di era globalisasi saat ini. Dasar-dasar local wisdom yang utama tersebut adalah nilai-nilai Pancasila. Pancasila adalah ideology genuine bangsa yang digali dari sejarah panjang dan budaya asli Indonesia. Pancasila seharusnya menjadi identitas bangsa Indonesia yang bhinneka. Sebagai idologi, Pancasila digali dari khazanah kebudayaan, sejarah kehidupan masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, masih tetap aktual dan relevan dengan kehidupa saat ini dan yang akan datang, termasuk dalam bidang pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/turast.v6i2.68
Abstract views : 4009 times
PDF : 2670 times
References
Abdullah, Irwan, 2006, “Dari Bounded Sistem ke Borderless Society: Krisis metode antropologi dalam Memahami Masyarakat Masa Kini”, Jurnal Antropologi Indonesia, vol 30, no 2,
Afif, Syaiful, 2015. The Rising of Middle Class in Indonesia: Opportunity and Challenge, Perencanaan Pembangunan,
Anyon, Jean, 2011, Marx and Education Routledge: Taylor & Francis,
Arief, Mahmud, 2008, Pendidikan Islam Transformatif Yogyakarta: LKiS,
Arifin, Syamsul, 2015, Studi Islam Kontemporer: Arus Radikalisasi dan Multikulturalisme di Indonesia Malang: Intrans Publishing,
Azra, Azyumardi, 2002. Pendidikan islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos
Bakar, M. Yunus Abu, 2012. Pengaruh Paham Liberalisme dan Neoliberalisme Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Jurnal Tsaqafah.
Basri, Faisal, 2013, Menemukan Konsensus Kebangsaan Baru, Negara, Pasar, dan Cita-Cita Kebangsaan Jakarta: Pusat Paramadina
Dantes, Nyoman, 2006, “Perspektif Kebijakan Pendidikan Dalam Menghadapi Tantangan Global”, Makalah, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Fanelli, Carlo dan Bryan Evan, 2015. “Capitalism in the Classroom: The Commodification of Education”, Alternative Routes: A Journal of Critical Social Research, vol 26,
Fanggidae, Fictoria, “Sinyal, Tanda Bahaya IPM Indonesia’, Kompas, 2/09/2016
Karman, Yonky, 2015. “Pancasila Cita-Cita Indonesia” Catatan Diskusi (Jakarta: Education and Kultur Forum (JEF), Kompas, 01/10/2016
Maarif, Ahmad Syafi’i, 2009, Islam dalam Bingkai Keindonesiaan: Sebuah Refleksi Sejarah Jakarta: Maarif Institute
Marbawi, Mahnan, 2016, Jakarta Education and Kultur Forum (JEF)
______, 2015, “Daya Semai Guru Lemah”, Media Indonesia.
______, 2016, Penguatan Pendidikan Nasional Berbasis Pendidikan Multkultur, Pancasila dan Peguatan Jati Diri Bangsa: Sebuah Catatan Diskusi (Jakarta: Education and Kultur Forum (JEF),
Miskawayh, Ibn, 1985. Tahzib al-Akhlaq fī al-Tarbiyah, Beirut: Dār al-Kutb al-‘Ilmiah
Nitobe, Inazo, 2015. Bushido The Soul of Japan, New York: Putman’s Sons
Rukmana, Aan dan Edi Lembong, 2015, Penyerbukan Silang Antarbudaya, Membangun Manusia Indonesia Jakarta: Elekmedia Komputindo,
Salim, Emil, 2016. Bangun Bangsa Pancasila, Jakarta: Kompas
Sunoto, 1982. Mengenal FIlsafat Pancasila Pendekatan Melalui Sejarah dan Pelaksanaannya, Yogyakata: Fak Ekonomi UII Yogyakarta
Susanto, Nugroho Noto, 1985. Tercapainya Konsensus Nasional 1966-1969, Jakarta Balai Pustaka,
Swasono, Sri Edi, 2015. Keindonesiaan Keberdaulatan dan Kemandirian, Yogyakarta: Univ Sarjana Wiyata Press
Tilaar, H.A.R., “Perguruan Tinggi dan Kebudayaan”, Mahnan Marbawi, ed., 2016, Penguatan Pendidikan Nasional Berbasis Pendidikan Multikultur dan Pancasila, Jakarta: Education and Kultur Forum,
______, Guru Kita: Artis Karakter & Kecerdasan Jakarta: Lamalera, 2016
______, 2012, Kaledoskop Pendidikan Indonesia: Kumpulan Karangan, Jakarta: Kompas Gramedia,
______, 2003, Kuasaan dan Pendidikan Magelang: IndonesiaTera,
______, 2007, Mengindonesia: Etnisitas dan Identitas Bangsa Indonesia Jakarta: Rineka Cipta,
______, 1999, Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia Bandung: Remaja Rosdakarya,
______, 2012, Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship dalam Pendidikan Nasional Jakarta: Kompas Gramedia,
Tjandraningsih, Indrasari, 2014, “Pasar Kerja Fleksibel dan Keadilan bagi Kaum Pekerja”, dalam Faisal Basri, Menemukan Konsensus Kebangsaan Baru, Negara Pasar, dan Cita-Cita Keadilan, Jakarta, Pusat ParamadinaZamakhsyari Dhofier, 1994. Tradisi Pesantren, Jakarta: LP3ES
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Turast : Jurnal Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id