Pendidikan Demokrasi Studi Relasi Komunikasi Politik terhadap Partisipasi Politik Menghadapi Pemilu

Mohamad Ikrom Arasid, Ita Rosita Wahyiah, Suherman Arifin, April Laksana, Safira Britantia De Fretes, Rida Astuti Pratiwi

Abstract


The case of not achieving the amount of community participation in the 2020 elections in Serang Regency in accordance with the planned target of 75% has become a concern for election organizers. To overcome this case, one of them is by involving the community as subjects in political activities and can utilize the role of the media as a means of increasing political participation. The purpose of this community service is to provide an understanding of the role of the media and political participation. While the method used is Participatory Action Research (PAR), which provides information through seminar activities and two-way question and answer discussions about the role and impact of the media and types of political participation. The results of these activities are that the community is less aware of the role of the media as a means to increase political participation, a source of knowledge information and as a means of criticism, suggestions and responses. Also, participation is not only as an object but also as a subject of change. On this basis, the government and other stakeholders need to develop a sustainable political education program to increase awareness of political participation and form social groups concerned with democracy.

Kasus tidak tercapainya jumlah partisipasi Masyarakat pada Pemilihan Tahun 2020 di Kabupaten Serang sesuai dengan target yang direncanakan yakni 75%, menjadi peerhatian penyelenggara pemilu. Untuk mengatasi kasus tersebut salah satunya dengan pelibatan Masyarakat sebagai subyek dalam kegiatan politik serta dapat memanfaatkan peran media sebagai sarana meningkatkan partisipasi poltik. Adapun tujuan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan pemahaman perihal peran media dan partisipasi politik. Sedangkan metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yakni memberikan informasi melalui kegiatan seminar serta diskusi tanya jawab secara dua arah tentang peran dan dampak media serta jenis partisipasi politik. Hasil dari kegiatan tersebut yakni Masyarakat kurang menyadari peran media sebagai sarana untuk meningkatkan partisipasi politik, sumber informasi pengetahuan serta sebagai sarana kritik, saran dan tanggapan. Pun partisipasi tidak hanya sebagai obyek namun juga sebagai subyek perubahan. Atas dasar demikian, pemerintah serta stakeholder lainnya perlu menyusun program Pendidikan politik secara berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran partisipasi politik serta membentuk kelompok sosial peduli demokrasi.


Keywords


Komunikasi Politik; Partisipasi Politik; Pemilu

Full Text:

PDF

References


Afandi, A., Nabiela Laily, Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S.,

Parmitasari, Ayu, R. D., Nurdiyanah, Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. In Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Alfani, H. (2018). PERAN FACEBOOK DALAM KAMPANYE POLITIK PEMILUKADA DI KABUPATEN OGAN KEMIRING ULU. Lugas, 2 (1), 42–50.

Alfiyani, N. (2018). Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Politik. Potret Pemikiran, 22 (2, 57–69.

Arasid, M. I., Djuyandi, Y., & Sumadinata, R. W. (2022). Strategi Komunikasi Politik Untuk Memperoleh Dukungan Pemuda Dalam Pilkada Kota Serang: Studi Pada Pasangan Calon Syafrudin-Subadri. Jurnal Sosial Politik, 8(1), 62–77. https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v8i1.12779

Arifin, A. (2011). Komunikasi Politik, Filsafat, Paradigma, Teori, Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Graha Ilmu.

Budiardjo, M. (2007). Dasar-Dasar Ilmu Politik (Revisi). PT Gramedia Pustaka Utama.

Dwitama, M. I., Hakiki, F. A., Sulastri, E., Usni, & Gunanto, D. (2022). MEDIA SOSIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DI PILKADA 2020 TANGERANG SELATAN. 3(1), 54–66.

Indrawan, J., Rosa, A. J., Ilmar, A., & Nathanael, G. K. (2021). Partisipasi Politik Masyarakat di Era Politik Siber. Journal of Political Issues, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.33019/jpi.v3i1.44

Krina Loina Lalolo, P., & dan Munawaroh Zainal. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Bingkai Jejaring Sosial Di Media Sosial. Jurnal ASPIKOM, 3(4), 737–753. http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/210/141

Mayeni, R., Syafti, O., & Sefrinal. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Dikalangan Remaja Dilihat dari Nilai-Nilai Karakter. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 7(2), 234.

Mitchelstein, E., Matassi, M., & Boczkowski, P. J. (2020). Minimal Effects, Maximum Panic: Social Media and Democracy in Latin America. Social Media and Society, 6(4). https://doi.org/10.1177/2056305120984452

Muzahid Akbar Hayat, Sjaiful Jayadiningrat, Gunawan Wibisono, & Muhammad Iwu Iyansyah. (2021). Peran Media Sosial Dalam Komunikasi Politik. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(1), 104–114. https://doi.org/10.36418/jist.v2i1.61

Oktama Andriyendi, D., & Fitria Dewi, S. (2023). Media sosial dan pengaruhnya terhadap partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada.

Journal of Education, Cultural and Politics, 101(1), 2798–6020.

Pakpahan, M. R. (2020). Hasil Pleno KPU Kabupaten Serang: Pasangan Ratu Tatu-Pandji Tirtayasa Unggul 429.054 suara - Tribunbanten.com. TRIBUNBANTEN.COM. https://banten.tribunnews.com/2020/12/16/hasil-pleno-kpu-kabupaten-serang-pasangan-ratu-tatu-pandji-tirtayasa-unggul-429054-suara

Ramadhani, D. A., Putri, C. W., & Pratiwi, D. K. (2021). Sosialisasi Virtual Kesadaran Hukum Hak Pilih di Desa Panyirapan Menjelang Pilkada Kabupaten Serang Propinsi Banten Tahun 2020. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 16–22. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2021.2.1.16-22

Sala, J. F. aguirre. (2014). El potencial de los medios digitales ante la participación ciudadana tradicional y en el presupuesto participativo. Comunicacion y Sociedad, 38, 211–229.

Surbakti, R. (1992). MEMAHAMI ILMU POLITIK. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Susanto, E. H. (2017). MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENDUKUNG JARINGAN KOMUNIKASI POLITIK. JURNAL ASPIKOM, vOL. 3,(3), 379–398.




DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v11i2.6824

Refbacks



Copyright (c) 2023 Mohamad Ikrom Arasid, Dkk...

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: turast@uinib.ac.id