EKSTRAKURIKULER DALAM MENGEMBANGKAN DIRI PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Aziza Meria

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari keinginan madrasah dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler. Seperti kegiatan muhadharah dan kaligrafi peserta didik. Tujuan penelitian ini ingin menggambarkan pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler muhadharah dan kaligrafi  dalam mengembangkan diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis  deskriptif. Sunber data atau informan adalah guru pembina kegiatan ekstrakurikuler, peserta didik kelas VIII dan Kepala Sekolah MTsN Tapan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kegiatan ekstrakurikuler seperti muhadharah ternyata mampu mengembangkan diri peserta didik. Hal itu ditunjukan dengan tumbuhnya rasa percaya diri dan meningkatnya kemampuan komunikasi peserta didik. Kegiatan ekstrakulikuler dalam bentuk kegiatan kaligrafi ternyata dapat menumbuhkan rasa sabar, teliti, dan kreatif. Hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan melukis kaligrafi dengan corak yang lebih baik, halus, dan beragam gaya. 2) Peningkatan pengembangan diri peserta didik selain karena faktor dalam diri mereka juga didukung oleh perhatian dan kebijakan kepala sekolah seperti menyediakan fasilitas latihan, dan pelatih yang profesional. Sedangkan kendalanya adalah waktu latihan yang kurang,  sarana prasarana pendukung yang belum memadai.


Keywords


Ekstrakurikuler, muhadharah, kaligrafi, dan pengembangan diri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v6i2.70
Abstract views : 8228 times
PDF : 3426 times

References


Ahmadi, Abu & Noor Salimi, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Aliman, Pembina Kaligrafi dan Guru Agama MTsN Tapan Kabupaten Pesisir Selatan, wawancara langsung, Rabu 24 Agustus 2016

al-Maragy, Ahmad Mustafa, Terjemahan Tafsir Al-Maragy juz 28, Semarang : Toha Putra, 1974

AR, D.Sirojuddin, Seni Kaligrafi Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1992

Arifin, Muzain, Kapita Selekta Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

DepartemenAgama RI, Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005

____, Pedoman Kegiatan Pengembangan Diri, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005

Hadinegoro, Luqman, Teknik Seni Berpidato Mutakhir, (Yogyakarta: Absolut,2007

Hasan, Iqbal, Pokok-Pokok Materi Metode Penelitian Dan Aplikasinya,Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002

Khaerudin, dkk, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasi di Sekolah, Yogyakarta: Nuansa Kasara, 2007

Khoiri, Ilham R, Al-Qur’an dan Kaligrafi Arab,Jakarta: Logos, 1999

Mulyasa E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ), Bandung: PT: Remaja Rosdakarya, 2009

Muslich, Masnur, KTSP (Kurikulum) Dasar-dasar Pemahaman dan Pengembangan, Jakarta : Bumi Aksara, 2008

Nurdin, Syafruddin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Quantum Teaching, 2005

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2004

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Undang-Undang No 20 Tahun 2003, Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika, 2003

Yusuf, A. Muri, Metodologi Penelitian, (Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Padang, 2003),


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Turast : Jurnal Sosial Keagamaan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id