EKSTRAKURIKULER DALAM MENGEMBANGKAN DIRI PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari keinginan madrasah dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler. Seperti kegiatan muhadharah dan kaligrafi peserta didik. Tujuan penelitian ini ingin menggambarkan pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler muhadharah dan kaligrafi dalam mengembangkan diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Sunber data atau informan adalah guru pembina kegiatan ekstrakurikuler, peserta didik kelas VIII dan Kepala Sekolah MTsN Tapan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kegiatan ekstrakurikuler seperti muhadharah ternyata mampu mengembangkan diri peserta didik. Hal itu ditunjukan dengan tumbuhnya rasa percaya diri dan meningkatnya kemampuan komunikasi peserta didik. Kegiatan ekstrakulikuler dalam bentuk kegiatan kaligrafi ternyata dapat menumbuhkan rasa sabar, teliti, dan kreatif. Hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan melukis kaligrafi dengan corak yang lebih baik, halus, dan beragam gaya. 2) Peningkatan pengembangan diri peserta didik selain karena faktor dalam diri mereka juga didukung oleh perhatian dan kebijakan kepala sekolah seperti menyediakan fasilitas latihan, dan pelatih yang profesional. Sedangkan kendalanya adalah waktu latihan yang kurang, sarana prasarana pendukung yang belum memadai.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/turast.v6i2.70
Abstract views : 8228 times
PDF : 3426 times
References
Ahmadi, Abu & Noor Salimi, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008
Aliman, Pembina Kaligrafi dan Guru Agama MTsN Tapan Kabupaten Pesisir Selatan, wawancara langsung, Rabu 24 Agustus 2016
al-Maragy, Ahmad Mustafa, Terjemahan Tafsir Al-Maragy juz 28, Semarang : Toha Putra, 1974
AR, D.Sirojuddin, Seni Kaligrafi Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1992
Arifin, Muzain, Kapita Selekta Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008
DepartemenAgama RI, Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005
____, Pedoman Kegiatan Pengembangan Diri, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005
Hadinegoro, Luqman, Teknik Seni Berpidato Mutakhir, (Yogyakarta: Absolut,2007
Hasan, Iqbal, Pokok-Pokok Materi Metode Penelitian Dan Aplikasinya,Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002
Khaerudin, dkk, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasi di Sekolah, Yogyakarta: Nuansa Kasara, 2007
Khoiri, Ilham R, Al-Qur’an dan Kaligrafi Arab,Jakarta: Logos, 1999
Mulyasa E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ), Bandung: PT: Remaja Rosdakarya, 2009
Muslich, Masnur, KTSP (Kurikulum) Dasar-dasar Pemahaman dan Pengembangan, Jakarta : Bumi Aksara, 2008
Nurdin, Syafruddin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Quantum Teaching, 2005
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2004
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Undang-Undang No 20 Tahun 2003, Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika, 2003
Yusuf, A. Muri, Metodologi Penelitian, (Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP Padang, 2003),
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Turast : Jurnal Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id