Pembinaan Literasi Al-Qur’an dengan Metode Bersanad pada Komunitas Daurah Al-Qur’an di Aceh Tamiang

Mulizar Mulizar, Cut Fauziah

Abstract


This service research discusses coaching and guidance to increase Al-Qur'an literacy using the Al-Qur'an singing method in the Al-Qur'an community. The aim of this service is to introduce the method of sanad al-Qur'an and improve the quality of reading based on sanad al-Qur'an. This article was produced from the service carried out in the Islamic Quran community in Aceh Tamiang. The method used in this service research is Participatory Action Research (PAR), the use of the PAR method is because in this research the researcher is directly involved in coaching activities. This coaching was carried out for two months with a duration of 16 face-to-face meetings with a total of 20 trained participants. The stages used in the learning method consist of 3 stages; first, learn makhraj and Tajweed; second, fluency in reciting the Koran; third, learn to understand the differences in qiraat based on the sanad of the Koran. The results of the guidance showed that the participants in the Al-Qur'an cycle experienced increased Al-Qur'an literacy using the Al-Qur'an sanad method, and had understood various types of Al-Qur'an sanad in reading the Al-Qur'an. This increase can be seen from the scores obtained during the pre-test and post-test

Penelitian pengabdian ini membahas tentang Pembinaan serta bimbingan untuk meningkatkan literasi Al-Qur’an yang menggunakan metode bersanad Al-Qur’an pada komunitas daurah al-Qur’an. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk mengenalkan metode sanad al-Qur’an serta memperbaiki kualitas bacaan berdasarkan sanad al-Qur’an. Tulisan ini dihasilkan dari pengabdian yang dilakukan pada komunitas daurah al-Quran di Aceh Tamiang. Metode yang digunakan dalam penelitian pengabdian ini adalah Penelitian Aksi Partisipatif (PAR), penggunaan metode PAR dikarenakan penelitian ini peneliti terlibat langsung dalam kegiatan pembinaan. Pembinaan ini dilaksanakan selama dua bulan dengan durasi 16 kali pertemuan tatap muka dengan jumlah peserta binaan mencapai 20 peserta. Tahapan yang digunakan dalam metode pembelajaran terdiri dari 3 tahap; pertama, belajar makhraj dan Tajwid; kedua, kelancaran dalam mengaji; ketiga, belajar memahami perbedaan qiraat berdasarkan sanad al-Qur’an. Hasil bimbingan menunjukan bahwa peserta daurah al-Qur’an mengalami peningkatan literasi Al-Qur’an dengan menggunakan metode sanad Al-Qur’an, serta telah memahami sanad al-Qur’an dengan pelbagai jenis dalam membaca al-Qur’an. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai yang diperoleh pada saat pre-test dan post-test.


Keywords


Pembinaan, literasi Al-Qur’an, Metode Bersanad

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v11i2.7238
Abstract views : 30 times
PDF : 23 times

References


Agus Afandi, Nabiela Laily, Noor Wahyudi, Muhammad Helmi Umam, Ridwan

Andi Kambau, Siti Aisyah Rahman, Mutmainnah Sudirman, Jamilah, Nurhira

Abdul Kadir, Syahruni Junaid, Serilah Nur, Rika Dwi, Ayu Parmitasari, Nurdiyanah, Marzuki Wahid, J. W. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (J. W. Suwendi, Abd. Basir (ed.); Vol. 21, Issue 1). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Al-Qardhawi, Y. (2000). Bagaimana Berinteraksi dengan al-Quran (P. Al-Kautsar (ed.)).

Al-Qattan, M. K. (2010). Mabahis Fi Ulumil Qur’an (3rd ed.). Pustaka Litera Antar Nusa.

Alias, N. (2020). Gaya Penulisan Dan Kesungguhan Ulama Klasik Dan Kontemporari Terhadap Ilmu Sanad Al-Qur’ān. Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporari, 21(3), 165–177.

Awaluddin, M. &. (2022). Potret Tilawah Al-Qur’an: Analisis Lahn Membaca Al-Qur’an (Studi Pada Mahasiswa IAIN Langsa, Aceh). Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 22(2).

Fauziah, C. (2019). Implementasi Qiraat Sab’Ah Dalam Qiraat Alquran. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir, 4(1), 101–119. https://doi.org/10.32505/tibyan.v4i1.648

Hasanah, U. (2015). PESANTREN DAN TRANSMISI KEILMUAN ISLAM MELAYU-NUSANTARA; LITERASI, TEKS, KITAB DAN SANAD KEILMUAN. ’Anil Islam, 8(2), 203–224.

Mohamad, N. bin A. & K. A. bin. (2019). Penelitian Terhadap Kriteria dan Tekstual Ijazah Sanad Al-Quran. Mu’alim Al-Quran Wa Al-Sunnah2, 15(2), 76–92.

Mohamad Redha Mohamad, Farhah Zaidar Ramli, N. A. (2020). Relevansi Pewarisan Sanad Talaqqi al-Quran. Al-Turath, Journal of Al-Quran and Al-Sunnah, 5(32–38).

Mohd Hasbie al-Shiddieque bin Ahmad, Khairul Anuar bin Mohammad, S. N. A. S. (2019). Sanad al-Quran Syeikh Kuraim Rajiḥ: Satu Penelitian. Jurnal Pengajian Islam, 12(2), 46–61.

Muhazir. (2022a). Pembinaan Tahsin Alquran dengan Metode Tilawati bagi Mahasiswa Hukum Tata Negara Fakultas Syariah IAIN Langsa. Jurnal Dedikasia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 132–144.

Muhazir. (2022b). Peningkatan kemampuan baca Al-Quran dengan metode qiraati pada Jamaah Babul Jannah Kota Langsa. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 51–60.

Ramdhoni, A. (2013). Al-Quran dan Literasi: Sejarah Rancang-Bangun Ilmu-ilmu Keislaman (Literatur).

Pemberdayaan Madrasah Melalui Implementasi Metode Ummi Untuk Peningkatan Pembelajaran Al-Quran Di MI Maslakul Huda Lamongan, (2022).

Solehuddin, S. (2019). Keefektifan Program Literasi Alquran Di Sekolah-Sekolah Swasta Non-Agama Dalam Kerangka Penguatan Karakter (Kajian Di Jawa Barat). Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 3(2), 168–188. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i2.3790

Syafi’i, S. (2020). Urgensitas Sanad Sebagai Modal Sosial Pesantren Dalam Deradikalisasi Islam. The International Journal OF PeGoN Islam Nusantara Civilization, 3(2), 123–124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mulizar, Cut Fauziah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id