Edukasi Metode Pembayaran QRIS untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Digital bagi UMKM Dusun Mojo

Rifani Sholihah, Eka Ary Wibawa

Abstract


Abstract
Mojo Hamlet becomes one of the Hamlet in Gunungkidul Regency that has high potential in the MSMEs (Micro, Small, Medium Enterprise). However, Mojo Hamlet still needs to upgrade its digital knowledge, especially in the field of commerce. Therefore, the researcher initiated a community service program about Socialization and Facilitation of Digital Payments Through QRIS for MSMEs in Mojo Hamlet. This program was done by five members of community service from July until September using the Socialization and Facilitation method through QRIS. The aim of this program is to increase awareness of technology, increase competitiveness among other business actors who are starting to use digital technologies, and advance the people of Mojo Hamlet's economy. The socialization method consists of 2 steps, create the learning materials and outreach processes to MSMEs actors. The QRIS production in the facilitation method implemented the following steps: 1) Data collection on MSMEs that will receive QRIS facilitation, 2) QRIS production for MSMEs actors, 3) QRIS printing process in hard file form, 4) QRIS distribution to MSMEs actors. From 69 MSMEs in Mojo Hamlet, there are seven MSMEs that are qualified to received QRIS facilitation.
Keywords: Digital Payments, MSMEs, QRIS, Socialization

Abstrak
Dusun Mojo menjadi salah satu dusun di Gunungkidul yang memiliki potensi UMKM, namun masih belum diimbangi digitalisasi. Untuk itu peneliti menginisiasi program pengabdian masyarakat Sosialisasi dan Fasilitasi Pembayaran Digital Melalui QRIS Bagi UMKM di Dusun Mojo. Program ini dilaksanakan oleh lima orang anggota pengabdian masyarakat dari bulan Juli hingga September menggunakan metode sosialisasi dan fasilitasi QRIS. Tujuan dari program kerja ini adalah untuk meningkatkan kepekaan terhadap teknologi, meningkatkan daya saing antarpelaku usaha lain yang mulai merambah di dunia digital, dan memajukan perekonomian. Pelaksanaan sosialisasi terdiri dari dua tahap, yaitu pembuatan materi dan proses sosialisasi kepada pelaku UMKM. Fasilitasi pembuatan QRIS dilaksanakan melalui tahapan berikut: 1) Pendataan UMKM yang akan menerima fasilitasi QRIS, 2) Pembuatan QRIS bagi UMKM, 3) Proses pencetakan QRIS secara hardfile, dan 4) Pendistribusian QRIS cetak kepada UMKM. Dari 69 UMKM yang ada di Dusun Mojo, tujuh diantaranya memenuhi kriteria dan mendapatkan fasilitasi pembuatan QRIS.
Kata Kunci: Pembayaran Digital, QRIS, Sosialisasi, UMKM

Keywords


Digital Payments, MSMEs, QRIS, Socialization

References


Bank Indonesia. QRIS. https://www.bi.go.id/QRIS/default.aspx. Diakses pada 11 Oktober 2023. 08:35.

DANA Bisnis. 2023. https://www.dana.id/business. Diakses pada 2 Agustus 2023. 14.00.

Dzakisyah Alyus Mubarak. 2022. Implementasi Sistem Aplikasi Pembayaran Digital Payment Dalam Pelaksanaan Pembayaran Berbasis Cashless di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Keuangan Publik. Vol 6, No. 2. Halaman 115-122.

Erlinda Sholihah & Risma Nurhapsari. 2023. Percepatan Implementasi Digital Payment pada UMKM; Intensi Pengguna QRIS Berdasarkan Technology Acceptance Model. Jurnal Nominal. Vol. 12, No. 1. Halaman 3.

Jefry Tarantang, dkk. 2019. Perkembangan Sistem Pembayaran Digital pada Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Al-Qardh. Vol 4. Halaman 3.

Kominfo. Satu QR Code untuk Semua Pembayaran. https://www.kominfo.go.id/content/detail/33001/satu-qr-code-untuk-semua-pembayaran/0/artikel. Diakses pada 12 Oktober 2023. 12:00.

Listiawati et al. 2022. QRIS Efficiency in Improving Digital Payment Transaction Services for Culinary Micro-Small and Medium Enterprises in Depok City. Iora Journal. Vol. 3, No. 2. Halaman 5.

Luh Putu Mahyuni & I Wayan Arta Setiawan. 2021. Bagaimana QRIS menarik minat UMKM? Sebuah Model Untuk Memahami Intensi UMKM Menggunakan QRIS. Jurnal FEB Unmul. Vol. 23, No. 4. Halaman 9.

Musa F. Silaen dkk. 2021. Effect Analysis Of Benefit Perception, Ease Perception, Security And Risk Perception Of Merchant Interest In Using Quick Response Indonesia Stansard (Qris). International Journal of Science, Technology & Management. Vol. 2, No. 5. Halaman 5.

OJK. Makin Mudah dan Aman dengan QRIS. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10522. Diakses pada 11 Oktober 2023. 08:49

Siti Syawalluna Ghaida. Mengenal Lebih Jauh Transaksi Non Tunai dengan QRIS, Solusi Inovastif pada Era Digital. https://www.kompasiana.com/sitisyawallunaghaida7716/651f47f3ee794a4b2245ec82/mengenal-lebih-jauh-transaksi-non-tunai-dengan-qris-solusi-inovatif-pada-era-digital?lgn_method=google. Diakses pada 12 Oktober 2023. 03:14.

Suryanto dkk. 2022. Penggunaan Digital Payment pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. AdBispreneur. Vol 7, No. 1. Halaman 3.

Wahyudin, Herlissha, Christianingrum, & Aldesi. 2022. The Utilization of E-Commerce and QRIS as Digital Payment Tools to Improve Sales Performance through Competitive Advance in MSME. Jurnal of Consumer Sciences. Vol. 7, No. 2. Halaman 134-147.




DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v12i2.7246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rifani Sholihah, Eka Ary Wibawa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: turast@uinib.ac.id