FENOMENA KELANGKAAN PEMINAT PROGRAM STUDI PERBANDINGAN MAZHAB FAKULTAS SYARI’AH UIN IMAM BONJOL PADANG

Elfia Elfia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penyebab kelangkaan peminat pada Program Studi Perbandingan Mazhab Fakultas Syar’ah UIN Imam Bonjol Padang. Adanya penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena peminat prodi Perbandingan Mazhab pada dekade akhir ini, yang ditunjukkan oleh data lapangan bahwa berkisar tahun 2010 sampai sekarang, peminat prodi ini drastis menurun, sehingga dapat disebut prodi Perbandingan Mazhab menjadi prodi sepi peminat. Sementara sejak awal terbentuk prodi Perbandingan Mazhab memiliki peminat yang luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan data jumlah mahasiswa prodi Perbandingan Mazhab pada tahun-tahun awal berdirinya prodi ini. Dalam penelitian ini ada beberapa hal yang ingin dijawab di antaranya apa faktor yang menyebabkan prodi Perbandingan Mazhab mengalami kelangkaan peminat, bagaimana profil (input dan out put) mahasiswa yang memilih prodi Perbandingan Mazhab dan bagaimana kebijakan yang dilakukan prodi Perbandingan Mazhab untuk menanggulangi kondisi prodi langka peminat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research dengan pendekatan deskriptis kualitatif dengan mengolah data yang didapat melalui wawancara, dokumentasi dan kuisioner (angket).Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan kelangkaan peminat pada prodi Perbandingan Mazhab : dampak dari semakin berkurangnya pesantren yang berbasis kitab kuning, sosialisasi yang tidak memadai, kurikulum prodi yang berat dan sulit, perubahan IAIN menjadi UIN, dan kultur belajar yang berbeda antara mahasiswa dulu dan sekarang.Profil mahasiswa yang memilih prodi Perbandingan Mazhab yang dilihat dari in put dan out put menggambarkan in put yang ada saat ini lebih banyak mahasiswa yang berasal dari SMA/SMK dibanding dari pesantren sehingga mempengaruhi kualitas prodi Perbandingan Mazhab yang notabenenya menghasikan alumni yang mumpuni dalam penguasaan kitab kuning. Out put dari mahasiswa yang lulus prodi Perbandingan mazhab juga tergambar, tidak lagi seperti alumni yang lulus pada dekade awal dulu.Upaya yang bisa dilakukan oleh pengambil kebijakan dalam menyikapi fenomena ini adalah berkerja keras mensosialisasikan PM terutama ke pesantren-pesantren, mengutamakan dosen yang memiliki skill dalam penguasaan kitab kuning untuk materi yang berbasis kitab, meningkatkan kompetensi Perbandingan Mazhab, re-orientasi terhadap out put yang tinggi dengan ketersediaan in put yang ada, perlu adanya program khusus untuk membantu mahasiswa dan mengakomodir mahasiswa yang memiliki skill yang kuat dalam bahasa Arab.



DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v8i1.8154
Abstract views : 10 times

References


Dokumentasi prodi Perbandingan Mazhab dan Dokumentasi database Akademik Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang

Bungin, Burhan, 2007, Penelitian Kualitatif : Komunikasi Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta, Kencana, h. 144

Ermawati, Fety, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol.XV, No. 1, 2012, h. 12-26

Furchan, Arief, Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia, (Yogayakarta: Gama Media, 2004), h. 128

Gunawan, Yuliana , Jurnal Ilmiah Akuntansi Vol.4 No.1 November 2004 Hal.39-48.

Heri P, Artikel tentang Pengertian Minat Menurut Para Ahli, 1998, h.32

Johny Killis, 1988, dalam ewbsite http//teori minat menurut ahli.

M. Nurtanto, M. Fawaid, Y. Fargianti, S.D Ramdani, S. Nurhaji, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol.14, 2017, No.1

Najalian, M, et.al, Factors Affecting Increase (decrease) in Interest and Guilding Student Toward Higher Education, Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 2013, h. 980-985

Risnawati, Erlita dan Soni Agus Irwandi, The Indonesian Accounting Review Vol.2 No.1 Hal.63-72.

Sovia, Penelitian pada Program Studi Akuntansi prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma, 2007.

Sryabrata, Sumadi , 1998, dalam website http//teori minat

Williams, K.C, Five Key Ingredients for Improving Student Motivation: Research in Heigher Educational Journal , 2013, h. 104-122

Witherington, H.C, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Aksara BAru, 1999, h.44

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2002. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi Lathif, 2012. Pengaruh Lingkungan Belajar, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Kelas X SMA Negeri 01 Kota Mungkid, Magelang. Tesis.(eprints.uny.ac.id>jurnal)

Hadi, Sutrisno. 2002. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

. 1992. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Setyowati. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Universitas Negeri Semarang. (Online), (http://Wodrpres.Com, Diakses 26 November 2016).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wawancara dengan Bapak Zainal Azwar

Wawancara dengan Bapak Jecky Bus

Wawancara dengan Bapak Alfadli

Wawancara dengan Bapak Nurus Shalihin

Wawancara dengan Ibu Idawati Djohar

Wawancara dengan Ibu Surwati


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elfia Elfia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office
Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Copyright©. Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), Gedung Rektorat Lantai I
Kampus III Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang - All rights reserved
Email: lp2m@uinib.ac.id