al-La'alli al-Mashnu'ah fi al-Ahadis al-Maudhu'ah

Jendri Jendri

Abstract


Tulisan ini merupakan kajian tentang hadis al-Maudhu>’ dalam kitab al-La’alli al-Mashnu>’ah al-Aha>dis al-Maudhu>’ah karya al-Suyuthi. kitab ini menjelaskan tentang hadis-hadis al-Maudhu>’ dan secara taklangsung memberikan komentar atau kritikan terhadap al-Jauzi yang sangat memuat hadis-hadis Maudhu> dalam kitabnya. Adapun tujuan yang membuat as-Suyuthi dalam kegelisahannya akademisnya yaitu terdapat hadis-hadis shahih, hasan, dan selainnya bahkan ada beberapa hadis dha’if yang belum dicantumkan kedalam kitab al-Maudhu>’at- Ibnu al-Jauzi. Oleh karena as-Sayuthi mencoba memberikan kontribusi melalui kitabnya itu dengan meringkas kitab al-Jauzi ini dan memberikan kritikan-kritikan ataupun komentar dengan merujuk berbagai kitab seperti al-Ta>rikh, al-Kha>tibi, al-Ha>kim, al-Ka>mil, Ibnu ‘A>di, al-Du’afa’, Afrad al- Da>rul Quthni. Oleh karena itu diperlukan analis yang lebih terkait dengan hadis Maudhu> tersebut. Penelitian ini  menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu mengambil langsung dari buku-buku yang berkaitan dengan hadis-hadis Maudhu>’ dan keterkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Dalam pengolahan data menggunakan metode analisis isi (content analisis). Sedangkan dalam menarik kesimpulan menggunakan metode deduktif dimana data yang terkumpul diolah secara selektif dan sistematis kemudian ditariklah kesimpulan khusus yang merupakan hasil dari penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Secara umum kitab ini bisa digolongkan sebagai menghimpun hadis-hadis maudhu>’ disertai dengan komentar-komentar dengan mengutip kitab hadis. Dalam kitab tersebut as-Suyuthi memberikan komentar-komentar di dalamnya, dengan  menggunakan pendapat-pendapat ulama hadis yang lain. Sehingga dikatakan kitab al-Suyuthi dikatakan al-Kubra>, sedangkan kitab al-Jauzi dikatakan al-Sugra>.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/ju.v8i3.1158
Abstract views : 39 times
PDF : 21 times

References


al-Bukhari, Abu ‘Abdillah Munammad bin Isma’il. Shahih al-Bukhari. Beirut: Dar Ibn Kasir. 1993.

al-Suyuthi, Abi al-Fadl Jalal al-Din Abd Rahman. Mu’tarak al-Aqran I’jaz al-Qur’an.

Jalal al-Din al-Suyuthi, Argumen As-Sunnah: Kontra atas Penyimpangan Sumber Hukum Orisinal. Surabaya: Risalah Gusti. 1996.

Jalal al-Din al-Suyuthi. Argumen As-Sunnah: Kontra atas Penyimpangan Sumber Hukum Orisinal. Bairut: Dar al-Kutub al-‘Alamiyyah, 1988.

Jauhari, Wildan Mengenal Imam al-Suyuthi. Jakarta: Rumah Fiqh Publising. 2018.

Sri Mahrani, Metode Jalaluddin al-Suyuthi dalam Menafsirkan al-Qur’an: Tinjauan terhadap Tafsir al-Durr al-Matsur fi al-Tafsir al-Ma’tsur. Riau: Skripsi UIN Sulttan Syarif Kasim. 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.