Tradisi Pembacaan Surat Al-Waqi’ah Dan Surat Al-Mulk Di Pondok Pesantren Mambaul Hikam Ii Karanggayam Blitar Jawa Timur

Lutfatul Husna, Ahmad Zainal Abidin

Abstract


Tulisan ini menyorot tradisi pembacaan surat al-Wa>qi’ah dan surat al-Mulk yang dilahirkan dari praktik-praktik komunal yang terjadi di daerah Blitar dimana di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam II Karanggayam, Srengat Blitar ini seluruh santri dibiasakan dan terbiasa mengikuti mujahadah yang rutin dilaksanakan setiap hari. Dalam mujahadah tersebut dilaksanakan pembacaan surat al-Wāqi‘ah dan surat al-Mulk. Dengan menggunakan metode deskriptif fenomenologis berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis pembacaan menggunakan teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim, tulisan ini menemukan bahwa: pertama, tradisi pembacaan Alquran surat al-Wa>qi’ah  dan al-Mulk ini dilaksanakan rutin setiap hari karena berkaitan dengan keutamaannya yang besar. Kegiatan pembacaan tersebut diawali dengan bacaan surat al-Fa>tihah sebagai bentuk tawassul. Kedua, pembacaan surat al-Wa>qi’ah dilaksanakan pada sore hari ba’da shalat ashar, dan pembacaan surat al-Mulk di waktu ba’da shalat Subuh. Ketiga, pembacaan terhadap ritual pembacaan surat al-Wa>qi’ah dan surat al-Mulk di pesantren ini menemukan tiga makna penting yakni, makna objektif,  yakni bahwasa tradisi pembacaan surat al-Wa>qi’ah dan surat al-Mulk awalnya merupakan peraturan yang sudah ditetapkan sejak lama dengan tujuan ntuk mencetak santri-santri menjadi orang alim dan berilmu; makna ekspresif, dimana ada harapan mendapat kemudahan rezeki sehari-hari, terhindar dari siksa neraka dan mendapatkan ketenangan tersendiri bagi pelakunya; dan makna dokumenter, dimana amaliyah ini menjadi kebiasaan yang menjadikan santri lebih disiplin dalam melakukan aktifitas ritual keagamaan lain.

Keywords


Living Quran, al-Waqi’ah, al-Mulk, Sosiologi Pengetahuan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/ju.v8i3.1305
Abstract views : 2786 times
PDF : 1766 times

References


Abidin, Ahmad Zainal. 2018. “The Benefits Of The Alquran As Problem Solving For Santri’s Life: Living Quran At Pesantrens In Tulungagung”, dalam Procedings of the International Conference on Alquran and Hadith Studies (ICQHS 2017).

Abidin, Ahmad Zainal. 2018. Pola Perilaku Masyarakat dan Fungsionalisasi Alquran melalui Rajah : Studi Living Quran di Desa Ngantru, Kec. Ngantru, Kab. Tulungagung. Lamongan : Pustaka Wacana.

Abidin S, Zainal. 1992. Seluk-beluk Alquran. Jakarta: Rineka Cipta.

Agustinova, Danu Eko. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CALPULIS.

Ahimsa Putra, Heddy Shri. TT. Fenomenologi Agama : Pendekatan Fenomenologi Untuk Memahami Agama. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Al-Hafidz, Ahsin W. 2012. Kamus Ilmu Alquran. Jakarta: AMZAH.

Alfath, Muhammad. “Pembacaan Ayat-ayat Alquran dalam Mujahadah Dalam Pemilihan Kepala Desa Periode 2014-2019” (Studi Living Quran di Desa Pucungrejo Kec. Muntilan Kab. Magelang)”. Skripsi. (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2015).

Amirin, Tatang. 1995. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

An Nakhrawie, Asrifin. 2011. Ringkasan Asbabun Nuzul. Surabaya: Ikhtiar Surabaya.

A’yun, Ida Qurrota. 2014. “Mujahadah Ayat-ayat Syifa Malam Jum’at Kliwon (Studi Living di Pondok Pesantren AL-HIKMAH 1 Brebes”. Skripsi, (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2014).

Azizah, Rochmah Nur. 2016. “Tradisi Pembacaan Surat al-Fa>tihah dan al-Ba>qarah (Kajian Living Quran di PPTQ ‘Aisyiyah, Ponorogo. Skripsi, Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir”. (Ponorogo: STAIN Ponorogo, 2016)

Baum, Gregory. 1999. Agama dalam Bayang-bayang Relativisme; Agama, Kebenaran dan Sosiologi Pengetahuan, terj. Achmad Nurtajib Chaeri dan Masyhuri Arow. Yogyakarta: PT Tiara Yogya.

Faiz, Fahruddin. 2005. Hermeneutika Alquran Tema-tema Kontroversial. Sleman: ELSAQ Press.

Faizin, Hamam. Alquran Sebagai Fenomena yang Hidup (Kajian Atas Pemikiran Para Sarjana Alquran. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif:Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbiansyah. “Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi”. Jurnal Komunikasi, Volume 9, Nomor 1, Tahun 2008.

Hasbillah, Ahmad ‘Ubaydi. 2019. Ilmu Living Quran-Hadis: Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi. Tangerang: Darus-Sunah.

Hasnunidah, Neni. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: media akademi.

Isnawati. “Studi Living Quran Terhadap Amalan Ibu Hamil di Kecamatan Beruntun Baru Kab. Banjar”. Jurnal Studia Insania,Volume 3 Nomor 2, Tahun 2015.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Offline.

Makhdlori, Muhammad. 2011. Bacalah Surat al-Waaqi’ah maka engkau akan Kaya. Jogjakarta: DIVA Press.

Mannheim, Karl. 1991. Ideologi dan Utopia, Menyingkap Kaitan Pikiran dan Politik, terj. F. Budi Hardiman. Yogyakarta: Kanisius.

Mansyur, dkk. 2007. Metodologi Penelitian Living Quran dan Hadis. Yogyakarta: TH-Press.

Mas’ulah, Siti. “Tradisi Pembacaan Tujuh Surat Pilihan dalam Ritual Mitoni/Tujuh Bulanan (Kajian Living Quran di Padukuhan Sembego Kec. Depok Kab. Sleman”. Skripsi, Jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2014).

Moleong, Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mubarak, Abd. “Tradisi Yasinan di Masyarakat Pambusuang Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat”. Skripsi, Fakultas Ushuluddin, Studi Agama dan Pemikiran Islam Yogyakarta, 2006.

Muhtador, Moh. 2014. “Pemaknaan Ayat Alquran dalam Mujahadah: Studi Living Quran di PP Al-Munawwar Krapyak komplek al-Kandiyas”. Skripsi, (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga).

Mustofah, Ahmad Zainal. “Tradisi Pembacaan Alquran Surat-Surat Pilihan (Kajian Living Quran di PP. Manba’ul Hikam, Sidoarjo).” Skripsi, Jurusan Ilmu Alquran dan Hadis (Yogyakarta,UIN Sunan Kalijaga, 2015).

Rafi’uddin. “Pembacaan Ayat-ayat Alquran dalam upacara Peret Kandung (Studi Living Quran di Desa Poteran Kec. Talango Kab. Sumenep Madura.” Skripsi. Jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2013).

Shihab, Quraish. 2000. Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Alquran, Vol. 13. Jakarta: Lentera Hati.

Shabir, Muslich. TT. Terjemah Riyadhus Shalihin II. Semarang: PT. Karya Toha Putra Semarang.

Siswanto, Victorianus Aries. 2012. Strategi Langkah-langkah Penelitian.Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Suma, Muhammad Amin. 2013. Tafsir Ayat Ekonomi. Jakarta: AMZAH.

Tim Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran. 2016. Tafsir Ringkas Jilid 2. Jakarta: LPMA.

Tim Penyusun Buku Pedoman Penyusunan Skripsi IAIN Tulungagung. 2014. Pedoman Penyusunan Skripsi. Tulungagung: IAIN TULUNGAGUNG PRESS.

Ulum, Syamsul. 2007. Menangkap Cahaya Alquran. Malang: UIN-Malang Press.

Ulumi, Abd Fatah. “Hadis Tentang Keutamaan Membaca Surat al-Waqi’ah (Studi Ma’anil Hadis)”. Skripsi, (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2009).

Wasik, M. Ali. “Fenomena Pembacaan Alquran dalam Masyarakat (Studi Fenomenologi atas Masyarakat Pedukuhan Srumbung Kelurahan Segoreyoso Pleret Bantul)”. Skripsi, (Yogyakarta: Studi Agama dan Pemikiran Islam, 2005).

Widi, Restu Kartiko. 2010. Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Yahya, Harun. 2004. Memilih al-Quran Sebagai Pembimbing. Surabaya: Risalah Gusti.

Yasin, As’ad. 2004. Terj. Tafsir fi Zhilalil-Alquran. jilid 22. Jakarta: GEMA INSANI.

Wawancara dengan Kyai Ali Anwar al-hafidz selaku pengasuh PPMH II Karanggayam Srengat di ndalem beliau pada tanggal 02 Februari 2019

Wawancara dengan Kyai Iqdam Kholid selaku pengasuh Ponpes di ndalem PPMH II Karanggayam Srengat pada tanggal 17 Februari 2019

Wawancara dengan Kyai Iqdam Kholid selaku pengasuh Ponpes di ndalem PPMH II Karanggayam Srengat pada tanggal 03 Maret 2019

Wawancara dengan Kyai Iqdam Kholid selaku pengasuh Ponpes di ndalem PPMH II Karanggayam Srengat pada tanggal 22 Maret 2019

Wawancara dengan Ibunyai Hj. Lum’atul Waridah, di ndalem beliau pada tanggal 04 Maret 2019

Wawancara dengan neng Aida Nailil Muna, di ruang tamu pondok putri pada tanggal 23 Januari 2019

Wawancara dengan Ustadz Satria, selaku pengurus santri putra di kantor sekretariat PPMH II pada tanggal 26 Maret 2019

Wawancara dengan Ustadzah Lilis Sa’diyah Aziz selaku pengurus santri putri di kamar pengurus santri putri pada tanggal 21 Maret 2019

Wawancara dengan Siti Nur Alia selaku santri PPMH II Karanggayam Srengat dikamar santri pada tanggal 22 Maret 2019

Wawancara dengan Leny Masyitoh selaku santri PPMH II Karanggayam Srengat di madrasah pada tanggal 20 Februari 2019

Wawancara dengan Arinatul Hidayah selaku santri di PPMH II Karanggayam Srengat dikamar santri pada tanggal 22 Maret 2019

Wawancara dengan santri putra M. Iqbal Nurdiansyah di Mushola PPMH II Karanggayam Srengat pada tanggal 27 Februari 2019

Wawancara dengan santri putra M. Arrosyad di Mushola PPMH II Karanggayam Srengat pada tanggal 27 Februari 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Sungai Bangek, Kel. Balai Gadang, Kec. Koto Tangah. 
Kota Padang, Sumatera Barat, 25171
E-mail: jurnal-ulunnuha@uinib.ac.id



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.