PENAFSIRAN KISAH LUQMAN DALAM AL-QUR’AN: Relevansinya dengan Pendidikan Keimanan dalam Keluarga

Rusydi AM

Abstract


Kisah atau sejarah adalah salah satu bagian dari kandungan yang terdapat dalam al-Qur’an.  Pengungkapan berbagai bentuk kisah itu bukan tanpa makna dan nilai, karenaAllah tegaskan bahwa pada kisah-kisah itu terdapat ibrah (pelajaran) yang dapat ditangkap oleh orang-orang yang punya nyali  tinggi yang al-Qur’an menyebutnya dengan istilah ulul albab.Salah suatu kisah itu adalah tentang Luqmanul Hakim terdapat dalam surat ke31, yaitu Surat Luqman. Luqman banyak memberikan berbagai petunjuk kepada anaknya, hal itu  dapat dilihat pula dalam berbagai perspektif; akidah, ibadah, dan akhlak. Pengungkapan kisah Luqman ini dalam al-Qur’an dapat dijadikan acuan dan pedoman dasar bagi keluarga Muslim,--terutamauntuk dikembangkan dan  diaplikasikan bagi keluarga masing-masing yang muaranya   untuk menampakkan  dan memainkan peran   keluarga dalam pendidikan generasi muda, terutama dalam pembentukan keluarga yang Islami, tentu saja dalam perspektif dunia pendidikan. Hal itu, secara spesifik dapat dikategorikan tentang materi pendidikan, metode pendidikan, bahkan seni mendidik.


Keywords


Kisah, ibrah, ulul al-bab, tauhid, pendidikan, keluarga

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/ju.v8i1.293
Abstract views : 2249 times
PDF : 1130 times

References


Ahmad Mustafa al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi, Mesir: Mustafa Bab al-Halabi, t.th

Arief, Armai, Reformulasi Pendidikan Islam, (Jakarta: Crsd Press, 2005), Cet. I

Hamka, Tafsir Al-Azhar, Jakarta : Pustaka Panji Mas,1999

Madjid, Nurcholis, Pintu-pintu Menuju Tuhan, Jakarta, Paramadina, 1995

Quthb, Said., Fi Zhilal Al-Qur’an, ( Kairo: Dar al-Syuruq, 1981), Jilid 5

Al-Razi, Tafsir al-Kabir, juz 25, h.146.Baca : Abdullah al-Ghamidi, Cara Mengajar (Anak/Murid) Ala Lukman al-Hakim (terj), (Yogyakarta : Sabil, 2011)

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2002)

Satiadarma, Monti P. Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak: Dampak Pigmalion dalam Keluarga, ( Jakarta: Pustaka Populer Obor, 200

Tafsir, Ahmad., Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007), Cet. IX, h. 6

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2007), Cet. III


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji. 
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153
Handphone: +62 8126615808
E-mail: jurnal-ulunnuha@uinib.ac.id



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.