Resepsi Tafsir Al-Ṣāwy di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Mandailing Natal
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/ju.v12i2.7359
Abstract views : 103 times
PDF : 83 times
References
Abidin, Ahmad Zainal. Pola Perilaku Masyarakat dan Fungsionalisasi Alquran melalui Rajah: Studi Living Quran di Desa Ngantru, Kec. Ngantru, Kab. Tulungagung. Lamongan: Pustaka Wacana, 2018.
Ali, Salamuddin, Hamdan. Moderasi Beragama ala Mazhab Musthafawiyah Jejak-jejak Syekh Musthafa Husein dalam Membangun Peradaban Nasional Multikultural. Cet. 1. Malang, 2021.
Arsyad Nasution, Muhammad. “Fanatisme Mazhab Di Lingkungan Pesantren: Studi Kasus Di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru” 8 no.1 (2022).
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2013.
Fuaddin, Achmad. “Resepsi KH. Maemon Zubair Terhadap Tafsīr Al-Jalālain Dalam Ngaji Ahadan di Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2023.
Hidayah, Neli. “Tafsir al-Ma’rifah dan Keberadaannya (kajian Resepsi terhadap Tafsir al-Ma’rifah Karya Musthafa Umar),” no. 1 (2023).
Huda, Nur, dan Athiyyatus Sa’adah Albadriyah. “Di Pondok Pesantren Al-Husna Desa Sidorejo Pamotan Rembang”” 8 (2020).
Husna, Lutfatul, dan Ahmad Zainal Abidin. “Tradisi Pembacaan Surat Al-Waqi’ah Dan Surat Al-Mulk Di Pondok Pesantren Mambaul Hikam Ii Karanggayam Blitar Jawa Timur.” Jurnal Ulunnuha 9, no. 1 (20 Juli 2020): 16–36. https://doi.org/10.15548/ju.v8i3.1305.
Kafiyah, Fitroh Ni’matul. “Resespsi terhadap Pembacaan Surah al-Mulk (Studi Living Qur’an di Mushalla an-Nahdiyah Kalibata Jakarta Selatan).” Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ) Jakarta, 2021.
Lisnawati, Linda, Bambang Husni Nugroho, dan Zaki Mubarak. “Riset Living Qur’an Mengenai Ritual Pembacaan Yasin 41 Di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru” 2, no. 02 (2021).
Ma’rifah, Aini. “Hubungan Kecerdasan Intelektual Dan Spiritual Dengan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik MA Al-Mubarok Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah.” Pascasarjana IAIN Metro, 2018.
Muhammad al-Shawy, Ahmad. Hasyiyah Al-Shawy ‘Ala Tafsir Jalalain. Indonesia: Nur Al-Ilmi), t.t.
Nasir, M. Ridlwan. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren Di Tengan Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Nasrun, Ahmad. “Praktik Pembacaan Surah Al-Kahfi Di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Mandailing Natal.” Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56970.
Pulungan, Abbas. Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Mandailing: Bangunan Keilmuan Islam dan Simbol Masyarakat. 1 ed. Bandung: Citapustaka Media, 2004.
———. “Pewarisan Intelektual dan Kharisma Kepemimpinan di Pondok pesantren Musthafawiyah Purba Baru Mandailing” vol.3 no.4 (Desember 2005).
Putra, Aldomi. “Metodologi Tafsir.” Jurnal Ulunnuha 7, no. 1 (2018): 41–66. https://doi.org/10.15548/ju.v7i1.237.
Rafiq, Ahmad. Sejarah al-Qur’ān: dari Pewahyuan ke Resepsi(Sebuah Pencarian Awal Metodologis) dalam Sahiron Syamsudin, Islam Tradisi Dan Peradaban. Yogyakarta: Bina Mulia Press, 2012.
Rurin, Aina Mas. “Resepsi Alquran Dalam Tradisi Pesantren Di Indonesia (Studi Kajian Nagham Alquran Di Pondok Pesantren Tarbitayul Quran Ngadiluweh Kediri).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 3, no. 2 (14 Maret 2019). https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i2.3202.
Situs Spirit of Islam. “Mausu’atu Al-Hadist Al-Nabawi Al-Syarif Al-Shahahu Wa Al-Sunan Wa Al-Masadid, HR. Ibn Majah, Kitab Al-Tha’am, Bab Al-Tasmiyatu ‘Inda Al-Tha’am, no.3264,” t.t.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Supriadi, Ahmad. Wawancara dengan guru tafsir kelas 5 di di ruang kelas, Mei pukul: 11.15 2023.
Syarifah, Syifa. “Kurikulum Titik Temu (Studi Kurikulum di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru Mandailing Natal Tahun 1975-1985).” Tesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah, 2019.
Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2017.
Yusuf, Lina Athifa. “Narasi Hermeneutis Kajian Tafsir Jalalain di Pondok Pesantren Daarul Fatah Lampung.” Jurnal Al-Fanar 4, no. 2 (31 Agustus 2021): 177–90. https://doi.org/10.33511/alfanar.v4n2.177-190.
Zaman, Deden Nur. “Studi tafsir Nusantara : Resepsi masyarakat pesantren Bugis terhadap kitab tafsir Al Munir Tafsere Akkorang Mabbicara Ogi (karya A.G. KH. Daud Ismail).” Thesis (Sarjana), UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2022. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62816.
Aman, Azhari. Wawancara dengan guru tafsir kelas 7 di ruang kantor guru, Mei pukul:
16 2023.
Daulay, Darman. Wawancara dengan guru tafsir kelas 7 pesantren Musthafawiyah Purba Baru Mandailing Natal, Desember pukul 10.15 2022.
Husein, Amir. Wawancara dengan ayah raisul mu’allimin Amir Husein di ruang depan kantor guru, Mei pukul 10.00 2023.
Khalil Siregar, Munawar. Wawancara dengan Sekretaris Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Mandailing Natal, Desember pukul 10.15 2022.
Madniah. wawancara dengan guru tafsir kelas 6 Di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Mandailing Natal, Mei pukul: 20.34 2023.
Mardiah. wawancara dengan ibu guru tafsir kelas 4 di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Mandailing Natal, Mei pukul: 17.35 2023.
Sa’adah, Nur. wawancara dengan santri kelas 4, Mei pukul 19.25 2023.
Saifullah. Wawancara dengan ayah Saifullah guru tafsir kelas 4 di ruang kantor guru, Mei pukul: 10.19 2023.
Supriadi, Ahmad. Wawancara dengan guru tafsir kelas 5 di di ruang kelas, Mei pukul: 11.15 2023.
Syahidah, Ummi. wawancaradengan santri kelas 7, Mei pukul 19.18 2023.
Rodiah. wawancara dengan guru tafsir kelas 5, pukul: .15 (18 mei 2023.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Sungai Bangek, Kel. Balai Gadang, Kec. Koto Tangah.
Kota Padang, Sumatera Barat, 25171
E-mail: jurnal-ulunnuha@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.