MANAJEMEN PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Ulfa Hutayani, Syafruddin Nurdin, H Hasnawati

Abstract


:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Untuk mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan pendidik mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup  pada saat melaksanakan proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam.Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi yang dingunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 30 peserta didik. Tehnik pengumpulan data yang dingunakan adalah angket dan pedoman observasi. Tehnik analisis data menggunakan rumus Deskriftip Presentase. Hasil penelitian: manajemen pembelajaran yang  dilakukan oleh pendidik pelaksanaannya cukup efektif. Pendidik sebelum malaksanakan pembelajaran terlebih dahulu membuat RPP, RPP yang dibua berpatokan kepada kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran ini peneliti terfokus kepada tiga tahap: kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dan dari hasil presentase analisi angket yang didapatkan pada kegiatan pendahuluan dengan nilai 52,4 pelaksanaannya cukup efektif. Hasil presentase dari kegiatan inti pembelajaran dengan nilai 52,3 pelaksanaannya cukup efektif. Pada kegiatan penutup pembelajaran nilai presentasenya 58,6 yang termasuk dalam klasifikasicukup efektif dalam pelaksanaannya. Maka dapat disimpulkan kegiatan  pembelajaran dalam proses belajara mengajar pelaksanaannya sudah cukup efektif. 


Keywords


Manajemen , Pembelajaran SKI

References


Barnawi & M.Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah . Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Barsilius & R. Werang.2015. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademik.

Mulyas. 2010. Menjadi Guru Propesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Yogyakarya: Remaja Rosdakarya.

Wibiwo.2006. Manajemen Perubahan, Jakarta Raja Grafindo Persada.

Nata, A. 2012. Sejarah Kebudayaan Islam dan Institusi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres. Susanto,Ahmad. 2013. Teori Belajar &Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamidia Group

Ramayulis. 2012. Propesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Barnawi dan M.Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah . Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Ramayulis. 2011Sejarah Kebudayaan Islam.Jakarta: Kalam Mulia.

Lisyanti, E. ( 2012 ). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. http://Jurnal unnes.ac.id/sju/index.php/eduman.( Accessed 2 Juni 2012).

Faiqah,N. ( 2017 ). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah. Jurnal At-Tafkir Vol. X ( diakses 1 Juni 2017).

Slamet.( 2013). Manajemen Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. http://Jurnal unnes.ac.id /sju / index. php/eduman. ( Accessed 20 Desember 2017).


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v3i1.1727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.