ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN MENURUT ABUDDIN NATA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Abuddun Nata sebagai pakar pendidikan memiliki pemikiran tersendiri tentang strategi pembelajaran yang berkaitan dengan metode pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep strategi dan metode pemebelajaran menurut Nata dengan melakukan studi kepustakaan. Sumber data primer adalah buku-buku dan artikel karya Nata dan didukung oleh sumber lain sebagai sumber data sekunder. Kemudian dilakukan content analysis. Bagi Nata secara esensial bahwa basis strategi pembelajaran memiliki tiga unsur pokok yakni pendidik, peserta didik, dan tujuan pendidikan. Dalam pembelajaran, dari pendidik kepada peserta didik atau dari peserta didik kepada pendidik, memerlukan materi ajar untuk mencapai tujuan pendidikan. Ketiganya tidak dapat dipisahkan dan unsur-unsur ini akan membentuk suatu triangle. Maka, jika hilang satu unsur saja, maka hilanglah hakikat pendidikan Islam itu. Strategi pembelajaran yang dituntut sekarang, menurut beliau adalah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik bukan yang berpusat pada pendidik. Sementara itu, strategi pembelajaran yang berkaitan dengan metode pembelajaran PAI yang menjadi perhatian beliau adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode penugasan, metode pemecahan masalah, metode diskusi, dan metode simulasi.
Keywords
References
Book:
Alipandie, Imansyah. 1984. Didaktik Metodik Pendidikan. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional
Anwar, Desy. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia
Arikuntro, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik: Edisi Revisi VI. Jakaerta: Rineka Cipta
Jalal, Faisal. 2001. Reformasi Pendidikan dalam Konsteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa
Majid, Abdul. 2019. Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosda karya
Nata, Abuddin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: Grafindo
Nata, Abuddin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu. Cet. ke-2
Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Cet. ke-1
Nata, Abuddin. 2003. Pemikiran Para tokohPendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Nata, Abuddin. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Group. Cet. ke-2
Purwanto, M. Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Ramayulis. 2012. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia. Cet. ke-7
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta. Cet ke-21
Surachman, Winamo. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, Teknik. Bandung: Tarsita
Journal:
Junaidah. Mei 2015. Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6. No. 4
Poloso, Ramli. Desember 2018. Epistemologi Pendidikan Islam Perspektif Abuddin Nata. Jurnal Pemikiran Kontruktif Bidang Filsafat dan Dakwah. Vol. 18. No. 2
Reksiana. Desember 2018. Diskursus Terminologi Model, Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan gama Islam. Vol. XV. No. 2
Thesis/Skripsi:
Darmiah. 2002. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Lanjutan Menengah Atas Dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Karakter”. Tesis Sarjana Pendidikan. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry
Dharma, Surya, Juni 2008, Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktur Tenaga Kependidikan.
Efendi, Mohammad. 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung. Tulungagung: IAIN
Septian, Endar, Dimas. 2017. Pengaruh Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kemampuan Gerakan Shalat Peserta didik Kelas 5 SD N 1 Panggang Gunung Kidul. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga
DOI: 10.15548/mrb.v4i2.2474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.