IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Adriantoni Adriantoni, Yandrizal Yandrizal

Abstract


Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian yaitu: Mengetahui Perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam pembinaan karakter peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; Mengetahui pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam pembinaan karakter peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; Mengetahui penilaian pembelajaran kurikulum 2013 dalam pembinaan karakter peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sumber data Kepala Sekolah, guru, Peserta didik dan buku yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh guru sudah terencana dengan baik, sudah mengikuti standar dan prosedur yang ada sesuai dengan tuntutan  kurikulum 2013. (2) Pelaksanaan Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah mengarah kepada apa yang menjadi tuntutan kurikulum 2013. Guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar peserta didik dan guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, dan keselamatan serta menumbuhkan pendidikan karakter terhadap peserta didik (3) Penilaian dan Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah diberlakukan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menghendaki pelaksanaan penilaianya secara menyeluruh mulai dari input, proses dan output yang terdiri tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan.

 


Keywords


Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Pendidikan Karakter, Pembinaan Akhlak.

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, M. (2014). Memahami Riset Prilaku dan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewani. S. (2018). Panduan Praktis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas, Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud.

Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Indarti, S. (2018). Panduan Praktis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Budaya Sekolah, Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2013). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pasal 1. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Mahmud, A. A. H. (2004). "Akhlak Mulia". Jakarta: Gema Insani Pres.

Margono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, L. J. (2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Muslih. M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Naim. N. (2019). Chatacter Building Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam PengembanganIlmu Dan Pembentukan Karakter Bangsa, Jogjakarta: Arruz Media, 2012 Widianti, Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai-nilai Religius Pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah 3 Metro. Tesis Magister pada PPs Universitas Negeri Raden Intan Lampung.

Nawari, H. (1996). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurdin, S & Adriantoni. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, No 2. (166-178).

Sinambela, P. N. J. M. (2013). Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Generasi Kampus. Vol 6 No. 2.

Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian, Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tim PPK. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter, Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v4i2.2821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.