KARAKTER PENDIDIK ISLAMI Suatu Kajian Teoritis Dalam AL-QUR’AN Surah AL-MUZAMMIL

Zulfahman Zulfahman

Abstract


Abstrak: Latar belakang masalah penelitian ini adalah kompetensi pendidik merupakan faktor yang menentukan terhadap keberhasilan dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, tetapi masih banyak ditemukan pendidik yang kurang berkarakter, sehingga mempengaruhi dalam proses pembelajaran. Karena hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa karakter pendidik yang terkandung dalam Q.S. Al-Muzammil. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan karakter sabar yang terkandung dalam Q.S. Al-Muzammil, karakter serasi antara perkataan dan perbuatan dalam Q.S. Al-Muzammil, karakter ikhlas dalam Q.S. Al-Muzammil. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan pendekatan kewahyuan menggunakan metode maudhui. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari informasi terkait tema penelitian dengan membaca buku-buku sumber yang terdapat di perpustakaan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa karakter pendidik yang terkandung di dalam Q.S. Al-Muzammil ada tiga yaitu: (1) karakter sabar yang diisyaratkan dalam ayat 10 surah Al-Muzammil, (2) karakter serasi antara perkataan dan perbuatan yang diisyaratkan dalam ayat 20 surah Al-Muzammil, (3) karakter ikhlas yang diisyaratkan dalam ayat 20 surah Al-Muzammil.

Kata Kunci: Karakter, Pendidik, Surah Al-Muzammil


Keywords


Kata Kunci: Karakter, Pendidik, Surah Al-Muzammil

References


KEPUSTAKAAN

Aziz, Hamka Abdul, Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati, Jakarta: Al Mawardi Prima, 2012.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya Al Jumanatul ‘Ali, Bandung: Jumanatul Ali, 2005.

Departement Agama RI, Undang-undang dan Peraturan Pemerintah tentang Pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2006.

Fu’ad bin Abdul Aziz asy Syalhub, Begini Seharusnya Menjadi Guru, Jakarta: Darul Haq, 2014, Cet. ke-7

Hamka, Tafsir Al Azhar Jilid 9, Jakarta : Gema Insani, 2015.

Harahap, Nur Sapia, Penelitian Kepustakaan, Jurnal Iqra’ Vol 8 No. 1, Mei, 2014.

Ihsan, Fu’ad, Dasar-dasar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Mufron, Ali, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Aura Pustaka, 2011, Cet. ke-2.

Muliawan, Jasa Ungguh, Pendidikan Islam Integratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Nawawi, Rif’at Syauqi, Kepribadian Qur’ani, Jakarta: Amzah, 2014.

Nazaruddin, Menggagas Sosok Guru Berkarakter Kuat Di Era Globalisasi, Jurnal Pendidikan Dhuafa, Mei 2006, Volume 06.

Quthb, Sayyid, Tafsir fi zhilalil Qur’an, Jakarta: Gema Insani, 2001.

Rusydi, Ulumul Qur’an II, Padang : Yayasan Azka, 2004.

Salahuddin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie, Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa), Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Samad, Duski, Penguatan Moral dan Keadaban, Padang: Padang Ekspres, 2013.

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al Misbah volume 14, Jakarta: Lentera Hati, 2002.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v4i2.3135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.