Dialog Ayah dan Anak Dalam Al-Qur’an Serta Implikasinya Terhadap Pendidikan

Gusmirawati Gusmirawati

Abstract


Dialog dalam keluarga memiliki peran yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan dan mengubah perilaku anak di luar lingkungan keluarga. Ayah mempunyai andil yang sangat besar dalam pendidikan anak-anaknya karena dengan dirinya anak dapat belajar. Keberhasilan seorang anak dalam hubungan sosialnya tergantung dari pola pengasuhan yang diterapkan ayah dan ibunya dalam keluarga. Setiap orang tua memiliki kewajiban dan perannya sendiri. Diantaranya adalah sebagai pendidik, pembimbing, pengawas, dan pemberi kasih sayang. Seorang ayah yang baik pasti tahu peranannya, yang menjadi kewajibannya dan sangat sangat menentukan terwujudnya rumah tangga yang harmonis tersebut. Maka sebagai seorang selain menjadi pemimpin juga bertugas sebagai pendidik, pemberi teladan bagi anak-anaknya dalam segala hal. Dalam Al-Qur’an banyak contoh dialog ayah dan anak yang dapat dijadikan pelajaran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Dialog Ayah dan pendidikan

References


Abidin, Z. (2014). Golden Ways Anak Sholeh. Jakarta: Pustaka Imam Bonjol.

Alo, L. (1997). Komunikasi Antarpribadi, Bandung, PT. Citra Aditya Bakti.

Al-Qaththan, M., & al-Qur’an, M. F. U. (2009). Studi Ilmu-ilmu al-Qur’an, terj. Mudzakir. Jakarta: Pustaka Litera Antar Nusa.

Asy-Syantut, K. A. (2005). Rumah: Pilar Utama Pendidikan Anak. Jakarta: Robbani Press.

Badeni, M. A. (2013). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Bandung: CV Alfabeta.

Baharits, A. H. S. (1991). Mas’ uliyat Al-Ab al-Muslim Fi Tarbiyat al-Walad Fi Marhalat Al-Tufulah. Jeddah: Darul Mujtama.

Baharits, A. H. S. (1996). Tanggung jawab ayah terhadap anak laki-laki. Gema Insani.

Bukhari, I. (1987). Shahih al-Bukhari, jld. V Beirut: Dar Ibnu Katsir.

Dagun, M. (2002). Save. Psikologi Keluarga (Peranan Ayah dalam Keluarga). Cet. II.

Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia.

Djamarah, S. B. (2004). Pola komunikasi orang tua dan anak dalam keluarga (sebuah perspektif pendidikan Islam). Rineka Cipta.

Duha, T. (2018). Perilaku organisasi. Deepublish.

Hakim, L. N. (2019). Hubungan Keteladanan Guru dengan Adab Siswa Tingkat Sekolah Dasar (SDN, SDIT, MI, Homeschooling Group) di Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 95–107.

Hamka, B. (1982). Tafsir al-azhar buya hamka. Ahadi Kurniawan.

Kelung, J. K., Kawengian, D. D., & Kalesaran, E. R. (2021). Peran komunikasi antar pribadi dalam membangun komunitas musik remaja “jstg”(jordan servant to god) di kelurahan rumoong bawah. Acta diurna komunikasi, 3(3).

Makmudi, M., Tafsir, A., Bahruddin, E., & Alim, A. (2018). Pendidikan Jiwa Perspektif Ibn Qayyim Al-Jauziyyah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 42–60.

Munjiat, S. M. (2017). Pengaruh Fatherless Terhadap Karakter Anak Dalam Prespektif Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini (Pertama). Prenada Media Group.

Pawit, M. Y. (1990). Komunikasi Pendidikan Dan Komunikasi Internasional. Bandung. Remaja Rodakarya.

Rahmah, S. (2019). Pola komunikasi keluarga dalam pembentukan kepribadian anak. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 13–31.

Rahmawati, R., & Gazali, M. (2018). Pola komunikasi dalam keluarga. Al-Munzir, 11(2), 327–245.

Rahmi, R. (2015). Tokoh ayah dalam al-quran dan keterlibatannya dalam pembinaan anak. Kafaah: Journal of Gender Studies, 5(2), 202–218.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Riyadi, S., & Widiastuti, T. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Individu dalam Organisasi. Jurnal Ilmiah Aset, 15(1), 33–41.

Sawarjuwono, T., & Kadir, A. P. (2003). Intellectual capital: Perlakuan, pengukuran dan pelaporan (sebuah library research). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 35–57.

Setianingsih, F. (2017). Peran Komunikasi Ayah dalam Perkembangan Mental Anak: Studi atas Santri Putri Pondok Tahfidz Karanganyar. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 169–184.

Setyowati, Y. (2013). Pola komunikasi keluarga dan perkembangan emosi anak (studi kasus penerapan pola komunikasi keluarga dan pengaruhnya terhadap perkembangan emosi anak pada keluarga Jawa).

Sobur, A. (1986). Komunikasi orang tua dan anak. Angkasa.

Suciati, P. K. (2015). Sebuah Tinjauan Teoritis dan Perspektif Islam. Yogyakarta: Buku Litera.

Susanto, A. (2020). Pola Komunikasi Keluarga Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 5(1), 1131–1142.

Suwaid, M. I. A. H. (2004). Cara Nabi Mendidik Anak. Al-Iâ€TM Tisham Cahaya Umat. Jakarta Timur.

Tisnawan, D. (2017). Interaksi antara Ayah dan Anak pada Konsep Ibn dalam Alquran dan Implikasinya terhadap Pembelajaran PAI di Sekolah. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 1(2), 135–150.

Yunita, I. (2021). Peran Ayah dalam Pembinaan Karakter Anak Kajian terhadap Pola Asuh di Komunitas Home Education Aceh. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 6(1), 27–40.

Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Zulheldi, (2019) Tafsir Tarbawi, Referensi Penelitian Tafsir Pendidikan, (Depok: Rajawali Pres


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v4i2.3279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.