PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB PADANG

Zulheldi Zulheldi, Reni Hasrin RH

Abstract


Pembelajaran membaca al-Qur’an merupakan sebuah kegiatan keagamaan yang telah rutin dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakat Perempuan Kelas IIB Padang. Aktor utama di balik kegiatan yang sangat penting ini adalah para Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang. Kegiatan ini menjadi aktifitas mingguan dengan durasi sekitar satu jam untuk setiap kali pertemuan. Tulisan ini merupakan hasil penelitian kualitatif deskriptif terhadap kegiatan di atas dengan memfokuskan kajiannya pada bagaimana kegiatan tersebut direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi serta bagaimana peluang dan tantangannya. Melalui sebuah kajian mendalam didapatkan bahwa kegiatan pembelajaran membaca al-Qur’an itu telah berlangsung selama lebih kurang lima bulan. Aktifitas yang merupakan hasil kerjasama antara Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Padang dan Kantor Kementerian Agama ini telah dilaksanakan sejak bulan Februari 2021 dan dihentikan untuk sementara waktu sejak pemberlakukan PPKM di Sumatera Barat. Setelah dilakukannya penelitian ini diharapkan hendaknya kegiatan pembelajaran ini dapat direncanakan dengan lebih matang oleh kedua belah pihak, dilaksanakan secara lebih intensif, dan memprioritaskan asas kemanfaatan atau nilai positif bagi para penghuni Lapas Perempuan.

Keywords


membaca al-Qur’an, Lapas Perempuan, penyuluh

References


Akhyar, Zul. 2021. “Sejarah Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Padang.”

Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail. 1997. Shahih Al-Bukhari. Vol. 6. Fadhail al-Qur’an. Beirut: Maktabah al-’Ashriyah.

Aminah, Siti, Ilham Muhammad, Wafirrotullaela Wafirrotullaela, Abdul Thoyib, Akhmad Sanusi, Hanum Hikmatul Hika, Husnul Hotimah, Syaiful Maulana, Nafi`Atul Khasanah, Insan Yudha Pranata, and Ariana Pratiwi. 2018. “Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Orang Lansia di Padukuhan Tritis (Studi pada Jama’ah Ngaji Bareng Masjid Ar-Rahman Tritis).” Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama 18(2):117. doi: 10.14421/aplikasia.v18i2.1844.

Andriany, Megah. 2011. “Rencana Narapidana Wanita Menghadapi Kebebasan di Lapas Wanita Kelas II a Semarang: Konteks Correctional Nursing.” Idea Nursing Journal II(2):8. doi: http://202.4.186.66/INJ/article/viewFile/6363/5229.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tuntunan Lengkap Metodelogi Praktis Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

Dasni, Yuli. 2021. “Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di LPP Kelas IIB Padang.”

Emzir. 2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Faisal, Sunapiyah. 2001. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hakim, Lukman. 2012. “Pemenuhan Nafkah Batin Isteri yang Terpidana dan Implikasinya Bagi Keharmonisan Keluarga (Studi Kasus Lapas Wanita Sukun Malang).” UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Hendri, and Arimin. 2020. “MoU Antara Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Padang Dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat.”

Jamhur, Eva. 2021. “Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di LPP Kelas IIB Padang.”

Manik, Rahmiyati Br. 2019. “Persepsi Narapidana Terhadap Bimbingan Rohani Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kota Padang Sidempuan.” UIN Sumatera Utara, Medan.

Masyfu’, Jiddy. 2017. “Pembinaan Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Muslim: Studi Kasus Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kraksaan Probolinggo.” UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Menteri Sekretaris Negara. 1995. “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.” 25.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Parlaungan. 2021. “Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an.”

Putra, Nusa. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistianingsih, Rizka, Herry Suswanti Djarot, and Dwi Wahyuni. 2012. “Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Wanita Usia Subur (WUS) Tentang Keputihan Fisiologis dan Patologis di Lapas Wanita Kelas II a Kota Semarang Tahun 2011.” Jurnal Kebidanan I(1):10. doi: https://doi.org/10.26714/jk.1.1.2012.91-98.

Susanti, Riri. 2021. “Pelaksanaan Pembalajaran Membaca Al-Qur’an Di LPP Kelas IIB Padang.”

Ticoalu, Tirsa D. G. 2013. “Perlindungan Hukum Pada Narapidana Wanita Hamil di Lembaga Pemasyarakatan.” Lex Crimen Journal II(2):8. doi: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexcrimen/article/view/1571.

Yin, Robert K. 2006. Studi Kasus Desain Dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v4i2.3288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.