PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 PADA MATERI PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN ISLAM PADA MASA DINASTI BANI UMAYYAH DI KELAS VII MTsN 5 PESISIR SELATAN

Zulnafiah Zulnafiah, Gusmaneli Gusmaneli, Khadijah Khadijah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media teka-teki menggunakan Adobe Flash Professional CS6 pada materi perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Bani Umayyah untuk peserta didik kelas VII MTsN 5 Pesisir Selatan yang valid, praktis dan efektif.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development) model Borg & Gall, mulai dari tahap pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk dan uji lapangan. Uji validitas media teka-teki silang dilakukan oleh para ahli. Uji praktikalitas media teka-teki silang dilihat dari lembar angket praktikalitas oleh pendidik dan beberapa orang peserta didik. Uji efektifitas terhadap media teka-teki silang dengan melihat minat belajar peserta didik menggunakan lembar angket efektifitas oleh peserta didik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media teka-teki silang menggunakan Adobe Flash Professional CS6 materi perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Bani Umayyah kelas VII MTsN 5 Pesisir Selatan dari segi materi, media dan bahasa dengan nilai 86.3 (sangat valid). Kepraktisan produk oleh pendidik dengan nilai rata-rata 84.8 (sangat praktis), hasil praktikalitas peserta didik dengan nilai rata-rata 81.9 (sangat praktis). Keefektifitas produk oleh peserta didik dengan nilai rata-rata 81.2 (sangat efektif). Berdasarkan analisis data, dapat dikemukakan bahwa media teka-teki silang menggunakan Adobe Flash Professional CS6 materi perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Bani Umayyah kelas VII MTsN 5 Pesisir Selatan sudah valid, praktis dan efektif.


Keywords


media, teka-teki silang, adobe flash professional CS6

References


Achmad Faizin Ferianto, Pengembangan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Abu Menggunakan Adobe Flash CS6 Sebagai Media Pengayaan Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi, Jurnal Pendidikan Akuntasi, Vol. 5 No. 1, 2017.

Ading Kusdiana, Sejarah dan Kebudayaan Islam: Periode Pertengahan, Bandung: Pustaka Setia, Cet. ke-2, 2017.

Adobe Flash CS6, Yogyakarta: Andi, Semarang: Wahana Komputer, 2012.

Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. ke-2, 2003.

Ali Mudlofir dan Evi Fatimatur Rusydiyah, Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori ke Praktik, Jakarta: Rajawali Pers, Cet. ke-2, 2017.

Anisa Bahtiar dan Raya Sulistyowati, Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Digital Kompetensi Dasar Menjelaskan Konsep Pemasaran Online Kelas XI Bisnis Daring Dan Pemasaran SMK Negeri 4 Surabaya, Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol. 7 No. 3, 2019.

Anisatul Maghfiroh, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Dilengkapi Teka-Teki Silang Pada Materi Lembaga Jasa Keuangan Kelas X SMA Negeri 1 Driyorej, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 5, No. 3, 2017.

Asnawir dan Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arief S. Sadirman, al, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Rajawali Pers, Cet. ke-17, 2014.

Azhar Arsyad, Media Pengajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Benny A dan Pribadi, Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran, Jakarta: Kencana, Cet. ke-1, 2017.

Enik Widiastuti, Pengembangan Crossword Puzzle Accounting (CPA) Berbasis Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 15 No. 1, 2017.

Evelina Seregar dan Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, Cet. ke-3, 2014.

Gusmita Ul Husna dan Hera Hastuti, Pengembangan Media Teka-Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI SMA, Jurnal Halaqah, Vol. 1, No. 4, 2019.

Hamka, Tafsir Al-Azhar Juz XIX, Surabaya: Karunia.

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohammad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. ke-6, 2015.

Haryanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Hisyam Zaini, al, Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2002.

Husniyatus, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasi ICT Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kencana, Cet. ke-1, 2017.

Ichwan K, Membuat Metode Pembelajran Dengan Adobe Flash CS6, Yogyakarta: Andi Offset, 2015.

Japrizal, Guru Sejarah Kebudayaan Islam, Kantor Majelis Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Pesisir Selatan, Wawancara Lansung, 20 Juli 2019.

Melvin L. Silberman; Penerjemah Raisul Muttaqien; Editor Ni’mal Fata, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nuansa Cendekia, Cet. ke-8, 2013.

Mohammad Andi Wasgito, Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran Seni Budaya Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalianget, Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Vol. 2 No. 3, 2014.

Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo, Cet. ke-11, 2013.

Ni Nyoman Parwati, al, Belajar dan Pembelajaran, Depok: Rajawali Pers, Cet. ke-1, 2018.

Nizwardi Jalinus dan Ambiyar, Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta: Kencana, Cet. ke-1, 2016.

Ramayulis, Ilmu pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Samsul Munir Amin, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Amzah, Cet. ke-3, 2013.

Sudarwan Danim, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. Ke-4, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), Bandung: Alfabeta, Cet. ke-1, 2015.

Sutirman, Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. 2013, Yogyakarta: Graha Ilmu, Cet. ke-1, 2013.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Jakarta: Kencana, Cet. ke-2, 2009.

Undang-undang Republik Indonesia, Guru dan Dosen dan Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2006.

Permadi, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dilengkapi Teka-teki Silang Berbasis Adobe Flash, Jurnal TRIPLE S, Vol. 1 No. 2, 2018.

Plomp dan Nienke. N, Educatinal Design Research

Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana, 2008.

, Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur, Jakarta: Kencana, Cet. ke-1, 2013.

Yaya Suryana, Pendidikan Multikultural, Bandung: Pustaka Setia, Cet. ke-1, 2015.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v4i2.3295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.