Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Dalam Mengembangkan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akuba, S. F., Sinaga, P., Ugut, G. S. S., & Budiono, S. (2021). Factors affecting school performance: Does a mixed curriculum make a difference? Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 684–699. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.41842
Annafiah, A. U. N. (2023). The implementation of the merdeka curriculum in English lesson at MAN 2 Ponorogo [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/55601/
Anton, A., & Trisoni, R. (2022). Konstribusi Keterampilan 4C Terhadap Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 528–535.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Azzahra, I., Nurhasanah, A., & Hermawati, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6230–6238.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.
Dewi, A. U. (2021). CURRICULUM REFORM IN THE DECENTRALIZATION OF EDUCATION IN INDONESIA: EFFECT ON STUDENTS’ ACHIEVEMENTS. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 158–169. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.33821
ELITEAR, F. M.-J., & KOTO, A. T.-E. (t.t.). Penelitian Lapangan (Field Research). nd. Diambil 4 Desember 2023, dari https://www.academia.edu/download/44643309/Field_Research_Paper.pdf
HAQ, A. (2023). Pelatihan Nasional Penyusunan Modul P5 Menggunakan Kreasi Ide Media Serbaneka Pada Kepala Sekolah Dan Guru: Media Serbaneka, Modul P5, Kurikulum Merdeka. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 217–226.
Hasdi, A., Murdiana, M., & Ilmi, D. (2023). Pendekatan Strategi Pembelajaran Kurikulum Merdeka. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(3), 427–433.
Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).
Ismelani, N., Mahmudah, R., & Rosmaladewi, O. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Tatanen di Bale Atikan Kabupaten Purwakarta. Eduprof: Islamic Education Journal, 5(1), 15–26.
Kanti, W., Rakhmat, C., Budiman, N., & Mudrikah, S. (2023). Upaya Sekolah dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa SMP. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 425–433.
Karsiwan, K., Wardani, W., Lisdiana, A., Purwasih, A., Hamer, W., & Sari, L. R. (2023). Sosialisasi Materi Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Bagi Guru di Kota Metro Lampung. MALAQBIQ, 2(1), 12–22.
Kurniawan, A. (2018). Metodologi penelitian pendidikan. Remaja Rosda Karya.
Lutfiana, D. (2022). Penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319.
Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187.
Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).
Muharrom, M., Aslan, A., & Jaelani, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pusat Keunggulan SMK Muhammadiyah Sintang. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 3(1), 1–13.
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3–4.
Nurhalizah, T., Meliana, S., Dedih, U., & Erihadiana, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Tingkat Kelas 7 Dalam Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3783–3794.
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan
dan Kebudayaan, 8(1), 17–34.
Ramadhan, I. (2023). Kurikulum Merdeka: Proses Adaptasi dan Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Pontianak. Journal of Education Research, 4(4), 1846–1853.
Rani, P. R. P. N., Asbari, M., Ananta, V. D., & Alim, I. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 78–84.
Saleh, I. T., Sopiansyah, D., & Ruswandi, U. (2022). Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Nasional. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 211–219.
Sari, I., & Gumiandari, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pasca Pembelajaran Daring Di SMKN 2 Cirebon. Journal of Education and Culture (JEC), 2(3), 1–11.
Sari, S. M., Harahap, M. R., & Ridwan, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Poster Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 438–449.
Suaryo, A., Lurina, R. O., & Isnaini, H. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Pamanukan, Kabupaten Subang. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 101–110.
Usman, U., Lestari, I. D., Astuti, S. H., Izanah, N., Wardani, R. A., Rahmah, A., & Purbasari, N. (2023). Analisis Hambatan Pembelajaran Biologi Pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Riset Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 7–18.
Winarno, M. E. (2018). Buku Metodologi Penelitian. Malang. UNIVERSITAS.
Yaelasari, M., & Astuti, V. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka di SMK INFOKOM Bogor). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(07), 584–591.
Yuzianah, D., Darmono, P. B., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2023). Penerapan P5 pada kurikulum merdeka pada jenjang SD. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 10–17.
DOI: https://doi.org/10.15548/mrb.v7i1.3478
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.