Strategi Habit-forming dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab untuk Siswa MTs Darul Amal Tunggang

Shidik Al Fatha, Zakiyatus Syarifah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis penerapan strategi habit-forming pembelajaran kosakata (mufradat) bahasa Arab sebagai jawaban atas masalah kurangnya perbendaharaan kosakata di MTs Darul Amal Tunggang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga langkah, yaitu observasi lapangan (madrasah), wawancara narasumber (guru yang mengajar), dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembentukan kebiasaan atau habit-forming pembelajaran kosakata bahasa Arab di MTs Darul Amal terdiri dari tujuh tahapan yaitu: 1) setoran minimal 5 kosakata pra-pembelajaran, 2) kewajiban membawa kamus, 3) kewajiban membawa kertas post-it note, 4) labeling / menulis dan menempelkan nama dari setiap benda sekitar, 5) kewajiban menemukan kosakata interupsi, 6) sanksi setoran berkelipatan, dan 7) permainan kosakata.

Keywords


Habit-forming, Strategi, Pembelajaran Kosakata, Bahasa Arab

References


Al-Khuly, M. A. (1989). Asalib Tadris al-Lughah al-’Arabiyyah. Dar al-Ulum.

Anggraini, R., & Sunhaji. (2021). Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab terhadap Keterampilan Membaca Kitab Kuning Siswa Kelas V MI Brawijaya I Trowulan. Proceeding the 5thAnnual International Conference on Islamic Education Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto.

Asri, K. (2021). Problematika Pemilihan Materi Mufrodat menurut Perspektif Rusydi Ahmad Thu’Aimah. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(2), 216–228.

Bisri Mustofa, dkk. (2020). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Maliki Press.

Cunha, E. de. (n.d.). Developing English Teaching Materials for Vocabulary of First Grade of Junior High School.

Hermawan, A. (2014). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya.

Hidayat, D. (n.d.). Pembelajaran Bahasa Asing-Tradisional dan Kontemporer. PT Rajagrafindo Persada.

Hijriyah, U. (2018). Analisis Pembelajaran Mufrodat dan Struktur Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah. CV. Gemilang.

KBBI-Offline-1. (n.d.).

Muna, W. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab-Teori dan Aplikasi. Sukses Offset.

Munir. (2017). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Prenadamedia Group.

Mustofa, S. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. UIN Maliki Press.

Muzaiyanah. (2015). Jenis Makna dan Perubahan Makna. Wardah, 13(2), 145–152.

Pranowo. (2014). Teori Belajar Bahasa. Pustaka Pelajar.

Rukajat, A. (2018). pendeketan penelitian kualitatif. In CV BUDI UTAMA. CV BUDI UTAMA. https://www.google.co.id/books/edition/Pendekatan_Penelitian_Kualitatif_Qualita/qy1qDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengumpulan+data+dengan+wawancara&printsec=frontcover

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. In Grasindo.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak, 54–68. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Subroto, A. S. (1978). Pengajaran Bahasa Indonesia. Bulan Bintang.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Umroh, I. L. (2019). PENGARUHPENGGUNAAN Media Flash Cardterhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Study Eksperimen terhadap Siswa Kelas 1 SD Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan). Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan.

Wina Sanjaya. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.

Zuhdy, H. (n.d.). Teknik Pengajaran Kosakata Bahasa Arab. Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Bahasa Arab.

Zulhannan. (2014). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. PT Rajagrafindo Persada.

محمود اسماعيل صيني, العزيز, ن. م. ع., & حسين, م. ا. (1983). العربية للناشئين. وزارة المعارف إدارة الكتب المدرسية.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v7i1.3481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.