RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS SPIRITUAL DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DAN MADRASAH PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Ahmad Rivauzi

Abstract


UUSPN  No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1 telah mengatur bahwa pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana harus diwujudkan dalam suasana belajar dan proses pembelajaran yang memungkinkan peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Hal ini kurang terimplementasi dengan baik pada tataran praktis dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan relevansi pendidikan berbasis spiritual pada sekolah dan madrasah di era revolusi industry 4.0. Sebagai penelitian kepustakaan (library research) dengan melakukan penelitian pada objek berupa penelusuran ide-ide dan khasanah pemikiran pada sumber-sumber kepustakaan, penelitian ini termasuk kategori penelitian kualitatif karena terdapatnya kepentingan terhadap penafsiran dan mencari makna dari teks-teks tertulis. Pendidikan Berbasis Spiritual memainkan peran yang sangat strategis dalam membentuk enam kualitas karakter yaitu kualitas spiritualitas tauhid, pembelajar, kreatif, kolaboratif, bertanggung jawab (takwa), dan karakter syakirin. Kualitas karakter ini merupakan syarat pending yang harus dimiliki sivitas sekolah dan madrasah untuk tetap bisa survive pada perubahan dan mampu menciptakan perubahan-perubahan.


Keywords


Pendidikan Berbasis Spiritual, Penguatan Pendidikan Karakter, Revolusi Industri 4.0, Sekolah dan Madrasah

References


al’Ak, Syaikh Khalid Abdurrahman. (1994). Shafwah al-Bayan lima’ani al-Qur’an al-Karim; Muzayyilan bi asbab al-Nuzul li al-Siyuthi. Damsiq: al-Khathath Utsman Thaha

al-Baqi, Muhammad Fuad ‘Abdu. (1945). al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fazhi al-Quran. Mesir: Mathba’ah Daru al-Kitab

Bastaman, Hanna Djumhana. (1996). Meraih hidup bermakna: kisah pribadi dengan pengalaman tragis. Paramadina

Endraswara, Suwardi. (2012). Metodologi Penelitian Sastra-Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS

Gazalba, Sidi. (1981). Sistematika Filsafat Buku I dam IV. Jakarta: Bulan Bintang

Hadi, Sutrisno. (1970). Metodologi research ; penulisan paper field-study, skripsi-thesis dan disertasi, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, Fakultas Psychologi, Jajasan Penerbitan.

Junaedi, Mahfud. (2017). Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Depok: PT Kharisma Putra Utama

Katsoff, Louis O. (1995). Pengantar Filsafat (Elements of Philosopy). Ter. Soejono Soemargono. Yokyakarta: Tiara Wacana Yogya

M. Quraish Shihab. (2007). Wawasan al-Qur’an; Tafsir Maudhu’i atas Perbagai Persoalan Ummat. Bandung: Mizan. Cet. XVIII

Mujib, Abdul. (2006). Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nata, Abudin. (2005) Pendidikan dalam Perspektif al-Quran. Jakarta: UIN Jakarta Press

Nata, Abudin. (2011). Studi Islam Komprehensif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. Cet. VIII

Rivauzi, Ahmad. (2013). Pendidikan Berbasis Spiritual; Pemikiran Pendidikan Abdurrauf Singkel dalam Kitab Tanbih al-Masyi”, Padang: Jasa Surya

Roy Killen. (1998). Effective Teaching Strategies: Lessons from Research and Practice. Social Science Press.

Samani, Muchlas&Hariyanto. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana. Cet. VII

Singkel, Abdurrauf. (tt) Tanbīh al-Māsyī, MS

Singkel, Abdurrauf.(tt) Daqaiq al-Huruf. MS

Stokes, Jane. (2006). How To Do Media and Cultural Studies; Panduan untuk Melaksanakan Penelitian dalam Kajian Media dan Budaya, Penj: Santi Ari Astuti, Yogyakarta: Bentang

Suyanto, Bagong dan Sutinah. (2005). Metode Penelitian Sosial; Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana. Cet I.

Tailor, Steven J. dan Robert Bogdan. (1984). Intoduction to Qualitative Research Methods; the Search for Meaning. New York: Wiley &Sons.Inc,

Titus, Harold H. (1964). Living Issues in Philosopy. Perpustakaan Kongres

Rivauzi, Ahmad. (2017). Landasan Filosofis Pemikiran Tasawuf Abdurrauf Singkel tentang Allah, Manusia, dan Alam. Jurnal THEOLOGIA, Vol 28 No 2 (2017), 299-328.

DOI:http://dx.doi.org/10.21580/teo.2017.28.2.1451

Rivauzi, Ahmad. (2018) The Development of Learning Model With An-Nafs Learning Theory. AL-TA’LIM JOURNAL, 25 (3), 2018, (248-261).DOI: http://dx.doi.org/10.15548/jt.v25i3.344

Priatmoko, Sigit. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/948

Suwardana, Hendra. (2017). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental, JATI UNIK, Vol.1, No.2, (2017), Hal. 102-110. DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117

Rivauzi, Ahmad. (2007). Pendidikan Berbasis Spiritual; Tela’ah Pemikiran Pendidikan Spiritual Abdurrauf Singkel dalam Kitab Tanbih al-Masyi (Tesis), Padang; PPs IAIN IB Padang,

Rivauzi, Ahmad. (2014). Pemikiran Abdurrauf Singkel tentang Pendidikan dan Implikasinya pada Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan Padang Pariaman. Padang: PPs IAIN Imam Bonjol


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/mrb.v3i1.571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.