TRADISI JULA-JULA MASYARAKAT MELAYU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

NUR AZLINA, SITI ASIAM

Abstract


Tujuan dari penelitian yang peneliti lakukan adalah untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap praktik Jula-jula Kurban masyarakat melayu. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dengan harapan akan memberikan manfaat dan berkonstibusi untuk halayak ramai tentang ditinjau dari ekonomi Islam terhadap praktik jula-jula kurban di Kecamatan Bantan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mana data bersumber dari wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap pengurus dan anggota jula-jula kurban. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan jula-jula dilakukan dengan sukarela dan tanpa paksaan. Dalam tinjauan secara menyeluruh pelaksanaan jula-jula kurban di Kecamatan Bantan sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam yaitu Tauhid, keadilan, Nubuwwah, khilafah, dan Ma’ad.

Keywords


Arisan; kurban; ekonomi islam

References


Cahyono, S. (2019). Sistem Arisan Kurban dalam Perspektif Ekonomi Islsam. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.

Cholili, M Sirojuddin. (2016). “Problematika Seputar Ibadah Qurban”, dalam Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, Penyuluh Agama Islam Kabupaten Mojokerto, Vol. 3, No. 2.

Fauziah, Ika Yuni dan Riyadi, Abdul Kadir. (2014). Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid Al-Syari’ah Jakarta: Prenada Media Group.

Idri. (2017). Perspektif Ulama Hadist dan Orientalis tentang Hadist Nabi. Depok: PT. Balebat Dedikasi Prima.

Iskandar. (2008). Metodologi Pendidikan dan Sosial Kualitatif Kuantitatif. Jakarta: GP Press.

Karim, Adiwarman A. (2012). Ekonomi Mikro Islami. Depok: PT Raja Grafindo Pustaka.

Khaeriyah, K. (2016). Jurnal Pusaka, Vol. 4, No.1, 2016. 4(1), 1–10.

Lestari, K. B., Ihwanudin, N., & Anshori, A. R. (2022). Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Penggunaan Dana Arisan Kurban Idul Adha. Bandung Conference Series: Sharia Economic Law, 2(1), 155–161. https://doi.org/10.29313/bcssel.v2i1.252.

Moeleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Abdullah. (2016). “Qurban: Wujud Kedekatan Seorang Hamba dengan Tuhannya”, dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, Universitas Pendidikan Indonesia, Vol. 14, No. 1.

Muslim, Al-Imam Abul Husain. ibn al-Hajj al-Qusyairi al-Naisaburi, Shahih Muslim, (Mesir: Tijariah Kubra, tth), Juz. III, h. 1555.

Muta’aljabari, Abdul. (2013). Cara Berkurban alih Bahasa Ainul Haris. cetakan I. Jakarta: Gema Insani Press.

Narwoko, J. Dwi dan Susanto, Bagong. (2004). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana.

Nur, SolikahIsti. (2010). “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Arisan Kurban Jamaah Yasinan Dusun Candikarang, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngangklik, Kabupaten Sleman”, Yogyakarta, Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga.

Poerwadarminta, WJS. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmad, Jalaludin. (2007). Refleksi Sosial Seseorang Cendikiawan Muslim. Cetakan X. Bandung: Mizan.

Roshidin, Didin Nur. (2009). Kurban Dan Permasalahannya Menyingkap Tabir Dibalik Syariat Kurban. Solo: Inti Meduina, cet. Ke-2, h.53.

Ummu, S. idda. (2015). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Arisan Kurban Jamaah Yasinan Dusun Karangjati Selatan Desa Karangpule Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. 81.




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/al-masraf.v7i2.388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats