ANALISIS DAN IMPLEMENTASI PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN JASA LOGISTIK BERDASARKAN BALANCED SCORECARD

AZOLLA DEGITA AZIS, MILA INDAH SARI, HENDRI MAULANA

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi teknik Balanced Scorecard sebagai cara untuk menilai seberapa baik kinerja Agen JNE Pandan Valley. Memanfaatkan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara, data dikumpulkan. Teknik skala Likert dan Business Canvass Model diterapkan pada instrumen penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif Balanced Scorecard. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengukuran yang baik secara keseluruhan dari sudut pandang keuangan menggunakan Return On Equity adalah 8,32%. Data penjualan agen dengan banyak klien menunjukkan bahwa perspektif pelanggan untuk tahun 2020 dan 2021 menguntungkan, artinya mereka akan memiliki aliran klien yang stabil dan sedikit pesaing yang melayani target pasar yang sama di tahun-tahun tersebut. Selain itu, sudut pandang pembelajaran dan pertumbuhan menghasilkan hasil yang menguntungkan karena sektor keuangan dan pelanggan berjalan dengan baik.

Keywords


Balance scorecard; kinerja; perspektif keuangan; perspektif non keuangan

References


Abdurrachman, A., Givan, B. G. B., Amalia, R. A. R., Riesmiyantiningtias, N. R. N., Kusuma, A. B. K. A. B., & Putra, A. S. (2022). Implementing the Balanced Scorecard as a measuring tool for company performance (Case Study at PT. ARS Maju Sentosa). International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 3(2), 1049-1058.

Afiq, M. K., & Ardyanfitri, H. (2021). Analisis Kinerja Manajemen PT Sariguna Primatirta Tbk. Menggunakan Metode Balanced Scorecard Periode 2018-2020. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 4(2), 37-50.

Bititci, U., Cocca, P., & Ates, A. (2016). Impact of visual performance management systems on the performance management practices of organizations. International Journal of Production Research, 54(6), 1571-1593.

Devani, V., & Setiawarnan, A. (2015). Pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan metoda balanced scorecard. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 13(1), 83-90.

Diana, R. H. (2017). Pengukuran kinerja perusahaan pt indofood dengan menggunakan balanced scorecard. Jurnal Sekuritas (Saham, Ekonomi, Keuangan Dan Investasi), 1(2), 42-53.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2015). Balanced Scorecard Success: The Kaplan-Norton Collection (4 Books). Harvard Business Review Press.

Kurniasari, V. (2017). Analisis Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada PT. Aditya Sentana Agro). Agora, 5(1).

Nugrahayu, E. R., & Retnani, E. D. (2015). Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Pengukuran Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 4(10).

Saputra, A. T., Bagia, I. W., Yulianthini, N. N., & SE, M. (2016). Pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/al-masraf.v7i1.418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats