PENGARUH RELIGIUSITAS, KELOMPOK REFERENSI DAN PENGETAHUAN TERHADAP BANK SYARIAH PADA NASABAH BANK SYARIAH DKI JAKARTA

ZULFISON ZULFISON, PUSPITA PUSPITA, RIFKI TYANTO

Abstract


Seorang muslim harus taat pada hukum yang ada di dalam Al-Qur’an dan Hadits, termasuk dalam hukum muamalah atau menggunakan jasa keuangan. Fatwa MUI No. 1 tahun 2004 sudah menjelaskan bahwa bunga pada lembaga keuangan konvensional saat ini hukumnya haram karena sama dengan riba nasi'ah dan kita tidak bisa menggunakan lembaga keuangan konvensional jika dekat dengan lembaga keuangan syariah. rumah kita yang kita jangkau dengan mudah. Niat untuk menggunakan perbankan syariah sangat erat kaitannya dengan religiusitas dan pengetahuan tentang perbankan syariah, serta kelompok referensi karena perbankan syariah belum banyak membahas iklan di media manapun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji-t, dan uji-F pada taraf signifikansi 5% dan dilakukan dengan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Religiusitas, Kelompok Referensi, dan Pengetahuan Tentang Perbankan Syariah berpengaruh positif terhadap niat konsumen untuk menggunakan perbankan syariah secara parsial. Selain itu, Religiusitas, Kelompok Referensi, dan Pengetahuan Tentang Perbankan Syariah berpengaruh positif terhadap niat konsumen untuk menggunakan perbankan syariah secara bersamaan.

Keywords


Niat konsumen; perbankan syariah; kelompok referensi; religiusitas

References


Abhimantra, A., Maulina, A. R., & Agustianingsih, E. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) dalam Memilih Menabung pada Bank Syariah. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur, dan Teknik Sipil), 5, 170-177.

Al-Hadrami, A. H., Hidayat, S. E., Al-Sharbiti, M. I. (2017). The Important Selection Criteria In Choosing Islamic Banks: A Survey In Bahrain. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economics, 9, 165-184.

Amin, et. al. (2011). Determinants of Customers’ Intention to use Islamic Personal Financing The Case of Malaysian Islamic Banks. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 5. 494-519.

Andespa, R. (2018). Perbedaan Persepsi, Kepercayaan dan Loyalitas Nasabah dalam Industri Perbankan. Imara: Jurnal Riset Ekonomi Islam, 2(1).

Anoraga, P. (2004). Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, et. al. (2016). Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia: Kelembagaan dan Kebijakan, Serta Tantangan ke Depan. Jakarta: Bank Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

El-Menouar, Y., & Stifung, B. (2014). The Five Dimensions of Muslim Religiosity. Results of an Empirical Study. Method, Data, Analyses, 8. 53-78

Engel, J. F. et. al. (1994). Consumer Behavior. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Islam, J. & Rahman, Z. (2017). Awareness and Willingness Towards Islamic Banking Among Muslims: An Indian Perspective. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 10, 92-101

Kettell, B. (2011). Introduction to Islamic Banking and Finance. United Kingdom: Wiley Finance.

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lajuni, N. et. al., (2017). Intention to Use Islamic Banking Products and Its Determinants. International Journal of Economics and Financial Issues, 1, 329-333

Mbawuni, J., & Nimako, S., (2017). Determinants of Islamic Banking Adoption in Ghana. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 2, 264-288

Munajim, A., Anwar, S., (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah. Syntax Literate. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2, 41-52

Nasir, M., Mukhlis, M. (2016). Pengetahuan Masyarakat Umum dan Masyarakat Santri terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Kemukiman Bandar Baru Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara). Journal of Economic Management & Business, 1, 43-60

Nawawi, I. (2012). Manajemen Pengetahuan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nisak, A., Saryadi, Suryoko, S., (2012). Pengaruh Kelompok Acuan dan Pengetahuan Tentang Perbankan Syariah terhdap Minat Menabung di Perbankan Syariah Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Statistik Perbankan Indonesia 2017 November. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Okumus, E., Genc, E. G. (2013). Interest Free Banking In Turkey: A Study Of Customers Satisfaction and Bank Selection. Europe Scientific Journal, 16, 144-166

Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putit, L., Johan, Z. (2015). Consumers Acceptance of Halal Credit Card Services: An Empirical Analysis. Journal of Emerging Economies and Islamic Research, 1, 1-9

Reni, A., Ahmad. (2016). Application of Theory Reasoned Action in Intention To Use Islamic Banking in Indonesia. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economics, 1, 137-148

Saputra, D. A., & Ghani B. (2016). Analisis Pengaruh Pendidikan dan Faktor Sosial terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Bank Syariah (Studi Kasus di Dusun Pandean Pundung Wukirsari Imogiri Bantul). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia. 6(1), 12-22.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. New York: Wiley.

Schiffman & Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Solomon, M. R. (2013). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Boston: Pearson

Souiden, N., & Rani, M., (2015). Consumer Attitudes and Purchase Intentions Toward Islamic Banks: The Influence of Religiosity. International Journal of Marketing, 33.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supardi, U. S. (2012). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Publishing.

Syafril, H. A. (2015). Analisis Faktor Sosial Budaya dan Psikologis yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Pembiayaan pada Warung Mikro (Studi pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 3(3), 257-268.

Swastha, B. (2000). Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Jakarta: Liberty.

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen). Yogyakarta: BPFE UGM.

Thontowi, A. (2005). Hakekat Religiusitas. Palembang: Balai Diklat Keagamaan.

Usman, H., et al. (2017). The Role of Religious Norms, Trust, Importance of Attributes and Information Sources in the Relationship Between Religiosity and Selection of the Islamic Bank. Journal of Islamic Marketing. 2, 158-186.

Utami, W., Sangen, M., Rachman, M. Y. (2015). Analisis Pengaruh Religiusitas, Kelompok Referensi, dan Motivasi terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah. Jurnal Wawasan Manajemen, 3(1), 79-89.

Yulianti, R. (2015). Pengaruh Minat Masyarakat Aceh terhadap Keputusan Memilih Produk Perbankan Syariah di Kota Banda Aceh. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis, 2, 14-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/al-masraf.v5i1.433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats