PERSEPSI PELAKU USAHA TENTANG BANK SYARIAH SETELAH MERGER DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH

ANISA ILMIA

Abstract


Penggabungan tiga bank syariah menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan langkah besar untuk memajukan perbankan syariah di Indonesia. Namun, rendahnya tingkat literasi dan pangsa pasar perbankan syariah serta persepsi yang beragam masih menjadi kendala yang harus dihadapi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi pelaku usaha terhadap operasional, produk, dan formasi BSI terhadap niat menjadi nasabah BSI baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi pelaku usaha muslim yang berdomisili di Jawa Barat melalui instrumen pengumpulan data kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji regresi berganda. Temuan dalam penelitian ini adalah persepsi operasional bank syariah, persepsi produk bank syariah, dan persepsi BSI berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menabung di BSI baik secara parsial maupun simultan.

Keywords


Bank syariah; Bank Syariah Indonesia (BSI); bunga; persepsi

References


Adawiyah, W. R. (2015). Pertimbangan, Pengetahuan, Dan Sikap Konsumen Individu Terhadap Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi Dan Pembangunan, 11(2), 191. https://doi.org/10.23917/jep.v11i2.324

Alhusain, A. S. (2021). Bank Syariah Indonesia: Tantangan dan Strategi dalam Mendorong Perekonomian Nasional. Info Singkat: Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 13(3), 19–24.

Andespa, R. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi MInat Nasabah dalam Menabung di Bank Syari’ah. Al-Masraf : Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 2(1), 43–57.

Arfan, A., & Athroz Arfan, I. (2021). A strategy for strengthening public perception toward sharia banking. Banks and Bank Systems, 16(2), 170–181. https://doi.org/10.21511/bbs.16(2).2021.16

Atikah, I., Maimunah, M., & Zainuddin, F. (2021). Penguatan Merger Bank Syariah BUMN dan Dampaknya Dalam Stabilitas Perekonomian Negara. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(2), 515–532. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i2.19896

Bley, J., & Kuehn, K. (2003). Conventional versus Islamic Finance: Student Kowledge and Perception in the United Arab Emirates. International Journal of Islamic Financial Services, 5(4), 1–13.

Dewi, S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menjadi Nasabah KPR iB Griya Pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan, 1(2), 48–63.

Ghazali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamid, A. H. A., & Nordin, N. A. M. (2001). A Study on Islamica Banking Education and Strategy for The New Millenium - Malaysian Experiance. International Journal of Islamic Financial Services, 2(4), 1–10.

Imran, & Hendrawan, B. (2017). Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang. Journal of Business Administration, 1(2), 63–72.

Kasali, R. (2007). Manajemen Periklanan Konsep-konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Grafit1.

Muhammad. (2005). Manajemen Dana Bank Syari’ah. Penerbit Ekosiana.

Mulyana, D. (2001). Komunikasi Organisasi. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, L., & Tamala, D. (2018). Persepsi Pengusaha UMKM terhadap Peran Bank Syari’ah. SIKAP, 3(1), 49–62.

OJK. (2020). Snapshot Perbankan Syariah Indonesia 2020. Otoritas Jasa Keuangan, 1–6.

Putra, I. K. A. A., & Arka, S. (2016). Analisis Pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka, Kesempatan Kerja, Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Kemiskinan Pada Kabupaten / Kota Di Provinsi Bali. EP Unud, 7(3), 416–444.

Rahmawaty, A. (2014). PENGARUH PERSEPSI TENTANG BANK SYARI ’ AH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK DI BNI SYARI ’ AH SEMARANG. 8(1), 1–28.

Romadhon, B., & Sutantri. (2021). Korelasi Merger Tiga Bank Syariah dan Kesadaran Masyarakat Terhadap Produk Perbankan Syariah Merger. Jurnal At-Tamwil, 3(1), 86–98.

Romadloniyah, A. L., & Prayitno, D. H. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunaan E-Money Pada Bank Bri Lamongan. Jurnal Akuntansi, 3(3), 699. https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i3.163

Romdlan, A., & Toha, M. (2021). Investasi : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Persepsi Masyarakat Desa Kapedi Sumenep tentang Perbankan Syariah. 1(2), 65–71.

Rusdianto, H., & Ibrahim, C. (2016). Pengaruh produk bank syariah terhadap minat menabung dengan persepsi masyarakat sebagai variabel moderating di pati. 4, 43–61.

Shofiyah. (2019). GENERASI MILINEAL, ENTREPRENEURSHIP DAN GLOBALISASI EKONOMI. Al-Musthofa : Journal of Sharia Economic, 2(1), 51–65.

Sholihah, I. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Jurnal EducatiO, 10(1), 69–83.

Sinta, T., Fauzi, A., & Murniawaty, I. (2020). Economic Education Analysis Journal. 9(2), 473–486. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39541

Sirat, A. H. (2010). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERBANKAN SYARIAH DI KOTA MAKASSAR The Perception of Makassar Community to Sharia Banking. Jurnal “Al-Qalam,” 16(26).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D). Alfabeta.

Sumantri, B. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Pembiayaan terhadap Minat dan Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syari’a. Jurnal Economica, 10(2), 141–147.

Usman, R. (2009). Produk dan Akad Perbankan Syari’ah di Indonesia, Implementasi dan Aspek Hukum. Citra Aditya Bakti.

Utami, S. S. (2021). Penetrasi Perbankan Syariah RI Masih Rendah, di Bawah Malaysia dan Brunei. Medcom.Id.

Walgio, B. (2005). Pegantar Psikologi Umum. Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/al-masraf.v7i1.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats