ANALISIS PENGGUNAAN ALAT PEMBAYARAN NON TUNAI DALAM MEWUJUDKAN LESS CASH SOCIETY DI LINGKUNGAN DOSEN PTKI PROPINSI RIAU

JENITA JENITA, NUR HASANAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari daya tarik promosi, pengetahuan produk, manfaat yang dirasakan, dan tingkat pendapatan dengan menggunakan alat pembayaran nontunai, serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat pembayaran nontunai dalam merealisasikan alat pembayaran nontunai. transaksi tunai secara terbuka. Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen di PTKIN, dan PTKIS Provinsi Riau yang berjumlah 954 orang dengan sampel dihitung berdasarkan rumus Issac & Michael. Didapatkan sampel sebanyak 211 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan Cluster Proportional Random Methode. Dan data dianalisis dengan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan variabel daya tarik promosi (X1), pengetahuan produk (X2), manfaat yang dirasakan (X3), dan tingkat pendapatan (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan alat pembayaran nontunai. (Y) dengan kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 73,37%. Variabel lain mempengaruhi sisanya 26,63%. Sedangkan variabel penggunaan alat pembayaran nontunai (Y) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel less cash society dengan nilai kontribusi sebesar 47,61%, faktor lain di luar penelitian ini mempengaruhi sisanya sebesar 52,4%.

Keywords


Daya tarik promosi; pengetahuan akan produk; persepsi manfaat; tingkat pendapatan

References


Adiyanti, Ika., & Arsita. (2015). Pengaruhi Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money . Jurnal Ilmiah fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Agustina, Usfatul Ika. (2010). Pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap sikap penggunaan layanan internet banking (studi pada komunitas virtual E-Banking BCA), S1 Program Studi Manajemen.

Annonimous. (2009). Instrumen Pembayaran (Pengantar Sistem Pembayaran & Instrumen Pembayaran), Direktorat Akunting Dan Sistem Pembayaran Biro Pengembangan Sistem Pembayaran Nasional. Jakarta.

Bendixen, Mike T. (1993). Advertising Effects and Effectivenes, European Journal of Marketing, Vol. 27, No. 10, pg. 19-32 .

Bhatti, T. (2007). Exploring Factors Influencing the Adoption of Mobile Commerce. Journal of Internet Banking and Commerce, Vol. 12, No. 3.

Boediono. (2002). Pengantar Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Davis, F.D. Bagozzi., & Warshaw, P.R. (1989). Acceptance of Computer Technology: A comparison of two theoretical models. Management Science (online) Vol. 35 No. 8. Page 982. http://home.hla.no./fwahld01/thesis/articles/Davis%20%et 0a1% 0 1989.

Dewi, Susiati. (2014). Pejabat Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistim Pembayaran Bank Indonesia, 2014

Fatmasari, Dewi., & Wulandari, Sri. (2016). Analisis faktor faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam penggunaan APMK. Jurnal Ilmiah, Vol. 4, No. 1.

Helmi, Rahman., & Mubarok, Zaki. (2012). Analisis Faktor yang memperngaruhi masyarakat Kalimantan Selatan terhadap penggunaan pembayaran non tunai.

IAI. (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Irham, Fahmi. (2010). Manajemen Risiko Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta.

Kasmir. (2002). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kechnie, Jean L.Mc. (1979). Webster’s New Twentieth Century Dictionary. Amerika: New World Dictionary.

Kim, D. J., Ferrin, D. L., & Rao, H. R. (2008). A Trust-Based Consumer Decision-Making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Risk, and Their Antecedents. Decision Support Systems, 44, 544-564.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip., & Lee, Nancy. (2009). Up and Out of Poverty. Wharton Publishing School.

Lee, Ming-Ching. (2008). Factor Influencing The Adoption of Internet Banking: An Integration of TAM And TPB with Perceived Risk And Perceived Benefit. Electronic Commerce Research Applications.

Lee, Ming-Ching. (2009). Predicting and Explaining the Adoption of Online Trading: An Empirical Study in Taiwan. Decision Support System. Vol. 47 pp (133-142).

Loix, E.R.Pepermans., & Hove, L. Van. (2002). Who’s afraid of of the cashless society, Belgian survey evidence.Vrije Universiteit Brussels, Belgium.

Mahyu, Danil. (2013). Pengaruh pendapatan terhadap tingkat konsumsi pns kantor bupati Kabupaten Bireuen. Jurnal ekonomika Universitas Almuslim Bireuen – Aceh. Vol.6, No.7.

Mc Carthy, Jerome E., Perreault, William D. (2003). Dasar-dasar Pemasaran, Edisi kelima, alih Bahasa Agus Darma. Jakarta: Erlangga.

Narwanti, Sri. (2011). Pendidikan karakter. Yogyakarta: Familia.

Niswonger. (2006). Prinsip Prinsip Akuntansi. Edisi Kesembilan belas. Jakarta: Erlangga.

OJK. (2013). Strategi Nasional Literasi Keuangan Nasional.

Park, C. W., & Lessig, V. P. (1981). Familiarity and Its Impact on Consumer Decision Biases and Heuristics. Journal of Consumer Research Vol. 8, issue 2,223-30.

Pass, Christpoher., & Lowes, Bryan. (1994). Kamus Lengkap Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Peraturan OJKRI 2016

Peter, Paul. J and Olson, C. Jerry. (1999). Prilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Cetakan Keempat. Jilid-1. Jakarta: Erlangga.

Prabawalingga, I Gusti Ngurah Mayun., & Yadnyana, I Ketut. (201). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.10 (2016): 3359-3390.

Roslina. (2009). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Citra Merek Terhadap Pembelian Produk. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. X (2) 200-215.

Siswanto, Sutojo. (1983). Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Sridawati. (2006). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Terhadap Penggunaan Kartu Pembayaran Elektronik. Fakultas Ekonomi Dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Susilo, Sri Y dkk. (2000). Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Jakarta: Salemba Empat.

Taswan. (2010). Manajemen Perbankan Konsep, Teknik, dan Aplikasi Edisi kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Waspada, Ikaputera. (2012). Percepatan Adopsi Sistem Transaksi Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Layanan Jasa Perbankan, Jurnal Keuangan dan Perbankan. Vol. 16. No.1 Januari 2012.

Wibowo, Arief. (2006). Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi

dengan Pendekatan Technology Accpetance Model (TAM). Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur.

Widodo, Tri., & Nirmala, Tiara. (2011) Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE) Maret 2011, Hal. 36–45 Vol. 18, No. 1 ISSN: 1412 – 3126.

Zeithaml, V. A., A. Parasuraman., & Leonard L. Berry. (1990). Delivering Quality Services. New York: Free Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/al-masraf.v5i2.457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats